Comscore Tracker

Resep Stik Bawang Seledri, Camilan Favorit untuk Jadi Teman Nonton TV

Bikin mulut kamu gak bisa berhenti mengunyah!

Nonton TV kayaknya kurang asyik kalau tidak ada camilannya. Nah, buat yang mager buat keluar untuk mencari camilan, kamu bisa membuat camilan sederhana, tapi enak di rumah.

Camilan tersebut adalah stik bawang seledri. Rasanya yang gurih serta tekstur renyahnya bikin mulut kamu gak bisa berhenti mengunyah. Bagaimana cara buatnnya? Yuk, simak step by step-nya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Stik Bawang Seledri, Camilan Favorit untuk Jadi Teman Nonton TVilustrasi daun seledri (freepik.com/liburan.photo.top)

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 200 ml air
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm margarin
  • 3 sdm minyak sayur
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri

2. Campurkan bahan kering

Resep Stik Bawang Seledri, Camilan Favorit untuk Jadi Teman Nonton TVilustrasi adonan stik bawang seledri (YouTube.com/Domo Bramantyo)

Siapkan wadah atau baskom berukuran sedang. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan bawang putih halus. Aduk-aduk dua bahan tersebut hingga tercampur.

Selanjutnya, iris tipis 2 batang daun bawang serta 1 batang daun seledri. Tambahkan ke adonan tepung tadi lalu aduk-aduk sampai tercampur.

Baca Juga: 5 Resep Stik yang Renyah dan Tahan Lama, Gak Cukup Sekali Gigit! 

3. Buat adonan stik

Resep Stik Bawang Seledri, Camilan Favorit untuk Jadi Teman Nonton TVilustrasi membuat adonan stik bawang seledri (YouTube.com/Domo Bramantyo)

Tuangkan air, margarin, dan minyak goreng ke dalam panci. Panaskan panci sampai air mendidih dan margarin leleh. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, aduk-aduk kembali sampai bahan tercampur semuanya.

Masukkan bahan kering atau adonan tepung yang telah dibuat tadi ke dalam panci. Tuangkan kembali ke dalam baskom. Aduk rata sampai semua bahan adonan stik bawang menyatu.

4. Cetak adonan stik

Resep Stik Bawang Seledri, Camilan Favorit untuk Jadi Teman Nonton TVilustrasi mencetak adonan stik bawang seledri (YouTube.com/Domo Bramantyo)

Apabila adonan sudah jadi, tuangkan ke atas medan datar atau meja. Uleni sebentar kemudian ambil adonan secukupnya.

Gilas atau pipihkan adonan tersebut, potong adonan sepanjang korek api. Taburi dengan tepung supaya tidak lengket dan saling menempel.

5. Goreng stik bawang seledri

Resep Stik Bawang Seledri, Camilan Favorit untuk Jadi Teman Nonton TVstik bawang seledri (YouTube.com/Domo Bramantyo)

Panaskan minyak goreng secukupnya. Masukkan adonan stik bawang seledri yang masih mentah ke dalamnya. Goreng sampai matang dan berubah warna. Angkat dan tiriskan.

Stik bawang seledri bisa langsung dinikmati atau di taruh di stoples untuk persediaan camilan. Makanan ringan satu ini juga sangat cocok disantap dengan saus tomat atau sambal, lho.

Mudah, kan, membuat stik bawang seledri yang renyah dan gurih? Maka dari itu, kamu gak perlu susah-susah buat beli, yuk bikin sendiri di rumah!

Baca Juga: 5 Stik Kentang Berbagai Rasa, Ide Camilan yang Gampang Dibuat

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya