Comscore Tracker

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur 

Penggunaan daun pisang juga perlu diperhatikan, lho

Pepes bisa menjadi pilihan lauk yang enak, jika kamu bosan dengan makanan yang digoreng atau dibakar. Selain itu, pepes juga mengandung gizi yang tinggi, lho. Cocok bagi kamu yang sedang diet.

Ada berbagai jenis pepes, salah satu yang populer adalah pepes ikan. Namun, membuat pepes ikan sering dianggap cukup merepotkan.

Padahal, ada beberapa cara khusus untuk membuat pepes ikan yang enak. Berikut beberapa tips membuat pepes ikan yang bisa kamu terapkan.

1. Pilih ikan laut yang segar

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur Ilustrasi ikan laut segar (pixabay.com/jimmymore)

Untuk membuat pepes yang enak, disarankan memilih ikan laut daripada ikan sungai. Pilihlah ikan yang segar, lalu bersihkan bagian perut ikan. Jangan lupa marinasi ikan dengan jeruk nipis, supaya gak amis.

2. Gunakan banyak bumbu

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur Ilustrasi bawang merah dan bawang putih (pixabay.com/jeshacc)

Supaya berhasil membuat pepes yang enak, bumbu harus meresap sempurna. Jadi, gunakan banyak bumbu utama, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan asam.

Jika kamu menggunakan ikan sungai, maka harus menggunakan bumbu dua kali lipat. Pasalnya, ikan sungai cenderung lebih amis. 

3. Pengolahan bumbu

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur Ilustrasi menumis bumbu (pixabay.com/taken)

Pengolahan bumbu pepes bisa dilakukan dengan dua cara, yakni ditumis atau tanpa ditumis. Jika ditumis, rasanya seperti gulai. Namun, jika gak ditumis atau dibiarkan mentah, rasanya cenderung lebih tajam.

4. Masukkan bumbu dengan cara yang benar

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur Ilustrasi bumbu (pixabay.com/nataliaaggiato)

Sebelum memasukkan adonan pepes ke dalam daun pisang, lapisi dulu dengan daun kunyit. Sebab, daun kunyit bisa menambah rasa pada bumbu mentah. Letakkan bumbu di bawah dan atas adonan pepes, lalu bungkus dengan daun pisang. 

Baca Juga: Resep Pepes Tongkol Sedap dan Cara Membuatnya yang Praktis

5. Gunakan ekstra garam

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur Ilustrasi garam (pixabay.com/mkupiec7)

Bumbu pepes sering keluar selama proses pengukusan. Untuk mencegahnya, garam menjadi hal yang penting. Maka dari itu, gunakan ekstra garam. Kamu juga bisa menambahkan penyedap rasa supaya lebih gurih. 

6. Gunakan daun pisang yang tepat

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur Ilustrasi daun pisang (pixabay.com/couleur)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat daun pisang menjadi lebih lemas. Kamu bisa memanggangnya dengan api kecil, dikukus, atau dijemur di bawah sinar matahari. Selain itu, gunakan dua lapis daun pisang supaya bumbunya gak mudah keluar. 

7. Perhatikan teknik memanggang

7 Tips Membuat Pepes Ikan yang Enak dan Teksturnya Gak Mudah Hancur Ilustrasi pepes ikan (instagram.com/cindy_natario)

Setelah mengukus pepes, daun pisang akan menjadi basah. Jadi, kamu harus mengerikannya dengan lap, lalu panggang dengan teflon.

Cara ini akan membuat pepes menjadi lebih enak, karena aromanya keluar. Cukup panggang sebentar hingga daun pisang berwarna kecokelatan. 

Itu dia beberapa tips membuat pepes ikan. Semoga tips kali ini bisa membantu kamu supaya berhasil membuat pepes yang enak, ya. Selamat memasak!

Baca Juga: Resep Membuat Pepes Tahu yang Sedap, Bikin Air Liur Menetes

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya