Comscore Tracker

Resep Steak Daging Giling ala Restoran yang Sangat Mudah Dibuat

Gak perlu ke restoran mewah untuk menikmati hidangan ini

Steak daging giling merupakan makanan mewah yang biasa dijumpai di restoran-restoran kelas atas. Padahal, membuat steak daging giling sendiri bisa dibilang sangat mudah dan sederhana.

Kamu hanya memerlukan daging sapi segar, bahan-bahan, serta bumbu seperti di bawah ini. Seperti apa cara membuat steak daging giling ala restoran versi sederhana? Simak di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Steak Daging Giling ala Restoran yang Sangat Mudah Dibuatilustrasi daging sapi (instagram.com/babelanja.online)

Bahan steak daging giling:

  • 500 gram daging sapi
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 75 gram tepung roti
  • 4 sdm mentega
  • 1 bungkus kaldu bubuk sapi

Bahan pelengkap:

  • Saus barbeque
  • Sayuran (opsional)

2. Giling daging sapi

Resep Steak Daging Giling ala Restoran yang Sangat Mudah Dibuatilustrasi menggiling daging (youtube.com/ Gila Eksperimen)

Siapkan setengah kilogram daging sapi segar. Bersihkan daging sapi menggunakan air mengalir agar kotorannya larut. Tiriskan terlebih dahulu jika sudah.

Masukkan daging sapi ke food processor atau jika tidak punya, kamu bisa menggunakan gilingan manual. Giling daging sapi sampai benar-benar halus. Jika sudah, sisihkan.

Baca Juga: Resep Beef Steak Tartare, Daging Sapi Mentah yang Tak Kalah Enak!

3. Campurkan dengan bumbu-bumbu

Resep Steak Daging Giling ala Restoran yang Sangat Mudah Dibuatilustrasi membuat steak daging giling (yt.com/Dapur Umami)

Ambil wadah atau mangkuk, lalu masukkan daging sapi yang sudah digiling halus ke dalamnya. Iris tipis atau cincang bawang bombay kemudian campurkan dengan daging giling.

Selanjutnya tambahkan tepung roti, telur, pala bubuk, serta satu bungkus kaldu bubuk rasa sapi. Aduk-aduk terus hingga bahan dan bumbu tercampur dan meresap ke dalam daging.

4. Bentuk steak dan panggang

Resep Steak Daging Giling ala Restoran yang Sangat Mudah Dibuatilustrasi memanggang steak daging giling(yt.com/Dapur Umami)

Ambil secukupnya adonan steak atau sekitar satu kepal tangan orang dewasa. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu pipihkan. Jangan terlalu tipis agar tekstur dagingnya masih terasa ketika dimasak. Ulangi sampai adonan habis.

Jika sudah, panaskan mentega sampai mencair menggunakan teflon. Selanjutnya, masukan adonan steak dan panggang menggunakan api kecil. Tutup dan jangan lupa untuk dibolak balik agar matangnya merata.

5. Steak siap dihidangkan

Resep Steak Daging Giling ala Restoran yang Sangat Mudah Dibuatsteak daging giling (instagram.com/inspirasi_usaha_kuliner)

Angkat steak daging giling yang sudah matang. Pindahkan ke atas piring saji dan sajikan bersama aneka sayuran seperti potongan kacang panjang, brokoli, wortel, atau kentang.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati steak daging giling dengan saus barbeque. Tentunya, ini tidak akan kalah dengan steak daging giling ala restoran.

Resep steak daging giling tersebut bisa kamu coba sendiri di rumah. Tak disangka, dengan daging sapi dan bumbu sederhana, kamu bisa membuat hidangan selezat ini.

Baca Juga: Mengenal Jenis Steak dan Tips Memilih Daging ala Dims The Meat Guy

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya