Comscore Tracker

Resep Brownies Cokelat Kukus Lembut, Pecinta Cokelat Wajib Coba!

Rasa manisnya bikin satu potong aja gak cukup

Brownies menjadi salah satu hidangan yang memiliki banyak penggemar. Rasa khas cokelatnya yang lumer bikin brownies termasuk dalam daftar kue yang paling diminati.

Tak perlu beli mahal-mahal untuk menikmati kue cokelat satu ini karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah,nih! Selain praktis, bikin brownies sendiri di rumah juga memungkinkan kamu untuk menambahkan topping sesuai selera.

Nah, berikut ini resep kue brownies cokelat kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah! 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Brownies Cokelat Kukus Lembut, Pecinta Cokelat Wajib Coba!ilustrasi bubuk coklat (freepik.com/xamtiw)

Sebelum membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 5 butir telur
  • 250 gram gula pasir
  • 2 sdt cake emulsifier
  • 160 gram tepung terigu protein sedang
  • 70 gram bubuk cokelat
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 150 gram cokelat batangan
  • 200 gram mentega
  • 80 ml kental manis cokelat


Bahan topping (opsional):

  • Butter cream
  • Meses cokelat secukupnya

2. Kocok telur beserta gula

Resep Brownies Cokelat Kukus Lembut, Pecinta Cokelat Wajib Coba!ilustrasi mengocok telur dan gula (freepik.com/bolo4ev.o)

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengocok telur beserta dengan gula. Untuk melakukan proses ini, kamu bisa menggunakan mixer atau bisa juga dengan pengocok manual. Kocok hingga gula larut sempurna.

Jika memakai mixer kamu bisa menggunakan kekuatan sedang; umumnya cukup membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit saja.

Baca Juga: Resep Brownies Ubi Ungu, Nikmatnya Maknyus dalam Sekali Gigitan!

3. Campurkan semua bahan

Resep Brownies Cokelat Kukus Lembut, Pecinta Cokelat Wajib Coba!ilustrasi membuat adonan (instagram.com/master1305)

Selanjutnya, kamu bisa mulai mencampur semua bahan-bahan, seperti tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, vanili bubuk, dan cake emulsifier. Aduk perlahan dengan teknik memutar sampai semua bahan tercampur rata.

Panaskan cokelat batang bersama mentega hingga meleleh dan tercampur. Setelah itu, tuangkan lelehan cokelat ke dalam adonan. Tambahkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan-lahan hingga semua bahan tercampur.

4. Kukus adonan brownies

Resep Brownies Cokelat Kukus Lembut, Pecinta Cokelat Wajib Coba!ilustrasi mengukus (freepik.com/valeria_aksakova)

Jika adonan sudah siap, istirahatkan sekitar 1-3 menit. Langkah selanjutnya adalah mengukus adonan brownies. Sambil menunggu adonan, kamu bisa menyiapkan alat pengukusnya terlebih dahulu.

Pastikan alat pengukus sudah panas, ya! Hal ini diperlukan agar adonan brownies matang sempurna. Kukus brownies sekitar 15 sampai 20 menit, atau kamu juga bisa tes kematanganya menggunakan garpu.

5. Brownies cokelat siap dinikmati

Resep Brownies Cokelat Kukus Lembut, Pecinta Cokelat Wajib Coba!brownies coklat kukus (instagram.com/dapurkue_nutrisionist)

Jika kue brownies dirasa sudah matang, kamu bisa memindahkanya ke piring saji. Angin-anginkan sebentar kue brownies agar teksturnya sedikit mengeras.

Jika sudah, langkah terakhir adalah menambahkan topping. Olesi sisi atas brownies dengan butter cream, kemudian ratakan. Selanjutnya, taburi dengan meses cokelat.

Kini brownies cokelat kukus buatanmu pun siap dihidangkan, deh! Nikmati sajian kue satu ini bersama secangkir teh hangat agar cita rasanya makin meningkat. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Brownies Kukus dan Brownies Panggang, Suka yang Mana? 

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya