Comscore Tracker

Resep Mudah Martabak Teflon Bersarang dan Antigagal, Cobain Yuk!

Mudah dan enak tentunya

Martabak manis memang menjadi salah satu camilan favorit yang mudah ditemukan di mana-mana. Banyak varian toping pada martabak juga semakin menambah cita rasanya hingga tak membosankan untuk dinikmati.

Daripada sering membeli di luar, kamu juga bisa, lho, membuat martabak sendiri di rumah dengan hanya memakai teflon dan bahan-bahan sederhana yang dapat ditemukan di dapur. Meskipun simpel, tapi rasanya juga dijamin tak akan kalah enaknya. Yuk, segera intip resepnya di bawah ini.

1. Bahan yang diperlukan

Resep Mudah Martabak Teflon Bersarang dan Antigagal, Cobain Yuk!Pixabay.com/Seksak Kerdkanno

Bahan-bahan utama :

200 gram tepung protein sedang

200 ml air

1 butir telur

3 sendok makan gula pasir

1 sendok makan ragi instan 

2 sendok makan susu bubuk

¼ sendok makan vanili bubuk

Sejumput garam

 

Bahan-bahan toping :

Gula pasir secukupnya untuk taburan

Susu kental manis secukupnya

Mentega

Keju parut

Meises

2. Mengembangkan ragi 

Resep Mudah Martabak Teflon Bersarang dan Antigagal, Cobain Yuk!pixabay.com/Thomas Bock

Tuang satu sendok makan ragi instan ke dalam gelas, lalu tambahkan seperempat sendok makan gula pasir dan 50 ml air hangat. Aduk-aduk hingga ragi tampak berbusa, kemudian sisihkan sebentar sampai ragi mengembang. Sambil menunggu ragi mengembang sempurna, lanjutkan mencampur adonan lainnya ke dalam wadah.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Martabak Manis yang Rasanya Enak, Lembut, dan Legit

3. Mencampur adonan

Resep Mudah Martabak Teflon Bersarang dan Antigagal, Cobain Yuk!pixabay.com/Conger Design

Masukan tepung terigu yang telah disaring ke dalam wadah, lalu tambahkan gula, telur, susu bubuk, vanili, garam, serta air. Kocok sampai adonan tercampur sempurna tanpa ada bagian yang masih mengental. Selanjutnya, ambil ragi yang sudah mengembang untuk dicampurkan ke dalam adonan. Tutup rapat dengan kain dan diamkan selama 1 jam.

4. Cara memasak

Resep Mudah Martabak Teflon Bersarang dan Antigagal, Cobain Yuk!pixabay.com/Fernando Arcos

Adonan yang telah didiamkan tadi dibagi menjadi dua bagian. Panaskan teflon dengan api sangat kecil dan tetap pertahankan ukuran api tetap kecil agar kulit luar martabak tidak mudah hangus. Tuang adonan pertama ke dalam teflon dan bentuk pinggirannya dengan cara menggerak-gerakkan teflon. Jika sudah mulai terlihat bersarang, taburkan sedikit gula pasir di atasnya. Tutup dan tunggu martabak hingga matang. Lakukan cara yang sama pada adonan kedua.

5. Menambahkan toping

Resep Mudah Martabak Teflon Bersarang dan Antigagal, Cobain Yuk!pixabay.com/Riski Risnandar

Oleskan mentega ke atas martabak secara merata. Selanjutnya tambahkan taburan keju, meises, dan susu kental manis sesuai selera. Potong martabak menjadi beberapa bagian,  maka martabak manis teflon pun siap untuk dihidangkan.

Bagaimana? Cukup mudah, kan? Selain hemat biaya dan tak perlu susah payah jajan di luar, membuat camilan martabak di rumah tak akan kalah nikmatnya untuk dinikmati bersama keluarga. Ayo, buruan dicoba!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Martabak adalah Makanan Legenda di Indonesia

Ega Puspita Photo Writer Ega Puspita

Just a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya