Comscore Tracker

Resep Puding Lumut Gula Merah yang Cantik, Manis, dan Super Kenyal

Bakal goyang-goyang saat masuk mulut!

Siapa yang tak suka puding? Dessert atau makanan penutup ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang menis serta tekstur kenyalnya yang cocok dimakan oleh semua kalangan.

Salah satu kreasi puding yang unik adalah puding lumut gula merah. Corak lumut yang ada pada puding menjadikannya lebih menarik. Soal rasa, tentu pasti manis banget dong karena berbahan dasar gula merah.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat puding lumut gula merah sendiri di rumah, resep di bawah ini mungkin bisa sedikit membantumu. Yuk, simak dan ikuti cara bikinnya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Puding Lumut Gula Merah yang Cantik, Manis, dan Super Kenyalilustrasi gula merah (freepik.com/jcomp)

  • 500 ml air
  • 100 ml air (untuk mencairkan gula merah)
  • 60 ml santan instan
  • 2 btr telur
  • 120 gram gula merah
  • 2 sdm gula putih
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bungkus vanili bubuk

2. Cairkan gula merah

Resep Puding Lumut Gula Merah yang Cantik, Manis, dan Super Kenyalilustrasi mencairkan gula merah (YouTube.com/atha naufal)

Siapkan panci bersih lalu tuangkan 100 ml air ke dalamnya. Masukkan gula merah ke dalam panci berisi air tersebut.

Taruh panci di atas kompor dan nyalakan apinya. Masak sampai gula mencair dan airnya mendidih.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Puding Lumut yang Enak dan Cantik, Antigagal!

3. Campur telur dan gula merah

Resep Puding Lumut Gula Merah yang Cantik, Manis, dan Super Kenyalilustrasi membuat puding lumut (YouTube.com/atha naufal)

Pada panci yang berbeda, pecahkan dua butir telur lalu masukan ke dalamnya. Kocok-kocok telur tersebut hingga putih dan kuningnya menjadi satu. Setelah itu, masukan gula merah yang sudah dicairkan tadi sambil disaring. Aduk-aduk hingga telur dan gula merah tercampur.

4. Masak pudingnya

Resep Puding Lumut Gula Merah yang Cantik, Manis, dan Super Kenyalilustrasi membuat puding lumut (YouTube.com/atha naufal)

Masukan bahan-bahan lainnya seperti air, santan, gula putih, garam, vanili bubuk, serta agar-agar plain bubuk. Aduk-aduk dengan whisk hingga semuanya tercampur.

Masak dengan api kecil sampai mendidih dan bentuk lumut terlihat. Jika ingin mendapatkan bentuk lumut yang kecil-kecil dan cantik, maka harus sering diaduk ya!

5. Cetak puding

Resep Puding Lumut Gula Merah yang Cantik, Manis, dan Super Kenyalpuding lumut gula merah (YouTube.com/atha naufal)

Tuangkan adonan puding yang sudah jadi ke dalam cetakan. Selanjutnya agar lebih cepat padat, masukkan ke dalam kulkas atau lemari es. Tunggu selama beberapa saat.

Jika puding sudah jadi, keluarkan dari cetakan. Potong-potong puding dan sajikan selagi dingin. Teksturnya yang kenyal serta rasanya yang manis bikin siapapun suka ketika menyantapnya!

Nah, itu dia resep puding lumut gula merah. Jika kamu mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, tentu puding buatanmu akan cantik dan rasanya lebih enak! Yuk coba!

Baca Juga: Resep Puding Custard Kukus yang Seenak Buatan Restoran Mewah

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya