Comscore Tracker

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!

#WorldCup2018 Cita rasanya ramah untuk lidah Indonesia lho

Selama Piala Dunia 2018 berlangsung, banyak kebiasaan hidup masyarakat Rusia yang tereskpos ke mancanegara. Salah satunya adalah cara memasak dan pilihan menu yang dikonsumsi sehari-hari.

Sekilas nampak berbeda jauh dengan Indonesia. Tapi ternyata ada satu makanan khas Rusia yang mirip perkedel lho! Kotleti namanya, perkedel daging yang digoreng dengan sedikit minyak seperti memanggang isian burger.

Mau tahu cara membuat kotleti? Yuk, simak bahan-bahan yang perlu kamu siapkan!

1. Daging giling

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!Pixabay/pexels

Kotleti asli Rusia biasa dibuat dari daging sapi, ayam, atau babi yang sudah digiling. Bisa juga dengan mencampurkan lebih dari 1 jenis daging. Kalau ingin dapat cita rasa otentik, siapkan daging sapi dan ayam dengan perbandingan berat 1:1.

2. Roti putih

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!Pixabay/congerdesign

Ini bagian unik kotleti yang membedakannya dengan perkedel Indonesia. Jika pada umumnya perkedel menggunakan kentang, kotleti dibuat dari roti putih yang sudah dihancurkan atau dicampur tepung roti.

Gak harus roti tawar putih, kalau kamu ingin lebih kaya serat pilih saja roti gandum. Sobek-sobek roti dengan tangan sampai menghasilkan potongan kecil dan kasar.

Untuk 1 ons daging tambahkan 2 lembar roti tawar, tinggal sesuaikan saja dengan jumlah daging yang kamu gunakan.

3. Telur

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!Pixabay/congerdesign

Selanjutnya siapkan telur, bahan andalan untuk membuat daging cincang bisa dibentuk dan dipadatkan. Setiap 1 ons daging membutuhkan 2 butir telur. Tapi kamu gak harus menambahkan sesuai takaran, yang penting adonan tercampur rata dan bisa dibentuk.

4. Susu

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!Pixabay/congerdesign

Agar cita rasanya lebih gurih, tambahkan sedikit susu cair ke dalam adonan. Gak perlu takaran pasti, yang penting gak mengganggu konsistensi adonan.

5. Bumbu

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!Pixabay/stevepb

Nah, sekarang siapkan bumbu-bumbunya. Simpel banget kok, kamu cuma perlu menyiapkan bawang bombay sesuai selera, lada bubuk, serta garam untuk koreksi rasa. Setelah semua bahan siap, yuk simak langkah mudah membuatnya di bawah ini!

6. Simak cara membuatnya, gampang banget!

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!Pixabay/congerdesign
  1. Kupas bawang bombay lalu cincang halus.
  2. Siapkan wadah, campur semua bahan lalu aduk rata. Susu gak harus dimasukkan langsung dalam adonan. Kamu bisa merendam roti tawar dengan susu terlebih dahulu agar lunak, baru mencampurkannya dengan bahan lain.
  3. Kalau ingin aroma dan rasa yang lebih harum, tambahkan potongan parsley. Bisa juga diganti dengan daun seledri yang dicincang lembut.
  4. Setelah adonan tercampur rata, olesi telapak tangan dengan sedikit minyak. Bentuk adonan menjadi bulat pipih dengan ukuran sesuai selera.
  5. Siapkan wajan atau teflon, gunakan minyak dalam jumlah sangat sedikit. Minyak bisa diganti dengan margarin yang dioleskan merata ke seluruh permukaan penggorengan.
  6. Goreng/panggang kotleti di atasnya sambil dibolak-balik hingga warnanya kecokelatan.

7. Kotleti bisa dimakan langsung atau dijadikan lauk

Resep Kotleti, Perkedel Daging Khas Rusia yang Lezat Banget!Pixabay/crocodelicacy

Kotleti yang sudah matang siap dinikmati. Bisa dimakan langsung dengan cocolan saus sambal dan mayones. Atau jadikan teman makan nasi agar sesuai dengan kebiasaan orang Indonesia.

Hampir semua kafe di Rusia menyediakan menu kotleti. Orang-orang biasanya memesan kotleti untuk camilan atau sekadar makanan pembuka.

Tapi kamu gak perlu jauh-jauh ke sana, coba bikin kotleti sendiri di rumah dengan mengikuti resep simpel di atas. Selamat mencoba!

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You