Resep Kue Lobak Enak, Gorengan Gurih yang Mudah Disontek

Salah satu dimsum khas China juga, lho

Sudah pernah mencoba resep kue lobak sebelumnya, atau malah baru dengar makanan satu ini? Buat yang masih asing, kue lobak adalah salah satu jenis dim sum yang populer di China. Meski begitu, sudah banyak juga yang menjajakan di Indonesia, terutama jelang Imlek.

Rasanya mirip dengan gorengan ala Indonesia, tapi dalamnya bertekstur lebih lembut. Pun biasanya kue lobak dinikmati dengan cocolan saus pedas sehingga rasanya kian mantap. Jika penasaran atau pernah menjajal sebelumnya dan ingin buat sendiri, yuk, recook dari resep berikut? 

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Kue Lobak Enak, Gorengan Gurih yang Mudah Disontekilustrasi bahan makanan (unsplash.com/@tayadianna)

Untuk membuat kue lobak yang enak, kamu membutuhkan beberapa bahan. Tenang, bahan-bahan ini mudah kok menemukannya di pasar tradisional dekat rumah. Yuk, catat: 

  • 1 kilogram lobak
  • 150 gram tepung beras
  • 25 gram tepung maizena
  • 35 gram ebi yang sudah direndam dan dincang kasar
  • 4 siung bawang merah cincang
  • 3 siung bawang putih cincang
  • Gula, garam, dan merica secukupnya

2. Parut lobak dan ambil airnya

Resep Kue Lobak Enak, Gorengan Gurih yang Mudah Disontekilustrasi memasak (unsplash.com/@sigmund)

Setelah seluruh lobaknya dicuci bersih dan dikeringkan, parut lembut satu persatu. Jika kamu punya blender, gak masalah untuk menghaluskannya dengan alat tersebut.

Setelahnya, peras lobak yang sudah dihaluskan tadi sampai benar-benar kering dan ambil airnya sebanyak 350 ml. Kalau kurang dari 350 ml, kamu bisa menambahkan air. 

Baca Juga: Resep Dimsum Ayam ala Chef Devina Hermawan, Lembut dan Gurih

3. Campur perasan air lobak dengan tepung

Resep Kue Lobak Enak, Gorengan Gurih yang Mudah Disontekilustrasi adonan (www.koreanbapsang.com)

Siapkan sebuah mangkuk, kemudian sambil diayak masukkan tepung beras dan tepung maizena ke dalamnya. Lalu dengan perlahan tuang air perasan lobak dan aduk-aduk sampai merata. Pastikan juga adonan gak ada yang menggumpal, ya!

Masukkan parutan lobak tadi ke dalam adonan tepung beserta garam, gula, dan merica. Aduk-aduk kembali sampai menjadi adonan yang padat dan merata. Istirahatkan selama 15 menit. 

4. Buat bumbunya

Resep Kue Lobak Enak, Gorengan Gurih yang Mudah Disontekilustrasi memasak (pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Dalam penggorengan, panaskan minyak secukupnya. Setelahnya, tumis ebi, bawang merah, dan bawang putih yang sebelumnya sudah dicincang halus. Masak sampai layu dan tercium aroma harum, ya!

Kecilkan api dalam kompor, kemudian masukkan adonan lobaknya. Aduk-aduk perlahan sampai semua tercampur rata. Kalau sudah menggumpal, matikkan kompor. 

5. Kukus selama 35 menit

Resep Kue Lobak Enak, Gorengan Gurih yang Mudah Disontekilustrasi memasak (unsplash.com/@jsnbrrsc)

Siapkan sebuah loyang dan olesi menyeluruh dengan minyak. Masukkan adonan lobak tadi ke dalam loyang sambil sedikit ditekan. Pastikan adonan lobaknya padat dan merata.

Siapkan alat untuk mengukus, kemudian kukus adonan kue lobak tadi selama kurang lebih 35 menit. Kukus dengan api besar dan jangan lupa untuk memantau ketersediaan airnya. Kalau sudah matang, keluarkan adonan tadi dari dalam loyang dan dinginkan. 

6. Goreng sampai warnanya berubah kekuningan

Resep Kue Lobak Enak, Gorengan Gurih yang Mudah Disontekresep kue lobak (instagram.com/umamisnacknpastry)

Supaya makin lezat dan mudah disantap, potong-potong kukusan kue lobak terlebih dahulu dengan ukuran sesuai selera. Goreng kue lobak dengan minyak panas, tapi pastikan untuk menggunakan api kecil saja agar matangnya secara menyeluruh.

Nah, kalau kue lobak warnanya jadi kekuningan dan permukaannya kering, angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat sebagai teman minum teh atau kopi bersama keluarga. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Dimsum Ayam Udang yang Enak dan Lembut, Lengkap dengan Saus

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya