Comscore Tracker

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Manis, Cek Tipsnya Juga, yuk!

Kue tradisional satu ini selalu jadi incaran

Kue cucur jadi salah satu kue tradisional yang hingga kini masih populer dan mudah ditemui. Kue yang dibuat dari campuran tepung dam gula ini memang sangat sederhana, tetapi soal rasa dijamin tidak ada duanya.

Meski masih banyak yang menjualnya, kamu tetap wajib coba membuat kue cucur gula merah sendiri di rumah. Rasa manis yang khas dari gula merah bakal bikin kue cucur buatanmu jadi lebih legit.

Gampang banget, berikut cara membuat kue cucur gula merah yang manis dan legitnya bikin kamu ketagihan. Selamat mencoba!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Manis, Cek Tipsnya Juga, yuk!ilustrasi bahan kue (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 200 gram tepung terigu
  • 100 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 450 ml air
  • minyak goreng secukupnya

2. Lelehkan gula merah terlebih dahulu

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Manis, Cek Tipsnya Juga, yuk!ilustrasi mencairkan gula merah (YouTube.com/atha naufal)

Tuangkan 450 ml air bersih ke dalam panci. Kemudian, masukan gula merah bersama gula pasir dan daun pandan ke dalamnya. Letakkan panci di atas kompor, lalu nyalakan apinya.

Setelah itu. panaskan sampai gula larut dan airnya mendidih. Jika sudah, angkat dan pindahkan ke wadah atau mangkok bersih dengan cara disaring. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Kocok adonan tepung bersama air gula merah

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Manis, Cek Tipsnya Juga, yuk!ilustrasi membuat adonan (freepik.com/master1305)

Ambil wadah berukuran sedang, lalu masukan tepung beras, tepung terigu, dan garam. Kemudian, aduk sampai semua bahan kering tersebut tercampur.

Selanjutnya, tuangkan sedikit demi sedikit air gula merah sambil terus diaduk. Jika adonan sudah encer, diamkan selama kurang lebih dua jam dengan kondisi tertutup.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kue Cucur Mengembang dan Berserat, Perhatikan Adonan

4. Goreng kue cucur hingga matang

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Manis, Cek Tipsnya Juga, yuk!ilustrasi kue cucur gula merah (freepik.com/Sri Widyowati)

Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan cekung, lalu biarkan sampai mendidih. Kemudian, ambil satu sendok sayur adonan cucur dan tuangkan ke dalam minyak panas. Biarkan hingga mengembang dan membentuk.

Setelah itu, jika permukaan kue sudah berserat, itu tandanya kue cucur telah matang. Kalau sudah begitu, segera angkat dan tiriskan. Masak semua adonan hingga matang. Nah, kue cucur gula merah siap dinikmati, deh!

5. Tips membuat kue cucur yang legit

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Manis, Cek Tipsnya Juga, yuk!Kue cucur gula merah (instagram.com/tintinrayner_athome)

Ada beberapa tips memasak kue cucur gula merah yang wajib kamu ketahui. Dengan menerapkannya, kue cucur buatanmu pasti enak.

  1. Saat mengambil adonan cucur ketika hendak digoreng, aduk-aduk dulu sampai ke dasar wadah supaya tepung yang mengendap bisa tercampur rata.
  2. Tak perlu membalik kue cucur supaya matangnya merata, cukup siram-siram saja bagian atasnya dengan minyak panas.

Dengan bahan-bahan sederhana, kamu bisa membuat kue cucur gula merah seenak itu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ambil peralatanmu dan mulai membuat kue cucur gula merah yang manis dan legit ini di rumah. Selamat membuat!

Baca Juga: Resep Kue Cucur Labu Kuning untuk Teman Santai Minum Teh

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya