Comscore Tracker

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti Tawar

#MasakItuGampang Wah, bisa manfaatkan sisa roti tawar di rumah nih!

Salah satu frozen food yang banyak digemari adalah nugget ayam. Enak dijadikan camilan, cocok buat lauk makan nasi. Disandingkan dengan kentang goreng dan saos cocol juga siap bikin kenyang.

Nugget ayam kemasan yang dijual di supermarket pasti mengandung pengawet dan bahan kimia tambahan lainnya. Akan berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu sering. Tapi buat kamu yang sudah telanjur doyan, bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Pasti lebih aman dan sehat.

Resep nugget yang satu ini gak perlu pakai tepung terigu lho! Ganti tepungnya dengan roti tawar. Makin simpel dan mudah dibuat. Yuk, simak bahan-bahan apa saja yang perlu kamu siapkan.

1. Daging ayam fillet

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti TawarPixabay/manfredrichter

Siapkan ½ kilogram daging ayam fillet yang sudah digiling. Atau kamu bisa membeli fillet utuh kemudian menggilingnya sendiri di rumah dengan food processor. Dagingnya saja ya, jangan sertakan kulit.

2. Roti tawar

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti TawarPixabay/beernc29

Untuk ½ kilogram daging ayam, siapkan 7-8 lembar roti tawar (pinggirannya gak perlu dihilangkan). Rendam sebentar roti tawar dalam air matang, lalu peras dan potong=potong acak dengan tangan.

Penggunaan roti tawar ini sebagai pengganti tepung. Proses pembuatan nugget akan lebih simpel dan bersih, karena gak akan ada tumpahan tepung berceceran. Selain itu, kamu yang gak punya timbangan khusus bahan masakan tetap bisa membuatnya dengan mudah.

3. Bumbu halus

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti TawarPixabay/RitaE

Untuk bumbu halus siapkan 4-6 siung bawang putih, sedikit pala bubuk (kurang lebih ¼ sendok teh), serta garam dan merica bubuk sesuai selera. Haluskan semua bumbu kemudian tumis sebentar sampai harum.

4. Telur

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti TawarPixabay/wokandpix

Siapkan 4 butir telur ayam, 2 untuk campuran adonan dan sisanya untuk bahan pelapis.

5. Tepung panir

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti Tawarcopykat.com

Tepung panir yang tersedia di pasaran ada 2 macam, berwarna putih dan paduan kuning-oranye. Kamu tinggal pilih saja ingin tampilan nugget yang seperti apa. Tepung panir kuning lebih disarankan untuk mendapat warna keemasan setelah proses penggorengan.

6. Simak baik-baik cara membuatnya ya, mudah banget lho!

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti TawarPixabay/hans

  • - Pertama, campurkan daging ayam giling dengan roti tawar yang sudah direndam. Uleni sebentar kemudian masukkan bumbu halus dan 2 butir telur. Aduk lagi hingga tercampur rata. Jangan lupa cicipi adonan untuk memastikan rasanya sudah pas.
  • Siapkan loyang (bisa berbahan seng atau kaca tahan panas) lalu lumuri permukaan dalamnya dengan sedikit minyak goreng. Kemudian tuang adonan ke dalamnya, ratakan ke seluruh bagian.
  • Kukus adonan nugget selama 25 menit, dengan tutup kukusan yang sudah dilapisi lap kering. Hal ini untuk mencegah uap air menetes ke atas nugget.
  • Setelah matang, biarkan mendingin dengan sendirinya. Pastikan sampai benar-benar dingin lalu masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 30 menit. Cara ini untuk memastikan nugget benar-benar padat, sehingga lebih mudah dipotong.
  • Setelah dipotong-potong sesuai selera, siapkan kocokan telur dan tepung panir. Baluri nugget dengan telur lalu gulingkan ke tepung panir, ulangi sebanyak dua kali. Kamu bisa memotong nugget dengan cetakan aneka bentuk agar bentuknya makin cantik.

7. Tanpa tambahan pengawet, makan nugget jadi lebih aman dan sehat

Resep Mudah Nugget Ayam, Ganti Tepung dengan Roti TawarPixabay/adoproducciones

Nugget ayam yang sudah kamu lumuri dengan telur dan tepung panir tadi bisa disimpan dalam freezer lho! Bisa dijadikan stok makanan selama seminggu ke depan nih. Karena tanpa tambahan bahan pengawet, usahakan nugget ayam habis dalam waktu kurang dari 10 hari ya.

Perhatikan juga proses penyimpanannya, pastikan wadah atau plastiknya tertutup rapat. Mudah kan cara membuatnya? Dijamin lebih sehat dan bergizi. Selamat mencoba!

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya