Resep Tumis Sayur Telur, Menu Sahur Super Praktis 

Cukup tiga bahan utama saja! 

Kunci masakan praktis ialah bahan-bahan yang selalu tersedia di rumah dan cara membuatnya tidak begitu lama. Waktu sahur yang cukup mepet membuat kita dituntut untuk memasak dengan cepat. Salah satu bahan yang selalu kita simpan di kulkas ialah telur.

Telur dapat dipadupadankan dengan berbagai bahan lain termasuk sayur. Sumber protein dalam telur dan nutrisi dari sayuran akan menjadikan masakanmu semakin sehat. Resep masakan sederhana nan lezat ini selain bisa dijadikan menu sahur bisa kamu masak di tengah disibuknya harimu, lho!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Tumis Sayur Telur, Menu Sahur Super Praktis Ilustrasi bahan (pixabay.com/stevepb)

Bahan-bahan: 

  • 3 butir telur ayam
  • 4 buah pakcoy
  • 1 bungkus jamur enoki
  • 1 daun bawang
  • ¼ potongan bawang bombay
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok makan cabai bubuk
  • 120 gram Air (sekitar 12 sendok makan)
  • 1 sdm minyak wijen
  • ½ sendok makan tepung terigu

2. Bersihkan dan potong sayuran 

Resep Tumis Sayur Telur, Menu Sahur Super Praktis Ilustrasi bahan yang telah dibersihkan (https://www.istockphoto.com/VeselovaElena)

Bersihkan pakcoy, jamur enoki dan daun bawang dengan bersih di air yang mengalir. Pisahkan daun pakcoy satu-persatu dan potong tiap daun menjadi dua bagian secara vertikal. Selanjutnya jamur enoki pun dipisahkan satu sama agar lebih mudah berbaur dengan bahan yang lain.

Potong daun bawang menjadi tiga bagian dan potong-potong secara vertikal sehingga ukurannya sama seperti jamur enoki. Lalukan hal yang sama dengan memotong vertikal bawang bombay.

3. Siapkan bumbu untuk menumis 

Resep Tumis Sayur Telur, Menu Sahur Super Praktis Ilustrasi bumbu dalam mangkuk (https://www.istockphoto.com/Michelle Lee Photography)

Masukan bumbu pertama berupa 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan saus tiram , 1 sendok teh gula, dan 1 sendok makan cabai bubuk dalam mangkuk kecil.

Tambahkan 7 sendok makan air di dalamnya, lalu aduk merata. Sementara itu siapkan mangkuk lain untuk bumbu kedua berupa larutan 4 sendok makan air dan ½ sendok makan tepung terigu.

Baca Juga: Resep Kue Mandafa, Legit nan Lumer di Mulut!

4. Masak telur orak-arik 

Resep Tumis Sayur Telur, Menu Sahur Super Praktis Ilustrasi telur orak-arik (https://www.istockphoto.com/dontree_m)

Pecahkan 3 butir telur dan kocok di mangkuk yang telah kamu siapkan. Tambahkan ¼ sendok the garam agar rasanya gurih. Masak di api kecil dengan sedikit minyak agar telur mudah diorak-arik dan tidak cepat matang.

Jangan sampai memasak hingga kecoklatan, pastikan warna telur tetap terlihat kuning. Setalah cukup matang angkat terlur orak-arik dan sisihkan di wadah yang lain.

5. Tumis sayuran sayuran, bumbu dan telur menjadi satu 

Resep Tumis Sayur Telur, Menu Sahur Super Praktis Ilustrasi menumis bahan (https://www.istockphoto.com/blanscape)

Tumis bawang bombay dengan api kecil terlebih dahulu hingga tercium aroma harus, lalu masukkan potongan daun bawang. Setelah cukup layu, masukkan pakcoy dan jamur enoki. Jangan memasak pakcoy dan jamur enoki terlalu lama agar masih terasa tekstur sayurnya.

Setelah itu, masukkan bumbu pertama berupa campuran kecap asin dan bahan lainnya. Tumis lagi beberapa menit dan masukkan bumbu kedua berupa larutan terigu dan air.Tambahkan telur yang sudah diorak-arik dan 1 sdm minyak wijen, lalu tumis hingga semua bahan menyatu.

6. Koreki rasa dan Tumis Sayur Telur siap disajikan 

Resep Tumis Sayur Telur, Menu Sahur Super Praktis Ilustrasi Tumis Sayur Telur (instagram.com/__delicious_day)

Sebelum diangkat dan disajikan dalam piring, koreksi terlebih dahulu rasanya sekiranya ada bumbu yang kurang. Apabila masih ada bumbu yang dinilai kurang tambahkan dengan api telah dimatikan saja. Aduk-aduk sebentar dan apabila rasanya telah pas, siapkan piring untuk disajikan.

Tumis sayur telur pun siap disajikan dengan didampingi nasi hangat yang semakin nikmat. Dimakan dengan keaadaan hangat ketika sahur membuat perutmu nyaman. Sangat simple dan layak dicoba yaa! Selamat mencoba untuk menu sahurmu nanti.

Dina Stevany Photo Verified Writer Dina Stevany

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya