Comscore Tracker

Resep Lumpia Basah Asli Bandung, Rasanya Bikin Terngiang-ngiang

Perpaduan bengkuang dan taoge yang lezat

Lumpia merupakan salah satu kuliner favorit khas Semarang yang sangat digemari banyak orang. Namun, tak hanya Semarang saja yang terkenal akan lumpianya, Bandung juga memiliki lumpia basah yang punya cita rasa manis dan gurih.

Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, resep di bawah ini bisa jadi referensimu. Resep lumpia basah asli Bandung ini mudah dan simpel banget, kok.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Lumpia Basah Asli Bandung, Rasanya Bikin Terngiang-ngiangilustrasi bengkoang (freepik.com/danykur)

Bahan-bahan:

  • 3 buah bengkuang
  • 150 gram taoge
  • 3 butir telur ayam
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 buah cabai merah, cincang halus atau iris tipis
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air
  • 100 gram gula merah yang telah disisir
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • 1/4 sendok teh lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • kulit lumpia secukupnya
  • air secukupnya

2. Rebus bengkuang dengan air gula merah

Resep Lumpia Basah Asli Bandung, Rasanya Bikin Terngiang-ngiangilustrasi merebus (freepik.com/8photo)

Kupas buah bengkuang terlebih dahulu, lalu potong kecil-kecil atau seukuran batang korek api. Cuci hingga bersih, lalu sisihkan. Kemudian, panaskan air dalam panci, lalu masukan gula merah yang telah disisir sebelumnya.

Jika air gula merah sudah mendidih, masukan irisan bengkuang dan aduk hingga berubah warna. Jika bengkuang sudah sedikit lembek, tandanya sudah matang dan siap diangkat.

3. Buat olesan kulit lumpia basah

Resep Lumpia Basah Asli Bandung, Rasanya Bikin Terngiang-ngiangilustrasi gula merah (instagram.com/mefita_id)

Setelah merebus bengkuang dengan air gula merah, kamu hanya perlu mengangkat bengkuang yang sudah matang. Jangan membuang air gulanya karena ini akan menjadi olesan kulit lumpia nantinya.

Caranya, masukan larutan tepung maizena ke dalam air gula merah. Kemudian, masak dengan api kecil hingga teksturnya menjadi cukup kental. Jika sudah, biarkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Samosa Kulit Lumpia yang Enak dan Bikin Ngiler, Awas Ketagihan!

4. Tumis isian lumpia basah

Resep Lumpia Basah Asli Bandung, Rasanya Bikin Terngiang-ngiangilustrasi memasak (freepik.com/freepik)

Panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bawang putih dan cabai merah yang telah dicincang hingga harum. Pecahkan tiga butir telur, lalu masak orak-arik dengan bumbu yang ditumis tadi.

Selanjutnya, masukan taoge dan tumis sebentar hingga layu. Kemudian, baru tambahkan bengkuang yang dimasak sebelumnya tadi. Jangan lupa tambahkan garam, penyedap rasa, dan lada bubuk. Aduk terus hingga tercampur dan meresap.

5. Sajikan lumpia basah selagi hangat

Resep Lumpia Basah Asli Bandung, Rasanya Bikin Terngiang-ngianglumpia basah khas Bandung (instagram.com/streetfoodmadiun)

Siapkan kulit lumpia secukupnya, dua atau tiga lembar juga bisa. Untuk menempelkan kulit lumpia, gunakan olesan yang telah dibuat dengan air gula merah dan larutan maizena tadi.

Setelah itu, letakkan isian di atas kulit lumpia, lalu gulung atau bungkus isian tersebut. Lumpia basah khas Bandung siap disajikan. Manis dan gurihnya dijamin bikin merem melek!

Resep lumpia basah tersebut bisa kamu coba sebagai referensimu ketika tidak ada penjual lumpia basah di dekat rumahmu. Isiannya melimpah dengan rasa yang nikmat bukan main. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Fakta Lumpia Duleg, Jajanan Inovatif yang Cuma Ada di Klaten

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya