Comscore Tracker

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!

Tetap eksis di tengah serbuan jajanan masa kini

Di tengah pesatnya perkembangan industri kuliner saat ini, posisi jajanan tradisional memang perlahan tergeser dengan jajanan masa kini. Jajanan tradisional dan jajanan saat ini memang memiliki cita rasa dan bahan pembuatan yang berbeda, jajanan tradisional biasanya menggunakan bahan sederhana, seperti tepung beras, tepung ketan, jagung, ubi dan juga singkong.

Nah, di bawah ini adalah jajanan tradisional yang terbuat dari singkong, meskipun sederhana tetapi rasanya tetap juara di lho. Yuk simak, mungkin salah satunya ada favoritmu?

1. Getuk

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/Adelia Izza

Getuk adalah singkong yang dikukus kemudian dihaluskan, setelah halus, voila! Jadilah getuk. Getuk biasanya dibuat pilihan dengan rasa orisinal yang diberi sedikit garam atau dibuat manis dengan menambahkan gula merah saat dihaluskan.

Untuk menikmati getuk, cukup taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan dibumbui sedikit garam. Tujuan pengukusan agar kelapa tidak mudah basi dan penambahan garam supaya kelapa menjadi lebih gurih. Nah, saat ini getuk juga sudah divariasikan dalam berbagai bentuk lho, seperti:

  • Getuk lindri: Getuk lindri adalah getuk yang diberi warna beraneka macam seperti hijau, pink dan cokelat, kemudian dicetak sehingga bertekstur seperti mi dan dipotong kotak, setelah itu sajikan dengan kelapa parut.
  • Getuk goreng: Getuk goreng adalah oleh-oleh khas dari daerah Sokaraja, Banyumas dan Purwokerto. Berbahan dasar getuk manis kemudian dibentuk sesuai selera dan digoreng dengan melapisi getuk memakai adonan tipis tepung. Rasanya manis, legit dan empuk.
  • Getuk trio: Dinamakan trio mungkin karena dalam satu irisan getuk terdapat tiga warna, yaitu putih, pink dan cokelat namun tanpa taburan kelapa parut. Kemasannya yang praktis dan rasanya yang lembut membuat getuk ini populer sebagai oleh-oleh dari Magelang.

2. Lemet

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/Lia Luthfia 'RWijaya

Lemet terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan gula merah, sedikit garam kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Jajanan ini simpel tetapi mengenyangkan. Rasanya manis, lembut, dan kenyal singkong.

3. Sawut

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/Mutia Bumi

Membuat sawut cukup mudah, kupas singkong lalu cuci bersih, setelah itu serut kasar singkong, tambahkan gula merah yang telah disisir dan sedikit garam, lalu masukkan ke dalam panci kukus dan tunggu hingga matang. Seperti halnya getuk, sawut juga disajikan dengan parutan kelapa. Rasanya perpaduan antara gurih dan manis. Enak!

4. Misro

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/kiara

Misro adalah gorengan dari singkong parut, ditambah parutan kelapa secukupnya dan sedikit garam kemudian dicampur rata sampai bahan dapat dipulung dan dibulatkan. Sebelum digoreng, di dalam adonan misro diberi isian gula merah dan setelah matang gula merah akan meleleh, yummy deh!

Untuk penyebutan namanya pun beragam, di daerah Jawa Barat jajanan ini disebut misro, di daerah Jawa Timur sering disebut jemblem, di Jawa Tengah dengan sebutan klenyem, di Yogyakarta disebut cemplon dan orang Cilacap menyebutnya ondol-ondol.

Nah, kalau di daerahmu disebut apa guys?

5. Combro

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/mira

Jika misro memiliki cita rasa manis, combro rasanya gurih dengan isisan oncom. Bahan dan cara membuatnya sama dengan misro tetapi combro dibuat gurih dan pedas. Nama combro sendiri merupakan singkatan dari ‘Oncom di jero’ yang berarti 'Oncom di dalam'. Tidak selalu oncom, banyak penjaja gorengan membuat combro dengan isian tempe cincang yang dibumbu pedas. Enak banget!

Baca Juga: Cicip Manisnya 11 Jajanan Jepang ini, Pasti Bikin Ketagihan!

6. Tape singkong

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!deherba.com

Tape singkong merupakan olahan singkong kukus yang telah difermentasi, kamu pun dapat membuatnya sendiri dirumah lho. Jika sudah menjadi tape singkong, rasanya manis, asam dan lembut, selain dimakan langsung, tape singkong dapat dimodifikasi menjadi makanan dan minuman lezat lainnya seperti, tape goreng, cake tape, prol tape, brem, bahan isian es campur, es doger dan juga es tape. Enak banget kan?

7. Cimplung

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/Novita Purna

Makanan ini sederhana sekali membuatnya, cukup rebus singkong bersama dengan air dan gula merah, tunggu hingga singkong lunak dan matang, kemudian siap dihidangkan. Rasanya kenyal, empuk, manis dan gurih.

Cimplung biasanya direbus dengan air nira tapi bisa juga dengan air biasa. Cobain deh!

8. Gatot

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/Mouly Cook

Sepintas namanya memang sedikit aneh, tetapi gatot ini memiliki cita rasa yang unik, manis, kenyal dan gurih dari kelapa parut kukus. Selain itu, gatot juga mengandung serat pangan lho.

Membuat gatot mudah, dan cobaannya hanya kesabaran untuk menjemur singkong menjadi gaplek karena membutuhkan waktu hingga satu bulan atau sampai gaplek mengeluarkan jamur alaminya.

Untuk menjadi gaplek gatot singkong harus dijemur lalu dibiarkan terkena panas dan hujan. Seiring berjalannya waktu, paparan panas hujan maka perlahan muncul jamur pada gaplek tersebut. Nah, ini yang dinamakan proses fermentasi alami. Jika sudah kering dan kehitaman, gaplek bisa disimpan lama. Ketika akan dimasak, gaplek gatot direndam dulu selama satu hari dan dimasak selama 20-30 menit atau sampai matang. Unik ya!

Gatot populer di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta dan juga Jawa Timur.

9. Tiwul

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/iien soegie

Tiwul merupakan makanan khas dari daerah Wonosari, Gunung kidul, Yogyakarta. Bahan dasar tiwul adalah singkong yang dikeringkan, kemudian dihaluskan dan diayak. Pada zaman dahulu tiwul digunakan sebagai pengganti nasi karena harganya lebih murah.

Tiwul dapat dimasak manis atau seperti nasi yang dimakan bersama sayur dan lauk. Saat ini tiwul banyak dikemas dalam bungkus instan, tidak hanya itu, tepung tiwul juga dimodifikasi menjadi jajanan masa kini seperti, bolu kukus tiwul, bolu tiwul dan bronis tiwul.

10. Singkong goreng

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/diana az

Ya, singkong goreng adalah singkong yang digoreng, sesederhana itu dan belakangan ini muncul inovasi singkong goreng keju, yaitu singkong yang dibumbui dengan bawang putih dan ketumbar, kemudian di rebus, setelah matang dan lunak lalu digoreng dan disajikan dengan pilihan keju bubuk.

Kamu suka versi orisinal atau singkong keju?

11. Singkong rebus

11 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Singkong, Bikin Kangen!cookpad.com/Kenizia

Singkong rebus adalah varian yang paling sederhana dari jajanan singkong lainnya. Cukup rebus singkong bersama air dan garam, tunggu lunak dan matang setelah itu siap dihidangkan sebagai teman minum teh atau kopi. Rasanya tidak kalah deh sama sponge cake.

Sepertinya singkong memang simbol kesederhanaan ya. 

Baca Juga: 10 Jajanan Pinggir Jalan Khas Bandung yang Kini Ada di Mana-mana

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You