Comscore Tracker

5 Tips Membuat Sambal Ijo ala Restoran Padang, Pedasnya Nendang Abis!

Baru ngebayangin aja udah bikin ngiler duluan

Pencinta masakan Padang biasanya menyukai sambal hijau. Rasanya yang gak terlalu pedas dan sedikit asam terasa begitu nikmat. Terutama jika dinikmati dengan aneka masakan khas Padang, seperti rendang, ayam bakar, telur dadar padang, dan lainnya.

Membayangkan saja sudah bikin ngiler duluan. Mumpung akhir pekan, yuk bikin sambal hijau khas Padang untuk pelengkap makan yang spesial di rumah!

1. Perhatikan bumbu utama yang digunakan

5 Tips Membuat Sambal Ijo ala Restoran Padang, Pedasnya Nendang Abis!youtube.com/asrisaputra

Sebelum membuat sambal hijau khas Padang, kamu perlu memperhatikan bumbu utama yang digunakan. Siapkan bawang merah, cabai hijau keriting, cabai rawit hijau, cabai hijau besar, dan tomat hijau.

Perpaduan jenis cabai yang berbeda akan memberikan rasa yang sempurna untuk membuat sambal hijau ini. Pilih bahan-bahan yang segar ya!

2. Hindari memakai bawang putih

5 Tips Membuat Sambal Ijo ala Restoran Padang, Pedasnya Nendang Abis!instagram.com/get.healthy.and.fresh

Untuk membuat sambal hijau khas Padang, sebaiknya hindari menggunakan bawang putih. Cukup gunakan bawang merah sebagai bawang utamanya. Rasa dan aroma cabai hijau jadi lebih dominan.

3. Tambahkan minyak jika pakai blender

5 Tips Membuat Sambal Ijo ala Restoran Padang, Pedasnya Nendang Abis!youtube.com/dapoerlestari

Jika kamu gak memiliki cobek untuk menghaluskan cabai, gunakan blender sebagai gantinya. Atau sebaliknya. Bagi sebagian orang, sambal yang diolah dengan blender akan memiliki rasa yang kurang enak.

Namun, rasa enak bergantung pada selera masing-masing orang. Jika menggunakan blender, sebaiknya tambahkan minyak, sehingga sambal yang akan ditumis bisa menyatu dan terasa lebih enak. 

Baca Juga: Resep Membuat Pecel Lele Sambal Terasi, Lebih Sehat dan Enak

4. Ulek kasar

5 Tips Membuat Sambal Ijo ala Restoran Padang, Pedasnya Nendang Abis!youtube.com/asrisaputra

Jika kamu menggunakan cobek untuk menghaluskan semua bahan, sebaiknya ulek kasar saja. Hal tersebut akan membuat rasa sambal menjadi lebih enak. Rasa pedas dari sambal hijau pun akan lebih terasa. 

5. Tumis hingga berminyak

5 Tips Membuat Sambal Ijo ala Restoran Padang, Pedasnya Nendang Abis!instagram.com/innakiong

Langkah terakhir adalah menumis bahan yang telah diolah tadi. Setelah menambahkan minyak saat menghaluskan, sambal yang ditumis akan mengeluarkan minyak. Rasanya menjadi gurih dan beraroma sedap.

Selain itu, cukup tambahkan garam atau penyedap rasa. Kamu juga bisa menambahkan daun jeruk untuk membuat aromanya jadi lebih menggugah selera. 

Nah, itulah beberapa tips membuat sambal hijau ala restoran Padang. Sambal ini juga bisa kamu gunakan untuk campuran dendeng atau bahan makanan lainnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Sambal Matah yang Segar, Lezat untuk Menu Cocolan!

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya