Comscore Tracker

5 Kesalahan Membuat Keripik Kentang, Bikin Lembek dan Gagal Renyah

Maunya dapat yang krispi, tapi malah gagal

Siapa penggemar beratnya keripik kentang, nih? Rasanya yang gurih, renyah tanpa meninggalkan rasa sakit di gigi pas banget jadi kudapan sambil nonton drama Korea. Apalagi kripik kentang sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan bahan sederhana.

Sayangnya, banyak yang gagal di akhir karena kentangnya yang loyo dan lembek. Ada juga yang keripik kentangnya jadi sangat berminyak.

Duh, jika nanti kamu membuat keripik sendiri, hindari lima hal ini. Dengan begitu, keripik kentang buatanmu akan berhasil.

1. Kentang masih terlalu basah saat digoreng

5 Kesalahan Membuat Keripik Kentang, Bikin Lembek dan Gagal Renyahilustrasi kentang (unsplash.com/Hai Nguyen)

Ada banyak alasan kenapa keripik kentang jadi gagal krispi saar digoreng, salah satunya adalah karena keadaannya yang masih terlalu basah saat digoreng. Saat masih basah dan dipaksa digoreng, permukaan kentang akan mempengaruhi suhu minyak. Dan ini membuat jumlah minyak yang tercampur dengan air jadi semakin banyak.

Supaya mempertahankan kerenyahannya, kamu bisa mengeringkan kentangnya lebih dulu. Bisa dengan tisu atau menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Dengan begitu, kentang yang kering jadi bisa lebih renyah. 

2. Menggunakan kentang dari kulkas

5 Kesalahan Membuat Keripik Kentang, Bikin Lembek dan Gagal Renyahilustrasi kentang (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Kamu mungkin lebih suka menggunakan kentang yang sudah dipotong-potong, sehingga siap goreng dari kulkas. Gak ada salahnya dan memang lebih ringkas daripada harus memotong lebih dulu.

Namun, jika keripik kentang mentah disimpan di bawah 4,5 derajat Celsius, terkadang bisa menyebabkan patinya terurai menjadi gula. Padahal, gula bersifat karamelisasi, sehingga saat digoreng akan meleleh dan menyebabkan kentang berwarna kecokelatan.

Jika memang kamu menggunakan kentang yang sudah dikulkas sebelumnya, coba diamkan dulu sampai suhu ruang. Ini supaya kentangnya jadi gak terlalu basah saat digoreng. 

3. Suhu minyak goreng yang terlalu rendah

5 Kesalahan Membuat Keripik Kentang, Bikin Lembek dan Gagal Renyahpotato chips (unsplash.com/@k15april_abhi)

Kunci keripik kentang renyah juga bergantung pada suhu minyak goreng yang digunakan. Jika kamu memasukkan kentang saat minyak belum cukup panas, ini membuat minyak justru mengendap di dalamnya.

Kentang yang lembap membuat lapisan luar kentang jadi terbuka sehingga menyebabkan minyak terserap dan membuat lembek. Alih-alih keripik kentang yang krispi, kamu justru akan mendapat kentang tumbuk, lho!

Baca Juga: 5 Keripik Unik yang Perlu Kamu Coba, Ada Keripik Pelepah Pisang Juga!

4. Suhu minyak goreng yang terlalu panas

5 Kesalahan Membuat Keripik Kentang, Bikin Lembek dan Gagal Renyahpotato chips (unsplash.com/@nhew)

Suhu minyak goreng terlalu rendah akan menyerap banyak minyak dan menjadikannya gak lagi krispi. Namun, suhu minyak yang terlalu panas justru membuat kripiknya jadi gosong. Sangat sulit memang menyibak antara suhu yang masih rendah atau terlampau panas ini.

Namun, dilansir Superiorfs, seorang koki menyarankan bahwa suhu 30 derajat Celsius adalah suhu terbaik untuk menggoreng kentang. Walau begitu, kembali lagi pada asal kentang, apakah didapat dari dalam kulkas atau suhu ruang.

5. Tidak merendam kentang sebelum diolah

5 Kesalahan Membuat Keripik Kentang, Bikin Lembek dan Gagal Renyahilustrasi kentang (unsplash.com/@eprouzet)

Sebelum mengolah kentang jadi keripik, jangan hanya dicuci dan dihilangkan sisa tanahnya. Gak banyak yang tahu kalau kentang perlu direndam supaya hasilnya bagus. Kentang yang direndam bisa menghilangkan kelebihan patinya. 

Sebab, pati pada kentang bisa menyebabkan lembek dan loyo setelah digoreng. Gak sekadar direndam, begitu selesai, kamu harus mengeringkannya terlebih dahulu supaya jadi renyah.

Selain menghindari lima hal di atas, kamu juga perlu tahu satu rahasia supaya keripik kentang buatanmu jadi gurih. Berikan bumbu, seperti garam atau kaldu beserta bawang putih agar rasanya gak membosankan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Olahan dengan Sisa Remah Keripik Kentang, Jangan Dibuang!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya