Comscore Tracker

Resep Kerupuk Singkong Rumahan yang Gurih, Begini Caranya!

Ditambah bubuk cabai makin sedap

Singkong bisa diolah menjadi berbagai kreasi makanan yang menarik dan lezat. Kamu bisa mengolah singkong jadi aneka kue, keripik, hingga kerupuk yang gurih.

Untuk membuat kerupuk singkong, tentu kamu butuh beberapa batang singkong dan bumbu pelengkap lainnya. Meski buatan rumahan, kriuknya gak kalah dari yang dijual di luar, lho.

Resep kerupuk singkong berikut ini bisa kamu jadikan panduan memasak yang tepat. Langkah dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah. Kriuknya menggoyang lidah!

1. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan

Resep Kerupuk Singkong Rumahan yang Gurih, Begini Caranya!ilustrasi singkong (freepik.com/freepik)

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • 100 gram tepung tapioka
  • 3 sdm tepung terigu
  • 4 siung bawang putih 
  • 1 sdt ketumbar sangrai 
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam halus
  • minyak goreng secukupnya
  • bubuk cabai secukupnya

2. Parut singkong hingga habis

Resep Kerupuk Singkong Rumahan yang Gurih, Begini Caranya!ilustrasi singkong parut (youtube.com/atha naufal)

Rendam singkong dengan air, lalu bersihkan dari tanah yang menempel. Ketika sudah bersih, kupas kulit singkong dan potong-potong menjadi beberapa bagian.

Setelah itu, cuci kembali singkong dengan air mengalir supaya lebih bersih. Kemudian, ambil parutan dan mulailah memarut singkong sampai benar-benar halus. Jika sudah, peras supaya kandungan airnya sedikit berkurang.

3. Buat adonan kerupuk singkong

Resep Kerupuk Singkong Rumahan yang Gurih, Begini Caranya!ilustrasi adonan kerupuk singkong (YouTube.com/Bagja Vlog)

Haluskan bawang putih dan ketumbar yang sudah disangrai. Campurkan bumbu halus dan parutan singkong secara bersamaan dalam sebuah wadah menggunakan tangan. Beri garam dan gila secukupnya, lalu aduk kembali hingga tercampur.

Selanjutnya, bagi adonan menjadi dua bagian, lalu bungkus menggunakan plastik atau daun pisang hingga menyerupai lontong. Kemudian, kukus adonan kerupuk singkong selama kurang lebih 45 menit.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Senbei, Kerupuk Nasi Berumur Ribuan Tahun dari Jepang

4. Jemur kerupuk singkong

Resep Kerupuk Singkong Rumahan yang Gurih, Begini Caranya!ilustrasi adonan kerupuk singkong (YouTube.com/Bagja Vlog)

Jika adonan kerupuk singkong sudah mengeras, angkat dari panci kukusan. Keluarkan dari bungkusnya, lalu tunggu dan biarkan dingin terlebih dahulu.

Kalau sudah dingin, baru kamu bisa mengirisnya tipis-tipis. Tata kerupuk singkong di loyang atau tampah. Terakhir, jemur di bawah sinar matahari sampai kering selama beberapa jam.

5. Goreng kerupuk singkong hingga renyah

Resep Kerupuk Singkong Rumahan yang Gurih, Begini Caranya!ilustrasi kerupuk singkong (instagram.com/rikaekawati)

Tuang minyak ke dalam wajan secukupnya. Letakkan di atas kompor, lalu panaskan hingga benar-benar mendidih. Kemudian, goreng satu per satu kerupuk singkong hingga matang dan mengembang. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan.

Jika kamu suka pedas, tambahkan bubuk cabai. Caranya, masukan kerupuk singkong dan bubuk cabai ke dalam stoples, lalu kocok hingga kerupuk berlumur bumbu.

Nah, kerupuk singkong sudah jadi, deh. Nikmati kerupuk singkong sebagai teman nonton TV atau film, ya. Tak hanya sebagian camilan, ini juga bisa kamu jadikan lauk pendamping untuk makan yang renyah, lho.

Baca Juga: 10 Kerupuk Legendaris di Indonesia, Gurih dan Bikin Rame Suasana

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya