Comscore Tracker

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matah

#MasakItuGampang Dijamin gampang dan anti gagal!

Siapa yang doyan banget makan pedas? Kamu pasti gak asing lagi dengan sambal matah. Sambal khas Bali ini sampai sekarang masih hits di banyak varian kuliner. Bahkan sampai jadi varian rasa mi instan lho!

Melihat tampilan dan harum aromanya yang menggoda, kamu penasaran gak gimana cara membuatnya? Ternyata gampang banget lho! Pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dulu ya.

1. Bawang merah

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matahpexels.com/ Pixabay

Siapkan bawang merah sesuai selera dan porsi sambal yang diinginkan. Kalau untuk makan 1 orang saja, 4-5 siung bawang merah besar sudah cukup. Potong-potong tipis lalu sisihkan.

2. Cabai rawit merah

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matahpexels.com/ Jessica Lewis

Gak ada batasan berapa banyak cabai yang boleh dimasukkan. Kalau kamu benar-benar penggila pedas, mau menggunakan 20 cabai rawit pun boleh! Tapi imbangi dengan jumlah bawang merahnya ya, biar rasanya tetap enak.

3. Serai

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matahauthorityremedies.com

Bumbu dapur yang satu ini berbentuk seperti batang rumput, dengan daun yang kaku berwarna kuning kehijauan atau hijau muda. Ambil sedikit saja, potong-potong tipis bagian daunnya. Kalau kamu suka wangi rempah, bisa tambahkan potongan daun serai agak banyak.

4. Daun jeruk

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matahpickedplum.com

Biar makin harum, siapkan 1-2 helai daun jeruk lalu buang tulang daunnya yang terletak di tengah. Potong-potong tipis memanjang lalu sisihkan.

5. Minyak goreng

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matahhealthambition.com

Sambal dengan minyak yang mengkilat kelihatan lebih nikmat ya? Siapkan 2-3 sendok makan minyak goreng untuk campuran. Kalau ingin lebih sehat, bisa gunakan minyak zaitun.

6. Bahan sudah siap, saatnya memasak!

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matahnpr.org

Setelah semua bahan siap, kamu bisa memilih sambal matah mentah atau matang. Jika lebih suka sambal mentah, campurkan semua bahan kecuali minyak goreng. Panaskan minyak sebentar lalu siramkan di atasnya.

Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau potongan tomat agar lebih segar. Jangan lupa bubuhi garam dan gula untuk menyeimbangkan rasa.

Kalau kamu memilih sambal matang, panaskan terlebih dahulu minyak di penggorengan. Kemudian tumis semua bahan sampai harum, lalu beri sedikit garam dan gula. Kamu bisa langsung mencampurkan dengan orak-arik telur, ayam suwir, atau potongan tempe goreng.

7. Sambal matah buatanmu siap disantap!

Cuma Butuh 5 Bahan, Begini Cara Mudah Bikin Sambal Matahhealthylifeteam.net

Gampang banget kan bikinnya? Gak butuh waktu lama dan bahan-bahannya mudah didapat. Tinggal siapkan lauk dan nasi panas, langsung deh makan lahap. Selamat mencoba!

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You