Comscore Tracker

Resep Kepiting Asam Manis ala Restoran Seafood, Gurihnya Sedap Banget!

Bisa jadi lauk bersama nasi putih, lho

Simak resep kepiting asam manis ala restoran seafood berikut ini. Kepiting meruapakan salah satu hewan laut yang sangat lezat apabila dijadikan seafood. Salah satu menu seafood kepiting paling umum yang sering dijumpai di resto-resto adalah kepiting asam manis.

Kepiting yang dimasak dengan campuran bumbu dan saus tentu bakal bikin lidahmu bergoyang. Maka dari itu, persiapkan bahan dan peralatan masakmu untuk mengikuti resep kepiting asam manis ala restoran seafood di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kepiting Asam Manis ala Restoran Seafood, Gurihnya Sedap Banget!ilustrasi kepiting (freepik.com/xb100)

Bahan utama:

  • 1 kg kepiting ukuran sedang
  • 1 buah bawang bombay, rajang
  • 4 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos sambal
  • 1 sdt tepung maizena larutkan dengan sedikit air


Bahan bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 cm jahe
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2-3 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam

2. Cuci dan rebus kepiting

Resep Kepiting Asam Manis ala Restoran Seafood, Gurihnya Sedap Banget!ilustrasi merebus (unsplash.com/Michal Balog)

Siapkan satu kilogram kepiting, lalu cuci bersih dengan air mengalir supaya kotorannya larut. Jika sudah, buang katup pada bagian luar kepiting.

Tuangkan secukupnya air ke dalam panci. Taruh di atas kompor, kemudian panaskan air sampai mendidih. Masukan kepiting yang telah dibersihkan lalu sampai berubah warna. Angkat dan tiriskan.

Baca Juga: Resep Sup Kepiting Kuah Pedas, Seafood Andalan yang Pasti Enak

3. Haluskan bumbu

Resep Kepiting Asam Manis ala Restoran Seafood, Gurihnya Sedap Banget!ilustrasi bumbu halus (freepik.com/freepik)

Masukan bawang putih, jahe, lada bubuk, saus tiram, gula, dan garam ke dalam chopper atau blender. Jika tidak punya, kamu bisa menggunakan cobek untuk menghaluskannya.

Haluskan bumbu-bumbu tersebut sesuai selera. Bisa sangat halus atau sedikit kasar supaya lebih bertekstur. Angkat dan sisihkan dahulu jika sudah.

4. Masak kepiting asam manis

Resep Kepiting Asam Manis ala Restoran Seafood, Gurihnya Sedap Banget!ilustrasi memasak (freepik.com/wasant_foodtography)

Belah kepiting menjadi dua bagian, dari mulut ke bawah. Selanjutnya, geprek kepiting pada bagian capitnya. Jika sudah, tumis bumbu halus serta bawang bombay sampai aromanya wangi. Masukan kepiting dan oseng-oseng sebentar.

Kemudian, tuangkan secukupnya air lalu beri saos tomat dan saos sambal. Aduk-aduk sampai tercampur merata. Masak kembali sampai bumbu meresap ke dalam daging kepiting. Terakhir, beri larutan tepung maizena supaya kuahnya agak mengental.

5. Sajikan kepiting asam manis

Resep Kepiting Asam Manis ala Restoran Seafood, Gurihnya Sedap Banget!ilustrasi kepiting asam manis (instagram.com/widyadewi.s)

Pindahkan kepiting asam manis yang sudah matang ke atas mangkok atau piring saji. Hidangan seafood satu ini juga bisa kamu nikmati dengan sepiring nasi putih, lho!

Lembutnya daging kepiting dan bumbu yang meresap ke dalamnya bakal bikin kamu geleng-geleng kepala. Soal rasa, gak bakal kalah dengan restoran seafood bintang lima.

Itulah resep dan cara membuat kepiting asam manis. Jika kamu yang tertarik untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti tulisan di atas supaya rasa dari masakanmu lebih enak!

Baca Juga: 5 Restoran Kepiting Terkenal di Palembang, Pecinta Seafood Merapat!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya