Comscore Tracker

6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapur

Masak juga kegiatan yang menyenangkan lho!

Memasak bagi sebagian orang adalah hal kurang menyenangkan, terasa menyita waktu dan menimbulkan rasa khawatir jika masakan kurang nikmat. Hal tersebut membuat orang jadi malas ke dapur untuk memasak, padahal kalau membeli makanan jadi bisa dipastikan pengeluaran belanja bertambah.

Perasaan tidak nyaman tersebut dapat muncul karena kurangnya pengalaman dan intensitas memasak. Hal ini dapat dirasakan oleh semua orang, tidak hanya pemula saja tapi juga seseorang yang dalam kurun waktu lama jarang memasak.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ya!

1. Lengkapi peralatan dapur

6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapurpexels.com/Kaboompics.com

Memasak pada dasarnya bisa menggunakan feeling jika sudah terbiasa, untuk pemula sebaiknya punya peralatan dapur yang essential seperti gelas ukur, alat pembuka kaleng, whisk, pisau dan beberapa wajan serta panci. Bagi pemula, takaran dalam sebuah resep merupakan dasar untuk memasak, ukuran yang valid, alat yang mudah digunakan dapat meminimalisir kegagalan masakan.

Yuk! lengkapi barang penting di dapur, tidak perlu mahal asal tersedia dan dapat mempermudah aktifitas di dapur.

2. Gunakan resep yang valid atau sudah dicoba

6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapurunsplash.com/Holly Stratton

Saat ini hampir di setiap media sosial dapat ditemukan tutorial atau resep memasak. Nah, bijaklah untuk memilih resep yang akan digunakan, terutama pemula. Sebelum memilih resep pastikan dulu informasi yang ditampilkan lengkap beserta tips dan triknya. Cara lainnya dengan membandingkan 2-3 resep masakan dengan bahan dasar yang sama, kemudian tentukan pilihan resep mana yang dirasa cocok dan lebih mudah untuk dipraktekkan.

3. Mulailah dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana

6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapurpixabay.com/moigram

Mulailah dengan resep yang menggunakan bahan sederhana dengan harga yang tidak terlalu mahal. Penggunaan bahan sederhana dapat meminimalisir rasa kecewa jika terjadi kegagalan. Selain itu dengan mencoba resep sederhana maka peluang untuk berhasil lebih besar, hal ini bisa menambah rasa percaya diri saat memasak.

Baca Juga: 10 Desain Dapur Minimalis Dari Berbagai Tema Buat Pasutri Muda

4. Kurangi ekspektasi yang berlebihan

6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapurpixabay.com/GLady

Selalu ada perbedaan antara masakan yang dibuat dengan gambar di resep. Jangan khawatir, gambar pada resep hanya saran penyajian saja. Asal masakanmu rasanya sudah pas dan cocok di lidah itu sudah cukup. Untuk pemula jangan terlalu over ekspektasi ya, karena bisa saja pada percobaan pertama gagal, tapi tenang masih ada percobaan kedua dan ketiga. Semangat!

5. Jangan terpaku pada resep

6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapurpexels.com/Pixabay

Resep memang dapat dijadikan patokan tapi tidak harus selalu terpaku dengan resep. Kamu bisa melakukan improvisasi misal dengan menambahkan gula, garam atau menguranginya dengan koreksi rasa, sesuaikan saja dengan selera yang diinginkan.

6. Banyak berlatih

6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapurunsplash.com/Jeff Sheldon

Bagi pemula maka bisa dipastikan akan banyak menghabiskan waktu di dapur. Untuk itu banyak berlatih dapat membuat aktivitas masak menjadi menyenangkan dan praktis. Di era teknologi dan informasi seperti saat ini kamu bisa mencoba belajar memasak dengan mudah melalui internet seperti YouTube atau media sosial lainnya.

Ketika memiliki konsep dasarnya, maka memasak akan jauh lebih mudah dan tidak perlu lagi khawatir ketika di dapur, bukan saja soal rasa tapi juga bagaimana mengatur supaya tidak berantakan dengan perkakas kotor dan juga tumpahan minyak goreng.

Mudah kan? Yuk dimulai dari sekarang!

Baca Juga: 10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin Mudah

Dyah Photo Verified Writer Dyah

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya