Comscore Tracker

Bikin Nasi Bakar Harum Nan Lezat ala Resto Lewat 5 Langkah Ini

#MasakItuGampang Nasi bakar buatanmu dijamin lebih enak deh!

Kuliner Indonesia punya aneka ragam olahan nasi yang lezat dan menggoda. Gak melulu makan nasi putih, kita bisa mencicipi gurihnya nasi uduk, cita rasa khas nasi kuning, dan sedapnya nasi bakar. Cara membuatnya tentu sama seperti menanak nasi putih, yang membedakan adalah tambahan bumbu dan rempah yang dimasukkan.

Kalau nasi kuning dan uduk masih mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan, lain halnya dengan nasi bakar. Olahan nasi unik yang satu ini biasanya dijual di resto tertentu atau dibuat sesuai pesanan. Padahal rasanya enak banget lho! Harum aroma smooky-nya bikin nagih.

Daripada susah mencari, berikut ini ada 5 tips membuat nasi bakar lezat ala resto yang bisa kamu coba. Ikuti langkahnya baik-baik ya!

1. Gunakan nasi gurih/uduk, bukan nasi putih biasa

Bikin Nasi Bakar Harum Nan Lezat ala Resto Lewat 5 Langkah IniPixabay/juemi

Untuk menghasilkan nasi bakar yang enak, gunakan nasi gurih/uduk bukan nasi putih biasa. Cara membuatnya seperti menanak nasi biasa, bedanya tambahkan santan, daun salam, batang serai yang sudah dimemarkan, dan garam untuk koreksi rasa.

Atau kamu bisa membuat nasi uduk dengan cara manual, tanpa menggunakan magic com. Masak beras dalam campuran santan dan rempah seperti di atas sampai airnya hilang, atau nasi dalam kondisi setengah matang. Kemudian kukus selama 45 menit sampai nasi benar-benar matang.

Harum aroma santan yang gurih ini bikin nasi bakar makin lezat.

2. Tumis isian sampai matang

Bikin Nasi Bakar Harum Nan Lezat ala Resto Lewat 5 Langkah IniPixabay/Zichirini

Rahasia membuat nasi bakar yang harum dan menggugah selera adalah memasak dulu lauk isiannya sampai matang. Aroma dari isian yang biasanya berupa tumis ini akan menambah kuat cita rasa. Isian nasi bakar yang sering digunakan adalah oseng ikan peda, oseng cumi cabai hijau, atau tumis ayam dan jamur.

Kalau kamu gak mau ribet, bisa gunakan isian teri goreng, abon, atau ayam suwir.

3. Tambahkan daun kemangi dan potongan cabai rawit

Bikin Nasi Bakar Harum Nan Lezat ala Resto Lewat 5 Langkah IniPixabay/Pezibear

Biar aroma nasi bakar makin mantap, tambahkan potongan daun kemangi segar dan cabai rawit dalam isian. Kalau kamu gak suka pedas, potongan cabai rawit bisa dihilangkan. Begitu diangkat dari bakaran, harum daun kemangi ikut menyatu dengan nasi dan lauk isian.

Hmm, jadi makin lapar!

4. Pilih daun pisang batu sebagai pembungkus

Bikin Nasi Bakar Harum Nan Lezat ala Resto Lewat 5 Langkah IniPixabay/Stock Snap

Gak cuma nasi dan isian yang perlu diperhatikan, kamu harus cermat memilih daun pisang untuk pembungkusnya. Kalau bisa, gunakan daun dari jenis pisang batu.  Daunnya lebih tipis dan lentur tapi gak mudah robek, jadi bisa memudahkan proses membungkus nasi bakar.

Bersihkan daun pisang dengan lap basah. Usap seluruh permukaannya lalu biarkan mengering dengan sendirinya. Daun pisang batu ini juga lebih harum ketika dibakar ketimbang jenis lain.

5. Buat bungkusan kecil, rapatkan dengan tusuk gigi

Bikin Nasi Bakar Harum Nan Lezat ala Resto Lewat 5 Langkah IniPixabay/Free To Use Sounds

Setelah semua bahan dan pembungkusnya siap, ada satu trik lagi yang gak boleh kamu lewatkan. Buat bungkusan kecil-kecil, hindari menuang nasi terlalu banyak agar tingkat kematangan sempurna. Kalau komposisi nasi terlalu banyak dan padat, aroma smooky khas bakaran gak meresap sampai ke bagian lauk isian.

Bantu rapatkan ujung-ujung bungkusanmu dengan tusuk gigi atau lidi yang sudah dipotong. Membakar di atas arang atau bara api akan menghasilkan aroma yang lebih harum. Tapi kalau gak ada alat yang memadai, kamu bisa membakarnya di atas wajan anti lengket dengan api besar.

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 13:45:04

Progress: 771.079 dari 813.350 TPS (94.80285%)

Just For You