Comscore Tracker

Resep Tumis Buncis Teri, Lauk Makan Siang yang Bikin Kalap

Solusi buat kamu yang malas masak menu ribet

Ketika hari sudah siang, saat sedang malas tetapi harus memasak lauk untuk makan, tentu kamu akan mencari ide masakan sederhana. Nah, salah satu kreasi sederhana yang mudah dibuat adalah tumis buncis teri.

Dengan dua bahan, yaitu buncis dan teri, kamu bisa membuat masakan yang lezat dan enak. Tak perlu ribet memasak, karena resep tumis buncis teri ini sangat mudah dibuat. Gak pakai lama pula!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Tumis Buncis Teri, Lauk Makan Siang yang Bikin Kalapilustrasi ikan teri (freepik.com/topntp26)

Bahan-bahan:

  • 250 gram buncis
  • 100 gram teri medan ukuran sedang
  • 8 buah cabai keriting merah
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt gula putih
  • air secukupnya

2. Goreng teri hingga kering dan matang

Resep Tumis Buncis Teri, Lauk Makan Siang yang Bikin Kalapilustrasi menggoreng teri (yt.com/Elfrida Monica Sipayung)

Sebelum diolah, sebaiknya cuci ikan teri menggunakan air bersih agar kotoran yang menempel hilang. Pastikan kamu tidak menyiram air terlalu keras karena teri mudah hancur. Jika sudah, tiriskan ikan teri hingga kering.

Setelah itu, panaskan minyak goreng secukupnya. Masukan ikan teri, lalu goreng beberapa saat hingga matang dan renyah. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

3. Haluskan bumbu-bumbu

Resep Tumis Buncis Teri, Lauk Makan Siang yang Bikin Kalapilustrasi bumbu yang dihaluskan (freepik.com/jcomp)

Siapkan cabai merah keriting, bawang merah, dan bawang putih. Masukan semua bumbu tersebut ke dalam chopper. Jika tidak punya, kamu bisa menggunakan ulekan biasa.

Setelah itu, nyalakan chopper dan haluskan bumbu di atas sesuai selera. Kamu bisa menentukan tekstur bumbu, mau sangat halus atau agak kasar. Sisihkan bumbu yang sudah halus tersebut.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Telur, Lauk Sederhana dengan Cita Rasa Nikmat

4. Masak tumis buncis teri

Resep Tumis Buncis Teri, Lauk Makan Siang yang Bikin Kalapilustrasi memasak tumis buncis teri (yt.com/Happy Foody)

Potong-potong buncis terlebih dahulu sebelum dimasak. Jika sudah, panaskan sedikit minyak goreng atau secukupnya. Tumis bumbu halus hingga baunya harum, lalu masukan buncisnya.

Setelah itu, masak buncis hingga setengah matang, lalu masukkan ikan teri. Jangan lupa tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk ayam. Beri sedikit air, lalu aduk-aduk hingga tercampur. Masak tumis buncis teri sampai matang.

5. Sajikan tumis buncis teri selagi hangat

Resep Tumis Buncis Teri, Lauk Makan Siang yang Bikin Kalapilustrasi tumis buncis teri (instagram.com/yennytan22)

Koreksi rasanya, apakah sudah pas atau belum. Jika sudah, angkat dan sajikan tumis buncis teri bersama sepiring nasi putih dan kerupuk agar lebih nikmat.

Tumis buncis teri sangat cocok dinikmati sebagai lauk makan siang. Gurih dan asinnya teri dengan buncis berpadu sempurna, sehingga membuat menu sederhana ini sangat digemari.

Bagaimana, tertarik untuk membuat tumis buncis teri sebagai ide menu makan siangmu? Dijamin orang rumah bakal suka jika kamu mengikuti resep di atas. Selamat berkreasi dan semoga hasilnya enak, ya!

Baca Juga: Resep Green Beans Chips, Keripik Buncis yang Renyah Banget!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya