Comscore Tracker

Resep Bola-Bola Tahu Rambutan, Camilan Ekonomis Rasa Fantastis

Diisi telur puyuh jadi makin lezat

Membuat camilan sendiri di rumah adalah hal yang menyenangkan. Selain lebih enak, membuat makanan sendiri juga jauh lebih murah. Salah satu camilan yang bisa kamu buat adalah bola-bola tahu rambutan.

Teksturnya yang garing di luar dan lembut di dalam, serta rasa gurih plus isian telur puyuh menjadikan siapa pun suka. Selain itu, camilan ini memang lagi naik daun banget dijual di salah satu restoran mi ternama.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga sederhana. Kamu hanya perlu mengikuti resep bola-bola tahu rambutan berikut ini, nih!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Bola-Bola Tahu Rambutan, Camilan Ekonomis Rasa Fantastisilustrasi potongan tahu (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 2 buah tahu putih ukuran sedang
  • 15 butir telur puyuh rebus yang sudah dikupas
  • 2 bungkus mi instan
  • 6 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt kaldu jamur

2. Rebus telur puyuh hingga matang

Resep Bola-Bola Tahu Rambutan, Camilan Ekonomis Rasa Fantastisilustrasi telur puyuh (instagram.com/iamcixmeowkitchen)

Isi panci dengan air bersih, lalu nyalakan kompor. Panaskan hingga air mendidih dengan api sedang saja. Jika sudah mendidih, segera masukan telur puyuh dan rebus hingga matang.

Jika dirasa sudah matang, angkat dan biarkan telur puyuh hingga dingin. Kupas kulit cangkang telur puyuh hingga benar-benar bersih. Sisihkan terlebih dahulu di dalam wadah.

3. Hancurkan tahu hingga lembut

Resep Bola-Bola Tahu Rambutan, Camilan Ekonomis Rasa Fantastisilustrasi membuat adonan tahu (youtube.com/Dapur Dina)

Siapkan dua buah tahu berukuran sedang. Masukkan tahu ke dalam wadah. Kemudian, remas-remas tahu menggunakan tangan hingga menjadi hancur dan lembut. Kamu juga bisa menghaluskannya dengan garpu.

Setelah itu, haluskan dua siung bawang putih dan iris tipis daun bawang. Masukan ke dalam adonan tahu bersama tepung terigu, garam, gula, lada bubuk, dan kaldu jamur bubuk. Aduk hingga bahan dan bumbu tercampur merata.

Baca Juga: Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan Praktis

4. Bentuk bulat dan baluri dengan remukan mi

Resep Bola-Bola Tahu Rambutan, Camilan Ekonomis Rasa Fantastisilustrasi membuat bola tahu (youtube.com/Dapur Dina)

Ambil adonan tahu secukupnya, lalu masukkan telur puyuh rebus ke dalamnya. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan sisihkan dalam wadah datar. Ulangi hingga adonan dan semua telur puyuh rebus habis.

Berikutnya, hancurkan mi instan mentah dengan cara meremas-remas atau menumbuk bungkus mi. Buka bungkusnya, lalu tuang pada piring atau wadah lainnya. Ambil bola-bola tahu, lalu gulingkan ke dalam remesan mi hingga menempel.

5. Goreng bola-bola tahu rambutan hingga kering

Resep Bola-Bola Tahu Rambutan, Camilan Ekonomis Rasa Fantastisbola-bola tahu rambutan (instagram.com/rachmawatiyunita)

Jika semua bola-bola tahu sudah terbaluri dengan kremesan mi, panaskan minyak goreng secukupnya. Masukan bola-bola tahu rambutan dan goreng hingga berubah warna menjadi kuning keemasan.

Kalau sudah matang, segera Angkat dan tiriskan. Bola-bola tahu rambutan siap disajikan. Makanan ini sangat cocok dinikmati bersama saus tomat atau saus sambal.

Resep bola-bola tahu rambutan ini bisa kamu jadikan ide lauk atau camilan sehari-hari, lho. Rasanya yang enak dengan bahan-bahan ekonomis menjadikannya sangat nikmat untuk dibuat. Yuk, segera bergegas ke dapur untuk membuatnya!

Baca Juga: Resep Sop Bola-Bola Tahu, Penggugah Selera Makan Anak di Rumah

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya