Comscore Tracker

Resep Oseng Udang Saus Mentega, Menu Sehari-hari yang Nikmat

Asin dan manisnya bikin merem melek!

Udang menjadi salah satu seafood favorit yang sangat disukai banyak orang. Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dagingnya yang lembut juga jadi faktor yang membuat banyak orang sering mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan.

Salah satu masakan yang sering dibuat adalah oseng udang saus mentega. Olahan yang terbuat dari udang goreng yang dioseng dengan aneka macam saus dan kecap ini memiliki rasa yang nikmat.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Oseng Udang Saus Mentega, Menu Sehari-hari yang Nikmatilustrasi udang mentah (instagram.com/topntp26)

Bahan-bahan:

  • 400 gram udang ukuran besar
  • 5 sdm margarin
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah tomat
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap inggris
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • air secukupnya

2. Potong-potong bahan dan buat sausnya

Resep Oseng Udang Saus Mentega, Menu Sehari-hari yang Nikmatilustrasi aneka saus (freepik.com/xamtiw)

Ambil bawang bombay, tomat, dan daun bawang. Untuk tomat, kamu harus membuang bijinya, baru setelah itu potong-potong semua bahan menjadi kecil-kecil. Jangan lupa untuk mencincang dua siung bawang putih. Sisihkan terlebih dahulu.

Jika sudah, kini giliran kamu membuat sausnya. Masukan saus tiram, kecap inggris, kecap manis, dan perasaan air jeruk nipis ke dalam wadah. Aduk hingga semuanya tercampur menjadi satu.

3. Goreng udang setengah matang

Resep Oseng Udang Saus Mentega, Menu Sehari-hari yang NikmatMenggoreng udang (pixabay.com/vgtff)

Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan ataupun tempat penggorengan lainnya. Siapkan udang yang sebelumnya telah dibersihkan. Masukkan udang ke dalam minyak yang sudah panas.

Nantinya kita akan memasak udang saus mentega dengan cara dioseng, kita hanya perlu menggoreng udang tersebut sebentar saja atau setengah matang. Tiriskan jika sudah selesai.

Baca Juga: Resep Tumis Udang Jamur, Perpaduan Gurihnya Mantul!

4. Masak oseng udang saus mentega

Resep Oseng Udang Saus Mentega, Menu Sehari-hari yang Nikmatilustrasi memasak (freepik.com/wirestock)

Siapkan margarin, lalu panaskan dengan api sedang hingga mencair. Masukkan bawang putih cincang dan bawang bombay sampai harum. Kemudian, masukkan pula potongan tomat agar rasanya lebih nikmat.

Setelah dimasak beberapa saat, tambahkan saus yang telah dibuat tadi. Aduk rata dan jangan lupa untuk memberi garam serta merica bubuk.

Selanjutnya, masukan udang lalu aduk hingga semua bumbu melumuri daging udang. Tambahkan air secukupnya, masak sampai mendidih dan air agak menyusut.

5. Oseng udang saus mentega siap dinikmati dengan sepiring nasi

Resep Oseng Udang Saus Mentega, Menu Sehari-hari yang Nikmatoseng udang saus mentega (instagram.com/_amiesak)

Jika air dirasa sudah menyusut, masukan irisan daun bawang dan masak sebentar agar aromanya lebih menggugah selera. Matikan kompor dan angkat oseng udang saus mentega yang sudah matang dan pindahkan ke piring saji.

Menu satu ini sangat cocok dinikmati bersama sepiring nasi hangat dan kerupuk. Dijamin orang-orang akan betah makan di rumah jika kamu memasaknya.

Resep di atas bisa dijadikan referensi ketika kamu bingung mau masak. Lezatnya udang dan asin manisnya saus mentega berpadu menjadi satu pasti akan membuat lidahmu bergoyang.

Baca Juga: 5 Makanan Korea Berbumbu Saeujeot, Fermentasi Udang Asin

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya