Comscore Tracker

5 Tips Menggoreng Lele Jadi Lebih Krispi dan Gak Lengket

#IDNTimesFood Minyaknya juga gak akan meletup-letup, kok

Ikan lele menjadi salah satu ikan yang sering diolah untuk menu makan di rumah. Menggoreng lele mungkin terlihat mudah, tetapi sebenarnya perlu teknik khusus lho.

Jika salah menerapkan teknik menggoreng, maka hasilnya lele menjadi lengket dan gak renyah. Bahkan, bau tanah dan amisnya masih tersisa.

Lalu, bagaimana cara menggoreng lele yang benar? Simak penjelasan berikut ini, yuk! 

1. Panaskan wajan

5 Tips Menggoreng Lele Jadi Lebih Krispi dan Gak Lengketyoutube.com/dapurjempol

Sebaiknya gunakan ukuran wajan yang tepat, supaya minyak tak mudah keluar saat menggoreng lele. Gunakan wajan cekung antilengket dengan ukuran yang agak lebar.

Selain itu, panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuangkan minyak. Setelah wajan panas, barulah tuangkan minyak goreng. 

2. Panaskan minyak

5 Tips Menggoreng Lele Jadi Lebih Krispi dan Gak Lengketyoutube.com/dapurjempol

Sebelum memasukkan lele ke dalam minyak, pastikan minyak yang kamu gunakan sudah panas. Sebaiknya gunakan api besar supaya minyak lebih cepat panas. Minyak panas akan membuat lele yang digoreng tak mudah lengket dan lebih krispi. 

3. Gunakan minyak yang banyak

5 Tips Menggoreng Lele Jadi Lebih Krispi dan Gak Lengketyoutube.com/dapurjempol

Supaya lele tak menempel di wajan, gunakan minyak yang banyak. Dengan begitu, lele yang digoreng tak akan menyentuh dasar wajan dan menjadi mengembang. Cara ini akan membuat lele jadi lebih cepat matang sempurna. 

Baca Juga: 10 Potret Spanduk Pecel Lele yang Nyeleneh Abis, Bikin Ketawa

4. Gunakan air jeruk nipis atau garam

5 Tips Menggoreng Lele Jadi Lebih Krispi dan Gak Lengketglobalvillagespace.com

Salah satu yang paling ditakuti saat menggoreng ikan adalah letupan minyak ke mana-mana. Nah, ketika menggoreng lele, kamu bisa menggunakan air jeruk nipis ke dalam minyak supaya gak meletup.

Kamu juga bisa menggunakan garam pada minyak untuk menggoreng lele. Pastikan minyak sudah panas sebelum memasukkan air jeruk nipis atau garam ya. 

5. Jangan terlalu sering membolak-balik

5 Tips Menggoreng Lele Jadi Lebih Krispi dan Gak Lengketyoutube.com/dapurjempol

Saat menggoreng lele, sebaiknya jangan terlalu sering membolak-baliknya. Jika terlalu sering dibolak-balik, maka dapat membuat daging lele hancur. Cukup balik lele satu kali pada setiap sisinya.

Jangan menggoreng lele terlalu banyak secara bersamaan. Hal ini bisa membuat lele jadi lembek, lengket, dan tak bisa matang sempurna. 

Nah, itulah lima tips menggoreng lele supaya krispi dan gak lengket. Dijamin rasanya, ah mantap!

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Ikan Lele, Gak Cuma untuk Menu Rumahan!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya