Comscore Tracker

Resep Bolu Kentang Kukus yang Manis dan Mekar Sempurna

Cocok jadi teman minum kopi dan teh

Bolu kukus menjadi salah satu kue yang paling digemari banyak orang. Rasanya yang manis dan legit ditambah teksturnya yang empuk serta lembut membuat bolu kukus sangat cocok dinikmati oleh segala kalangan.

Apalagi jika bahan adonannya ditambah kentang, tentu akan jadi lebih lezat. Yap, di bawah ini resep bolu kentang kukus yang selain manis, bentuknya pun mekar dan cantik.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Bolu Kentang Kukus yang Manis dan Mekar Sempurnailustrasi bahan kue (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan-bahan:

  • 120 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 60 gram kentang
  • 1 butir telur
  • 10 gram tepung maizena
  • 5 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1/4 sdt garam
  • pewarna makanan secukupnya

2. Kukus kentang

Resep Bolu Kentang Kukus yang Manis dan Mekar Sempurnailustrasi kentang (freepik.com/Racool_studio)

Bersihkan kentang dari sisa-sisa tanah yang menempel. Kupas kulitnya, lalu cuci dengan air mengalir sambil dibilas hingga bersih, lalu tiriskan. Jika sudah, kukus kentang tersebut hingga empuk.

Setelah itu, hancurkan kentang dengan garpu sampai halus dan lembut. Jika sudah, masukan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam blender dan beri sedikit air. Kemudian, blender kentang hingga halus menjadi bubur.

3. Buat adonannya

Resep Bolu Kentang Kukus yang Manis dan Mekar Sempurnailustrasi mixer adonan (freepik.com/prostooleh)

Di wadah yang berbeda, kocok telur, gula, dan emulsifier menggunakan mikser hingga putih mengembang tapi masih agak cair. Kemudian, masukan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil terus dikocok hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tuangkan bubur kentang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk menggunakan spatula. Jika sudah tercampur rata, bagi adonan menjadi 3 bagian. Beri masing-masing adonan dengan pewarna sesuai selera.

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat Bolu Kukus, Bikin Bantat dan Gak Cantik

4. Kukus bolu kentang hingga matang mengembang

Resep Bolu Kentang Kukus yang Manis dan Mekar Sempurnailustrasi mengukus (pixabay.com/scratsmacker)

Tuangkan masing-masing adonan yang sudah diberi warna ke dalam cup atau cetakan kue secukupnya. Jangan mengisi cup terlalu penuh supaya bolu bisa mekar dan mengembang.

Kalau semua adonan sudah masuk ke dalam cup, tata di dalam panci kukus. Beri jarak masing-masing cup kurang lebih 5 cm. Kukus selama kurang lebih 15 menit, ya!

5. Bolu kentang kukus sudah siap disajikan

Resep Bolu Kentang Kukus yang Manis dan Mekar Sempurnailustrasi bolu kukus kentang mekar (instagram.com/nusi_kwan)

Angkat bolu kentang yang sudah mekar dan matang dari panci. Tunggu hingga agak dingin dan sajikan. Nah, bolu kentang kukus siap untuk dinikmati, deh.

Bolu kentang kukus sangat cocok dijadikan teman minum kopi atau teh hangat. Teksturnya yang empuk dan lembut akan membuat siapa pun suka ketika menyantapnya.

Resep bolu kentang kukus di atas bisa jadi inspirasimu jika bingung mau membuat kue apa. Dengan bahan sederhana dan cara yang mudah, dijamin gak akan membuatmu ribet, deh!

Baca Juga: Resep Bolu Cokelat Pisang Kukus, Satu Potong Aja Gak Bakal Cukup

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya