Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Daging Agar Baunya Tidak Keluar di Dalam Kulkas 

Kulkas jadi segar dan bebas bau

Daging merupakan bahan makanan mentah yang rentan busuk dan rusak sehingga harus segera disimpan di dalam kulkas agar dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama. Namun saat menyimpan, tak jarang bau daging menguar di dalam kulkas sehingga menyebabkan bahan makanan lain turut terkontaminasi oleh bau tersebut.

Lalu bagaimana caranya agar kulkas  tidak bau? Untuk menghindari hal tersebut, coba praktikkan lima tips berikut ini agar kulkas bebas bau daging.

1. Sebelum disimpan, potong daging terlebih dahulu

5 Tips Menyimpan Daging Agar Baunya Tidak Keluar di Dalam Kulkas unsplash.com/MARVIN TOLENTINO

Jika daging berukuran besar sebaiknya dipotong terlebih dahulu, karena daging yang berukuran kecil lebih mudah untuk disimpan di dalam wadah atau plastik penyimpanan. Selain itu daging dalam potongan kecil tidak memerlukan banyak space ketika dimasukkan ke dalam freezer. Menyimpan daging dalam potongan kecil juga memudahkan saat akan dicairkan (defrost).

Menyimpan daging dalam potongan besar bisa saja cukup merepotkan karena terkadang wadah atau plastik penyimpanan daging tidak cukup besar, sehingga daging tidak dapat disimpan dengan rapi dan rapat. Hal ini dapat memungkinkan aroma daging menguar ketika disimpan.

2. Masukkan daging ke dalam wadah atau plastik penyimpanan

5 Tips Menyimpan Daging Agar Baunya Tidak Keluar di Dalam Kulkas pixabay.com/Robert-Owen-Wahl

Setelah dipotong, masukkan daging ke dalam wadah atau plastik penyimpanan, kemudian tutup rapat. Pastikan tidak ada celah atau kebocoran yang dapat mengakibatkan air daging menetes saat disimpan, karena hal ini dapat menyebabkan kulkas berbau kurang sedap karena daging tidak tertutup rapat dan tetesan air daging mengontaminasi udara di dalam kulkas.

Baca Juga: 5 Tips Mencairkan Daging Beku, Mudah dan Tetap Higienis

3. Pisahkan dari bahan makanan siap saji

5 Tips Menyimpan Daging Agar Baunya Tidak Keluar di Dalam Kulkas pixabay.com/Myriams-Fotos

Sebaiknya saat menyimpan, pisahkan daging dari bahan makanan yang sensitif terhadap bau seperti minuman kemasan, kue atau makanan siap saji lainnya, karena dikhawatirkan akan mengontaminasi rasa makanan tersebut dan berubah menjadi kurang sedap.

4. Simpan daging di posisi paling bawah

5 Tips Menyimpan Daging Agar Baunya Tidak Keluar di Dalam Kulkas pixabay.com/stevepb

Jika menyimpan daging di dalam freezer sebaiknya letakkan pada posisi paling bawah. Hal ini menghindari adanya cairan daging yang menetes dan mengontaminasi bahan makanan di sekitarnya. Jika diletakkan di bawah dapat meminimalisir air daging menetes pada bahan makanan di bawahnya.

5. Sebaiknya simpan di dalam freezer

5 Tips Menyimpan Daging Agar Baunya Tidak Keluar di Dalam Kulkas pixabay.com/kropekk_pl

Simpan daging di dalam freezer. Suhu freezer yang lebih dingin daripada rak penyimpanan dapat membekukan daging dan membuatnya lebih awet, tidak cepat busuk dan tidak berbau ketika disimpan dalam waktu yang relatif lama.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meminimalisir bau daging pada kulkas. Mudah kan?

Baca Juga: Tips Memasak Jenis Daging Sapi yang Berbeda, Sudah Pernah Coba?

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You