Comscore Tracker

5 Kesalahan Memasak Steak, Bisa Berdampak pada Kualitas Rasanya

Jangan diulangin lagi ya!

Siapa yang suka steak? Olahan daging yang biasanya dimasak dengan cara dipanggang ini tentu telah melekat di lidah orang-orang Indonesia. Di balik rasanya yang lezat, ternyata ada cara tersendiri untuk membuat steak supaya matang sempurna, lho!

Nah, berikut ini merupakan kesalahan memasak steak yang paling sering dilakukan banyak orang. Apa saja kesalahan tersebut dan bagaimana seharusnya? Yuk, simak ulasanya!

1. Memasaknya ketika beku

5 Kesalahan Memasak Steak, Bisa Berdampak pada Kualitas Rasanyailustrasi daging beku (freepik.com/qwartm)

Banyak orang yang tidak sabaran ketika memasak daging beku. Alih-alih menunggu lunak, mereka justru langsung memasaknya dalam keadaan keras. Hal ini tentu merupakan kesalahan besar.

Pasalnya, memasak daging dalam keadaan beku tentu akan membuat tekstur daging menjadi alot. Ditambah lagi, proses memasak steak-nya pun tentu akan menjadi lebih lama dari biasanya.

2. Membumbui steak saat baru dimasak

5 Kesalahan Memasak Steak, Bisa Berdampak pada Kualitas Rasanyailustrasi membumbui daging (freepik.com/master1305)

Salah satu cara membumbui steak yang familiar adalah menuangkan bumbu kering ketika steak baru saja diletakan di atas wajan. Padahal, cara tersebut malah membuat bumbu larut dengan minyak dan tidak meresap ke dalam daging.

Nah, mungkin kamu bisa mencoba menaruh bumbu basah terlebih dahulu di awal, kemudian baru menaburi bumbu kering ketika daging mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Dijamin bumbu akan lebih meresap dan melekat dengan steak.

Baca Juga: 5 Cara Memasak Steak supaya Makin Lezat, Dagingnya Juicy Banget!

3. Memasak steak saat minyak belum terlalu panas

5 Kesalahan Memasak Steak, Bisa Berdampak pada Kualitas Rasanyailustrasi memasak steak (freepik.com/wirestock)

Perlu kamu tahu, minyak yang belum panas sepenuhnya akan membuat daging menjadi lebih basah. Selain itu, daging akan sulit mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Ketika memasukkan daging, pastikan wajan sudah dalam suhu tinggi. Ini juga akan membuat daging akan memiliki sensasi smoky yang khas, lho.

4. Sering membolak balik steak

5 Kesalahan Memasak Steak, Bisa Berdampak pada Kualitas Rasanyailustrasi memanggang daging(freepik.com/azerbaijan_stockers)

Biasanya untuk membuat steak terlihat matang merata, kamu sering membolak balikan steak, kan? Nah, nyatanya cara ini juga salah besar, lho!

Kamu cukup membaliknya sekali saja, kok. Jika terlalu sering di balik, justru akan sangat sulit untuk menentukan tingkat kematangan yang pas pada steak.

5. Menyajikan steak selagi hangat

5 Kesalahan Memasak Steak, Bisa Berdampak pada Kualitas Rasanyailustrasi steak daging (freepik.com/jcomp)

Setelah steak matang, banyak orang yang langsung memindahkannya ke piring saji untuk disantap selagi hangat. Padahal, steak yang masih hangat justru malah bertekstur sedikit keras dan alot.

Namun, jika sedikit saja bersabar dan mau menunggu sampai asapnya tidak mengepul, daging bisa bertekstur juicy, lho. Selain itu, kandungan minyak pada daging juga akan sedikit berkurang.

Beberapa kesalahan memasak steak di atas mungkin bisa kamu tinggalkan setelah membaca artikel ini. Dengan beberapa tips tersebut, steak buatanmu pasti akan lebih enak dan lezat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Pengin Bikin Steak? Ini 7 Macam Saus Steak yang Enak dan Simpel!  

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya