Comscore Tracker

Resep Dalgona Candy yang Lagi Populer di Indonesia, Cuma Butuh 2 Bahan

Permen manis ini asalnya dari Korea, lho!

Tren dalgona memang sudah lama berlalu, tapi bukan berarti benar-benar menghilang. Jika sebelumnya dalgona adalah minuman, di Korea Selatan kemudian berkembang jadi permen yang rasanya gak jauh berbeda dengan minumannya. 

Kepopuleran dalgona candy kemudian merambah ke Indonesia dan bikin banyak orang penasaran. Namun siapa sangka, permen yang tampak menggemaskan ini bisa dibuat hanya dengan 2 bahan, lho!

Karena sederhana, yuk coba bikin permen ini sendiri! Kamu bisa ajak teman atau sepupu yang masih kecil-kecil untuk masak bareng. 

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Dalgona Candy yang Lagi Populer di Indonesia, Cuma Butuh 2 Bahanilustrasi gula (www.pexels.com/Nick Demou)

Dalgona candy adalah dessert dan snack asal Korea Selatan paling sederhana yang bisa kamu coba. Hanya dengan dua bahan yaitu 2 sendok makan gula pasir dan 1,5 sendok teh soda kue (atau sekitar 3 cubitan), kamu sudah bisa membuat beberapa permen sekaligus. 

Soal gula, kamu bisa pakai yang warnanya putih atau cokelat, bebas! Namun ingat, baking soda gak bisa digantikan oleh baking powder, ya!

2. Alat yang dibutuhkan

Resep Dalgona Candy yang Lagi Populer di Indonesia, Cuma Butuh 2 Bahanilustrasi masak (www.pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun bahannya sederhana, ada beberapa alat yang perlu kamu siapkan supaya permennya berhasil dibuat.

  • Sendok stainless steel yang agak cekung
  • Sumpit untuk mengaduk gula 
  • Loyang untuk digunakan sebagai alas (atau gunakan kertas roti) 
  • Spatula karet  
  • Stik lolipop
  • Cetakan kue aneka bentuk

3. Letakkan gula ke dalan sendok

Resep Dalgona Candy yang Lagi Populer di Indonesia, Cuma Butuh 2 Bahanilustrasi memasak (www.koreanbapsang.com)

Siapkan sendok yang cekung atau kamu bisa menggunakan sendok sayur berbahan stainless steel. Masukkan gula ke dalam sendoknya dan pegang sendok di atas api kecil sampai sedang.

Tunggu sampai gulanya meleleh di bagian tepinya. Jika sudah, aduk perlahan dengan sumpit sampai semua meleleh secara sempurna. 

Baca Juga: 5 Hal Menarik Bbopki, Permen Gula ala Korea dengan Julukan Dalgona

4. Tambahkan soda kuenya

Resep Dalgona Candy yang Lagi Populer di Indonesia, Cuma Butuh 2 Bahanilustrasi memasak (www.koreanbapsang.com)

Pastikan gulanya meleleh tanpa menggumpal, ya! Kemudian tunggu sedikit dingin tapi tetap cair untuk menambahkan soda kuenya. Aduk dengan cepat dan kuat sambil sesekali letakkan sendok berisi gula tadi ke atas api selama satu sampai dua detik saja supaya gula tetap meleleh. 

Saat soda kue dan gula sudah tercampur rata, warnanya berubah jadi karamel dan berbusa, tandanya adonan dalgona candy buatanmu berhasil!

5. Letakkan adonan permen ke atas loyang

Resep Dalgona Candy yang Lagi Populer di Indonesia, Cuma Butuh 2 Bahanilustrasi memasak (www.koreanbapsang.com)

Setelah adonannya berhasil, tuang perlahan ke atas loyang atau kertas roti. Tuang dengan bantuan spatula sampai bagian sendoknya bersih dari adonan. Jika kamu mau gunakan stik permen, letakkan salah satu ujungnya di bagian pinggir adonan. 

6. Tekan adonan dalgona sampai ketebalan sesuai keinginan

Resep Dalgona Candy yang Lagi Populer di Indonesia, Cuma Butuh 2 Bahanilustrasi memasak (www.koreanbapsang.com)

Biarkan dingin selama 10 sampai 15 detik kemudian tekan adonan menggunakan press makanan atau dengan piring datar sampai mendapatkan ketebalan yang kamu inginkan. Setelah itu, cap menggunakan cetakan kue dengan beragam bentuk yang kamu suka. 

Selesai! Yuk, coba bikin sendiri dalgona candy ala kamu dengan cara dan bahan yang sederhana ini. Bisa jadi camilan kesukaan semua orang, nih.

Baca Juga: 5 Camilan dari Honeycomb untuk Pecinta Permen Gula, Praktis!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya