Comscore Tracker

Resep Tongkol Suwir Mercon, Pedasnya Meledak di Mulut

Lauk makan siang penghilang kantuk

Ikan tongkol menjadi salah satu bahan makanan dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Ikan ini bisa membantu memenuhi kebutuhan protein, memelihara kesehatan fungsi otak, dan kaya akan antioksidan.

Banyak orang yang mengolah ikan tongkol dengan cara digoreng saja. Padahal, apabila di suwir-suwir dan dimasak dengan bumbu pedas, ikan tongkol akan menjadi hidangan yang sangat lezat.

Pencinta makanan pedas gak boleh skip, berikut resep tongkol suwir mercon sederhana yang bisa kamu masak di rumah. Nikmatnya meledak di mulut, lho!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Tongkol Suwir Mercon, Pedasnya Meledak di Mulutilustrasi ikan tongkol (instagram.com/soepriatna1)

Bahan-bahan:

  • 250 gram ikan tongkol
  • 10 buah cabai merah
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 batang serai
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt penyedap rasa

2. Kukus ikan tongkol

Resep Tongkol Suwir Mercon, Pedasnya Meledak di Mulutilustrasi mengukus (freepik.com/valeria_aksakova)

Bersihkan ikan tongkol terlebih dahulu. Cuci seluruh bagian ikan tongkol dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu.

Setelah itu, masukan ikan tongkol ke dalam wadah tahan panas. Kemudian, kukus tongkol selama kurang lebih 20 menitan atau sampai matang. Angkat jika sudah, lalu suwir-suwir daging ikan tongkol dan pisahkan dari durinya.

3. Haluskan bumbu-bumbu

Resep Tongkol Suwir Mercon, Pedasnya Meledak di Mulutilustrasi bumbu-bumbu (freepik.com/valeria_aksakova)

Taruh cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, dan bawang merah di atas cobek. Ulek secara manual atau kamu juga bisa menggunakan chopper untuk menghaluskan bumbu-bumbu tersebut.

Jika sudah selesai menghaluskan bumbu, kamu bisa memotong daun jeruk menjadi kecil-kecil atau sesuai selera. Jangan lupa juga untuk mememarkan batang serai.

Baca Juga: Resep Perkedel Ikan Tongkol, Lauk Nasi Enak dan Super Simpel

4. Masak ikan tongkol dengan bumbu mercon

Resep Tongkol Suwir Mercon, Pedasnya Meledak di Mulutilustrasi memasak tongkol suwir mercon (yt.com/CR COOK)

Panaskan minyak goreng secukupnya. Masukan bumbu halus, lalu tumis hingga aroma harumnya tercium. Kemudian, masukan daun jeruk dan juga batang serai, lalu aduk bumbu.

Selanjutnya, tuang tongkol suwir dan tambahkan garam, gula, serta penyedap rasa agar lebih enak. Masak terus sambil di aduk-aduk sampai tongkol tercampur merata dengan bumbu.

5. Tongkol suwir mercon siap disajikan!

Resep Tongkol Suwir Mercon, Pedasnya Meledak di Mulutilustrasi tongkol suwir mercon (instagram.com/matthewmauren)

Koreksi rasanya terlebih dahulu. Jika sudah pas, baru matikan kompor. Pindahkan tongkol suwir mercon ke mangkok atau piring saji untuk disajikan. Tongkol suwir mercon siap disajikan.

Menu Ini sangat cocok dinikmati sebagai lauk makan siang dengan nasi putih dan kerupuk. Dijamin gurih dan pedasnya bakal meledak-ledak di dalam mulutmu, deh.

Resep tongkol suwir mercon tersebut bisa jadi ide masak sehari-hari jika kamu bosan dengan olahan tongkol yang itu-itu saja. Selamat mencoba dan semoga rasanya sesuai seleramu, ya!

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Lauk dari Ikan Tongkol, Enak dan Bergizi

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya