Comscore Tracker

Biar Kue Lebaran Makin Ciamik, Tambahkan 5 Biji-bijian Ini dalam Adonan

#MasakItuGampang Menambah keunikan rasa dan nilai gizi lho!

Selain sibuk mengutak-atik menu sahur dan berbuka puasa, menyiapkan resep kue lebaran dari jauh-jauh hari gak ada salahnya lho! Kalau resep dan bahannya sudah siap, jelang lebaran tinggal eksekusi saja. Gak perlu berdesakan mengantre lagi di toko bahan kue.

Dari sekian banyak varian kue lebaran, yang mana favoritmu? Kastengel, nastar, atau lidah kucing? Biar kue buatanmu makin ciamik, coba deh tambahkan lima jenis biji-bijian ini ke dalam adonan. Gak cuma bikin tampilannya makin cantik, tapi menambah nilai gizi juga lho! Apa saja ya?

1. Biji cia (chia seed), bisa menambah nilai gizi lho!

Biar Kue Lebaran Makin Ciamik, Tambahkan 5 Biji-bijian Ini dalam AdonanPixabay.com/ValeriaJa

Kamu yang sedang dalam program diet pasti akrab dengan biji-bijian yang satu ini. Chia seed biasa ditambahkan dalam overnight oats, sereal, atau puding. Kandungan nutrisinya tinggi sehingga dijuluki sebagai super food.

Protein dan asam lemak omega-3 dalam chia seed cukup tinggi. Ditambah kandungan antioksidannya yang mampu menangkal reaksi radikal bebas dalam tubuh. Buat kamu yang sedang menghindari penambahan banyak telur dalam adonan, chia seed mampu menggantikannya sebagai sumber minyak dan protein.

2. Biji rami (flaxseed), kandungan seratnya bagus untuk tubuh

Biar Kue Lebaran Makin Ciamik, Tambahkan 5 Biji-bijian Ini dalam AdonanPixabay.com/Pezibear

Flaxseed atau biji rami memiliki bentuk menyerupai wijen, dengan ukuran sedikit lebih besar dan tampilan lebih mengkilat. Flaxseed yang umum ditemui di pasaran berwarna kecokelatan atau brown flaxseed. Harganya lebih murah ketimbang jenis satunya yaitu golden flaxseed.

Selain mengandung serat pangan tinggi, flaxseed juga kaya akan asam lemak tak jenuh. Bahkan kandungan omega-3 di dalamnya lebih tinggi dibanding chia seed. Menambahkan flaxseed dalam adonan kue lebaran bikin nilai gizinya meningkat nih!

3. Biji gandum/oatmeal, serat tinggi untuk program dietmu

Biar Kue Lebaran Makin Ciamik, Tambahkan 5 Biji-bijian Ini dalam AdonanPixabay.com/haaijk

Biji-bijian yang satu ini pasti sudah gak asing lagi di telingamu. Oatmeal atau biji gandum kini makin banyak dijadikan sebagai pengganti nasi, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat di masyarakat.

Ternyata gak cuma enak dijadikan makanan berat, oatmeal bisa mengurangi porsi tepung terigu dalam adonan kue atau roti. Cobain deh bikin oatmeal cookies yang lezat dan bergizi buat suguhan di Hari Raya Idul Fitri.

4. Biji poppy, si kecil hitam manis bikin kue makin cantik

Biar Kue Lebaran Makin Ciamik, Tambahkan 5 Biji-bijian Ini dalam AdonanPixabay.com/skitterphoto

Si kecil hitam manis ini adalah biji poppy atau dikenal juga sebagai biji kaskas. Penggunaannya sempat menuai kontroversi, karena biji poppy didapat dari tanaman sejenis opium yang ditakutkan punya efek kecanduan. Tapi anggapan itu sudah dipatahkan, biji poppy dinyatakan aman konsumsi dan punya banyak manfaat bagi tubuh.

Ketika dicampurkan dalam adonan kue atau roti, biji poppy memberikan cita rasa mirip kacang. Bentuknya yang lebih kecil dari biji selasih membuat kue terlihat makin menarik. Selain kue, mencampurkan biji poppy saat memasak pasta juga bisa lho! Mau coba bikin yang mana dulu nih?

5. Biji wijen, topping andalan sejuta umat

Biar Kue Lebaran Makin Ciamik, Tambahkan 5 Biji-bijian Ini dalam AdonanPixabay.com/Pezibear

Kalau biji yang satu ini adalah topping andalan sejuta umat. Banyak dicampurkan dalam adonan kue, roti, bahkan jadi isian martabak. Rasanya gurih, seperti mengonsumsi kacang. Biji wijen tersedia dalam dua warna, hitam dan putih. Wijen hitam biasanya mudah ditemui di sushi roll, menempel pada nasi membuat rasanya makin unik.

Kandungan gizi dalam biji wijen cukup tinggi. Ada serat pangan, protein, asam lemak, hingga vitamin E. Tingginya kandungan asam lemak dalam biji wijen ini membuatnya bisa diekstrak untuk diambil minyaknya. Kamu pasti sering kan menemukan minyak wijen dalam resep masakan?

 

Wah, bikin kue lebaran jadi makin seru nih. Selamat mencoba!

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya