Comscore Tracker

6 Cara Hilangkan Aroma Tanah pada Ikan ala Restoran, Gampang Banget!

Kamu yang sedang belajar memasak wajib tahu trik ini

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang tidak hanya memiliki cita rasa lezat dan khas tapi juga kaya akan nutrisi. Ikan sendiri ada yang hidup di laut dan ada pula yang hidup di air tawar, dan keduanya memiliki keistimewaan masing-masing.

Bagi sebagian orang, harga ikan laut cenderung sulit dijangkau, belum lagi kekhawatiran akan cemaran zat berbahaya dalam ikan laut membuat sebagian orang akhirnya memilih ikan air tawar untuk dikonsumsi. Sayangnya, ikan air tawar pun memiliki kekurangan, yaitu umumnya memiliki aroma tanah atau lumpur yang dinilai mengganggu bagi sebagian orang.

Tapi jangan khawatir, sebab bau tanah atau lumpur ini dapat dihilangkan melalui proses pengolahan yang tepat. Berikut penjelasannya.

1. Hilangkan jeroan ikan

6 Cara Hilangkan Aroma Tanah pada Ikan ala Restoran, Gampang Banget!chowhound.com

Salah satu bagian yang menjadi sumber bau lumpur pada ikan adalah organ dalam atau jeroan. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengeluarkan jeroan ikan terlebih dahulu sebelum mengolah ikan. Atau, kamu juga bisa meminta tolong pada penjual untuk membersihkan jeroan ikan. Tapi, jika kamu merasa sayang untuk membuang jeroannya, kamu bisa mengolahnya secara terpisah.

2. Lumuri dengan garam

6 Cara Hilangkan Aroma Tanah pada Ikan ala Restoran, Gampang Banget!wearenotmartha.com

Salah satu manfaat garam adalah mampu mengikat bau-bauan, termasuk bau tanah pada ikan. Caranya, cukup lumuri permukaan tubuh ikan dan bagian dalam perut yang sudah dibersihkan bagian jeroannya dengan menggunakan garam. Setelah itu, diamkan ikan selama semalam atau masukkan ke dalam kulkas selama minimal satu jam. Untuk lebih baiknya, kamu bisa membilas ikan sampai bersih sebelum mengolah ikan.

3. Celupkan dalam campuran perasan jeruk nipis dan garam

6 Cara Hilangkan Aroma Tanah pada Ikan ala Restoran, Gampang Banget!thestayathomechef.com

Kalau menurutmu waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bau tanah dengan menggunakan garam cukup lama, kamu bisa mencoba cara lain yang lebih instan, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Sudah sejak lama jeruk nipis dikenal ampuh untuk menghilangkan aroma tidak sedap, termasuk aroma amis dan lumpur pada daging dan ikan.

Untuk menghilangkan aroma lumpur pada ikan, cukup peras jeruk nipis, kemudian tambahkan sedikit air dan garam. Celupkan ikan ke dalam campuran dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas ikan hingga bersih. Sebagai informasi, jeruk nipis memiliki aroma yang lebih tajam daripada jeruk lemon, sehingga jeruk nipis lebih ampuh dalam menghilangkan aroma tidak sedap.

Baca Juga: Sudah Tahu 5 Perbedaan Ikan Air Tawar dan Ikan Air Laut Ini?

4. Rendam dalam susu cair

6 Cara Hilangkan Aroma Tanah pada Ikan ala Restoran, Gampang Banget!timesofindia.com

Kamu juga bisa menggunakan susu cair untuk menghilangkan aroma tanah pada ikan, tapi pastikan susu yang kamu gunakan adalah susu UHT. Susu mampu menghilangkan aroma tanah karena susu mengandung kasein yang mampu mengikat dan menghilangkan senyawa penyebab bau tanah pada jenis ikan tertentu, yaitu senyawa trimetilamin oksida.

Caranya, bersihkan ikan terlebih dahulu hingga benar-benar bersih, kemudian masukkan ke dalam susu cair dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu angkat dan segera bilas dengan air hingga bersih. Menariknya, selain menghilangkan bau tanah, penggunaan susu juga bisa menambah cita rasa gurih pada ikan.

5. Beri taburan mentimun

6 Cara Hilangkan Aroma Tanah pada Ikan ala Restoran, Gampang Banget!snaped.fns.usda.gov

Mentimun juga memiliki kemampuan untuk menetralisir bau tidak sedap, termasuk pada makanan. Untuk menghilangkan bau tanah pada ikan, terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan mentimun kemudian cacah hingga berukuran kecil dan cuci ikan hingga bersih, setelah itu taburkan mentimun yang sudah dicacah ke seluruh bagian ikan dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas ikan dengan air hingga bersih.

Nah, selain menetralisir bau tanah pada ikan, mentimun juga bisa menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi ikan. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyiapkan mentimun jika mengonsumsi makanan yang berpotensi menimbulkan bau tidak sedap.

6. Marinasi dengan rempah beraroma kuat

6 Cara Hilangkan Aroma Tanah pada Ikan ala Restoran, Gampang Banget!btrehab.com.au

Rempah-rempah yang memiliki aroma kuat juga mampu menetralisir aroma lumpur pada ikan. Beberapa rempah yang memiliki kemampuan ini si antaranya, jeruk nipis, jeruk lemon, daun jeruk, bawang merah, dan bawang putih.

Metode netralitas bau lumpur dengan rempah juga cukup mudah, yaitu buang jeroan dan bersihkan ikan dengan air, haluskan rempah-rempah di atas sesuai kebutuhan, tambahkan air secukupnya dan gunakan untuk marinsi ikan ketika hendak diolah.

Gimana? Ternyata menghilangkan aroma tanah pada ikan tidak sulit bukan? Yuk, segera praktikkan cara di atas untuk menikmati hidangan ikan air tawar yang lezat tanpa aroma lumpur atau tanah.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Mengolah Ikan, Kamu Juga?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya