Comscore Tracker

Resep Perkedel Ikan Tongkol yang Garing di Luar tapi Lembut di Dalam

Perkedel gak terbuat dari kentang saja

Dari sekian banyak ikan, tongkol menjadi salah satu yang difavoritkan masyarakat Indonesia. Harga murah, punya banyak manfaat, dan rasanya yang lezat membuat orang-orang sering mengkreasikan ikan tongkol.

Salah satu kreasi dari ikan tongkol yang bisa kamu coba adalah perkedel. Gak selalu dari kentang, perkedel ikan tongkol pun sama lezatnya. Serunya lagi, membuat perkedel ikan tongkol juga tidak terlalu sulit.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Perkedel Ikan Tongkol yang Garing di Luar tapi Lembut di Dalamilustrasi ikan tongkol (instagram.com/soepriatna1)

Bahan perkedel:

  • 400 gram kentang
  • 300 gram daging ikan tongkol
  • 50 gram sdm tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 wortel
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • telur secukupnya untuk baluran

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 cabai merah besar, buang bijinya

2. Rebus kentang terlebih dahulu

Resep Perkedel Ikan Tongkol yang Garing di Luar tapi Lembut di Dalamilustrasi merebus kentang (instagram.com/smblisscooking)

Siapkan kentang, lalu kupas hingga semua kulitnya hilang. Rendam dalam air sambil membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel. Angkat dan cuci kembali dengan air mengalir.

Selanjutnya, potong kentang menjadi beberapa bagian kecil. Rebus selama kurang lebih 10-15 menit hingga kentang benar-benar empuk. Kemudian, haluskan menggunakan garpu atau ditumbuk.

3. Goreng ikan tongkol sampai kering

Resep Perkedel Ikan Tongkol yang Garing di Luar tapi Lembut di Dalamilustrasi ikan tongkol goreng(instagram.com/mama_okky_masak)

Bersihkan ikan tongkol dari kotorannya. Cuci dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Setelah itu, panaskan minyak goreng secukupnya. Masukan ikan tongkol dan goreng higga matang. Angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, ambil ikan tongkol yang sudah matang, lalu suwir-suwir dan pisahkan dari tulangnya. Ulangi satu per satu hingga selesai. Jika ingin lebih halus, kamu bisa memasukkan suwiran ikan tongkol ke dalam chopper.

Baca Juga: 9 Kreasi Perkedel yang Praktis untuk Dibuat, Lauk Makan Nikmat!

4. Campurkan semua bahan dan bumbu

Resep Perkedel Ikan Tongkol yang Garing di Luar tapi Lembut di Dalamilustrasi membuat perkedel (youtube.com/Mercy Latumahina)

Masukan kentang rebus, suwiran ikan tongkol, tepung terigu, dan telur ke dalam wadah. Aduk-aduk sebentar, lalu tambahkan bumbu halus, garam, dan lada. Kemudian, aduk kembali hingga bumbu dan bahan menyatu.

Jika sudah, tambahkan parutan wortel, irisan daun bawang, dan seledri, lalu campurkan semuanya. Kalau adonan sudah siap, ambil secukupnya saja, lalu bentuk bulat pipih atau lonjong. Ulangi hingga adonan habis.

5. Goreng dan sajikan perkedel ikan tongkol

Resep Perkedel Ikan Tongkol yang Garing di Luar tapi Lembut di Dalamperkedel ikan tongkol (instagram.com/deindomama)

Kocok telur secukupnya di dalam mangkok. Tuang minyak goreng ke dalam wajan. Nyalakan kompor dan panaskan minyak sampai mendidih. Kemudian, ambil adonan perkedel, lalu baluri dengan kocokan telur.

Setelah itu, goreng hingga perkedel ikan tongkol matang. Jika sudah, sajikan perkedel ikan tongkol sebagai lauk atau camilan. Teksturnya yang garing di luar dan lembut di dalam sangat cocok dengan rasanya yang gurih.

Resep perkedel ikan tongkol tersebut bisa jadi referensi menu masakanmu sehari-hari. Jadi gak perlu bingung lagi mau masak lauk apa untuk hari ini atau besok. Yuk, langsung saja bikin perkedel ikan tongkol sekarang juga!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Perkedel Kentang yang Lembut dan Gak Mudah Hancur

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya