Comscore Tracker

Resep Lamington Cake, Kue asal Australia yang Lembut dan Bikin Nagih

Cocok bagi kamu bila bosan dengan kue yang itu-itu saja

Lamington cake merupakan kue terkenal asal Australia. Kudapan ini terbuat dari kue vanila yang dicelupkan ke dalam coklat serta ditaburi kelapa kering. Bikin ngiler bukan?

Proses pembuatan kue ini juga tidak terlalu sulit kok! Mungkin resep dan langkah-langkahnya di bawah ini bisa membantumu dalam membuat lamington cake. Yuk, mari ikuti!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Lamington Cake, Kue asal Australia yang Lembut dan Bikin Nagihilustrasi coklat (instagram.com/freepik)

Bahan vanila sponge cake:

  • 110 gr tepung terigu
  • 4 butir telur ayam
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanila cair
  • 30 gr minyak sayur
  • 40 gr susu cair


Bahan celupan:

  • 150 gr coklat batang
  • 20 ml susu cair


Bahan taburan:

  • Kelapa parut kering secukupnya

2. Buat adonan vanila sponge cake

Resep Lamington Cake, Kue asal Australia yang Lembut dan Bikin Nagihilustrasi membuat adonan (instagram.com/master1305)

Pisahkan putih telur dari kuningnya dan masukan ke dalam wadah. Kocok hingga mengembang sambil tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil. Jika sudah tercampur, tuangkan kuning telur serta vanila cair, lalu aduk kembali.

Tambahkan tepung terigu sambil diayak agar adonan tidak ada yang menggumpal. Aduk menggunakan spatula sebentar. Selanjutnya, camurkan minyak sayur dan susu cair dalam wadah terpisah. Kalau sudah tercampur, kamu bisa menuangkannya ke dalam adonan. Aduk lagi hingga adonan tercampur rata.

Baca Juga: Resep Lemon Crepes Cake, Camilan Manis yang Nikmatnya Berlapis

3. Panggang vanila sponge cake

Resep Lamington Cake, Kue asal Australia yang Lembut dan Bikin Nagihilustrasi memanggang dengan oven (freepik.com/ArthurHidden)

Siapkan loyang kotak, kemudian olesi menggunakan margarin. Jika sudah, alasi loyang dengan kertas roti lalu tuangkan adonan di atasnya. Hentak-hentakan adonan supaya merata.

Masukkan loyang ke dalam oven lalu panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 50 menit. Setelah matang, kamu biisa mengeluarkannya dari oven kemudian tunggu dingin terlebih dahulu.

4. Celupkan kue ke dalam cokelat

Resep Lamington Cake, Kue asal Australia yang Lembut dan Bikin Nagihilustrasi membuat lamington cake (youtube.com/Epipastry)

Sambil menunggu kue dingin, cacah cokelat batang lalu campur dengan susu cair. Panaskan di atas air mendidih hingga cokelat mencair.

Potong vanila sponge cake dan belah menjadi dua. Olesi cokelat cair di bagian tengahnya. Selanjutnya tutup dan celupkan ke dalam cokelat cair tersebut. Angkat dan taburi dengan kelapa parut kering. Jadilah lamington cake khas Australia.

5. Lamington Cake sudah siap!

Resep Lamington Cake, Kue asal Australia yang Lembut dan Bikin Nagihlamington cake (youtube.com/Epipastry)

Pindahkan lamington cake ke piring saji. Sajikan sebagai camilan ketika nonton tv, teman minum kopi, atau saat kumpul-kumlul keluarga.

Lembutnya vanila sponge cake yang berpadu dengan mainsnya cokelat cair dan gurihnya kelapa parut kering membuat siapa pun pasti ketagihan.

Resep dan langkah-langkah membuat lamington cake tersebut bisa kamu coba sendiri di rumah, ya! Mari kita buat sesuatu yang beda namun tetap lezat untuk dinikmati!

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Lamington, Hidangan Manis Bertabur Kelapa Parut Kering

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya