Comscore Tracker

5 Resep Makanan Super Simple dari Variety Show Korea Fun-Staurant

Ada yang cuma butuh tiga bahan

Stars' Top Recipe at Fun-Staurant atau yang biasa dikenal dengan 'Fun-Staurant' saja adalah variety show bertema memasak di mana para bintang tamu bersaing untuk membuat kreasi menu baru berdasarkan topik yang diberikan. Menu yang memenangkan kompetisi akan diproduksi secara masal untuk dijual di jaringan toserba di seluruh Korea Selatan.

Dari beragam kreasi menu yang tampilkan pada acara ini, ada beberapa menu yang sangat mudah kamu masak di rumah karena membutuhkan sedikit bahan dan proses memasak yang anti ribet. Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Variety Show Korea Sukses Bertahan Lebih dari 10 Tahun

1. Kue telur kukus

5 Resep Makanan Super Simple dari Variety Show Korea Fun-Stauranttampilan kue telur kukus (instagram.com/funstaurant_kbs)

Menu ini bisa menjadi pilihan ketika kamu bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja. Untuk membuat kue telur kukus, kamu hanya perlu menyediakan tiga bahan utama, yaitu telur rebus, mayones, dan krim keju.

Cara membuatnya pun sederhana. Pertama, pisahkan bagian putih dan kuning dari telur rebus lalu haluskan dengan menggunakan saringan hingga teksturnya menjadi berbutir. Bumbui masing-masing adonan telur dengan garam dan gula. Untuk adonan putih telur, tambahkan mayones dan krim keju. Buat empat lapisan putih dan kuning telur secara bergantian pada loyang muffin, lalu kukus selama 10 menit. Beri topping selai stroberi dan kue telur kukus pun siap dinikmati.

2. Salad mentimun

5 Resep Makanan Super Simple dari Variety Show Korea Fun-Stauranttampilan salad mentimun (instagram.com/funstaurant_kbs)

Salad mentimun ini rasanya segar dan cocok dimakan bersama daging panggang. Uniknya, mentimun yang digunakan tidak dipotong menggunakan pisau namun dipecah menjadi empat bagian menggunakan palu masak. Menurut Chef Yeonbok, salah satu juri Fun-Staurant, proses ini membuat timun menjadi lebih harum dan bumbu lebih mudah meresap.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan garam, gula, cuka, bawang putih yang dicincang kasar, dan biji wijen. Terakhir, aduk semua bumbu dan mentimun secara perlahan hingga tercampur rata.

Baca Juga: 5 Permainan di New Journey to the West, Variety Show Korea yang Seru!

3. Sandwich ala Eugene S.E.S

5 Resep Makanan Super Simple dari Variety Show Korea Fun-Stauranttampilan sandwich ala Eugene S.E.S (instagram/funstaurant_kbs)

Ketika Ki Tae Young menjadi bintang tamu di acara Fun-Staurant, Ia membuat sandwich super simple yang merupakan resep istrinya Eugene, member girlband Korea Selatan di era 90-an, S.E.S.

Isian sandwich ini hanya terdiri dari tiga bahan, yaitu bawang bombay dan timun yang dicincang halus dan saus tomat. Ketiga bahan dicampur secara merata, lalu dioleskan pada permukaan roti tawar.

4. Pizza 15 menit

5 Resep Makanan Super Simple dari Variety Show Korea Fun-Stauranttampilan pizza wajan (instagram.com/funstaurant_kbs)

Kalau biasanya membuat pizza itu ribet dan membutuhkan waktu yang lama, resep pizza dari aktor Ryu Soo Young ini hanya membutuhkan waktu 15 menit dan tidak perlu di-oven. 

Bahan yang dibutuhkan adalah tortilla sebagai pengganti adonan tepung, keju mozarella, dan tomat ceri. Proses memasak menggunakan wajan dengan api kecil.

Pertama, goreng kedua permukaan tortilla dengan sedikit minyak. Lalu, taburkan keju mozarella dan irisan tomat ceri ke seluruh permukaan tortilla dan tambahkan sedikit garam. Tutup wajan hingga pizza matang. Untuk memberikan aroma seperti pizza yang di-oven,  kamu bisa sedikit membakar permukaan pizza menggunakan cooking torch.

5. Pasta tomat one-pan

5 Resep Makanan Super Simple dari Variety Show Korea Fun-Stauranttampilan pasta tomat one-pan (instagram.com/suyoung_ryu)

Umumnya, memasak pasta membutuhkan dua alat, yaitu panci untuk merebus pasta dan wajan untuk menumis pasta dengan bumbu lainnya. Namun, pasta tomat ini hanya menggunakan satu wajan selama keseluruhan proses memasak sehingga disebut one-pan.

Cara membuatnya adalah dengan merebus tomat utuh kalengan dalam 600 ml air, lalu tambahkan kecap asin, garam, dan gula. Setelah air mendidih, masukan pasta spaghetti dan mentega. Masak dengan api besar selama 10 menit sambil sesekali diaduk agar sausnya mengental. Setelah 10 menit, tambahkan lada dan bawang putih yang sudah dihaluskan dan masak sebentar dengan api kecil. Pasta tomat one-pan pun siap dihidangkan.

Berbagai resep makanan di atas cocok banget buat kamu yang sibuk atau nggak jago masak. Bahannya pun bisa kamu dapatkan dengan mudah di Indonesia. Jadi, mana nih menu yang mau kamu coba?

Baca Juga: 5 Variety Show Korea yang Dibintangi Kim Min Kyu, Multitalenta!

Dianissafitrah Hidayati Photo Writer Dianissafitrah Hidayati

Penikmat ketenangan dan serial detektif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya