Comscore Tracker

Resep Putri Salju Pandan, Camilan Nikmat saat Kumpul Keluarga

Rasa manisnya dobel-dobel, lho!

Putri salju merupakan kue kering favorit, terutama saat acara penting atau hari-hari besar tiba. Kue yang terkenal karena taburan gula halusnya ini sangat mudah dijumpai di toko-toko kue yang ada di negeri ini.

Cara membuat kue putri salju hampir sama dengan banyak kue kering khas Indonesia lainnya. Penasaran bagaimana cara buatnya? Yuk, ikuti resep dan langkah-langkah berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Putri Salju Pandan, Camilan Nikmat saat Kumpul Keluargailustrasi daun pandan (freepik.com/user22978605)

  • 1 kg tepung terigu protein sedang
  • 100 gram keju
  • 120 gram butter
  • 600 gram margarin
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sdt pasta pandan atau secukupnya
  • 1 sdt garam

2. Sangrai tepung bersama daun pandan

Resep Putri Salju Pandan, Camilan Nikmat saat Kumpul Keluargailustrasi tepung (freepik.com/azerbaijan_stockhers)

Siapkan satu kilogram tepung terigu protein sedang, lalu masukkan ke dalam wajan. Taruh wajan di atas kompor, lalu nyalakan apinya.

Sangrai tepung terigu bersama daun pandan agar aromanya lebih harum. Sangrai kurang lebih 10 menit lalu ayak tepung agar tidak menggumpal. Sisihkan jika sudah.

Baca Juga: Resep Kue Putri Salju yang Renyah dan Lembut, Wajib Ada di Toples!

3. Buat adonan putri salju

Resep Putri Salju Pandan, Camilan Nikmat saat Kumpul Keluargailustrasi adonan putri salju (youtube.com/RESEP HERNIS)

Campurkan butter dan margarin di dalam wadah atau baskom. Mixer sekitar 30 detik atau sampai kedua bahan tersebut tercampur. Selanjutnya, beri garam dan pasta pandan. Nyalakan kembali mixer sebentar saja.

Parut keju dan susulkan ke dalam adonan. Tambahkan juga tepung terigu yang telah disangrai. Uleni semua bahan adonan sampai tercampur rata, kalis, serta bisa dibentuk.

4. Bentuk adonan dan panggang

Resep Putri Salju Pandan, Camilan Nikmat saat Kumpul Keluargailustrasi membentuk putri salju (youtube.com/DAPUR HERNIS)

Sebelum membentuk dan memanggang adonan, olesi terlebih dahulu loyang menggunakan margarin. Bentuk adonan bulat-bulat atau cetak dengan bentuk bulan sabit. Kemudian, taruh di atas loyang. Ulangi hingga adonan habis.

Setelah itu, masukkan ke dalam oven dan panggang kurang lebih sekitar 20 menitan dengan suhu 150 derajat celcius. Jika sudah, keluarkan loyang dari oven dan tunggu kue putri salju dingin.

5. Sajikan dengan taburan gula halus

Resep Putri Salju Pandan, Camilan Nikmat saat Kumpul Keluargakue putri salju pandan (instagram.com/qyu.kitchen)

Kalau kue sudah dingin, kamu bisa menaburkan gula halus di atasnya. Kue putri salju pandan bisa langsung disantap atau dimasukkan ke dalam toples untuk camilan.

Kue putri salju pandan bisa jadi camilan andalanmu ketika berkumpul bersama keluarga. Maka dari itu, kue ini sangat mudah dijumpai ketika hari-hari besar, terutama hari raya tiba.

Mudah bukan membuat kue putri salju? Dengan bahan-bahan sederhana, kamu bisa membuat kue selezat dan semanis itu! Tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah?

Baca Juga: Resep Kue Putri Salju Pandan yang Lumer untuk Sajian Natal

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya