Comscore Tracker

Bebas Lendir & Bau Tak Sedap, Ini 6 Cara Tepat Membersihkan Usus Ayam

Ternyata butuh trik khusus, lho

Mengolah jeroan ayam adalah hal yang lazim dilakukan oleh sebagai besar masyarakat Indonesia. Salah satu bagian jeroan paling populer untuk diolah adalah usus. Rasanya yang gurih membuat usus cocok diolah menjadi lauk maupun camilan.

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam mengolah usus ayam adalah bagaimana menghilangkan lendir dan bau tak sedap pada usus ayam. Tapi jangan khawatir, asalkan kamu tahu cara mengolah dengan tepat, lendir dan bau tak sedap pada usus ayam dapat dihilangkan dengan mudah. Yuk, langsung saja simak baik-baik tips membersihkan usus ayam di bawah ini.

1. Gunakan tepung kanji dan garam

Bebas Lendir & Bau Tak Sedap, Ini 6 Cara Tepat Membersihkan Usus Ayamunsplash.com/Vlad Kutepov

Kamu bisa menggunakan tepung kanji untuk membersihkan jeroan ayam, seperti usus maupun ampela. Caranya, siapkan tepung kanji dan garam di dalam wadah, kemudian masukkan usus mentah yang hendak dimasak ke dalam campuran tepung kanji dan garam. Pastikan kamu menggunakan kanji dan garam dalam jumlah banyak, minimal dapat menutupi seluruh usus.

Setelah itu, remas usus dan kanji selama minimal 5 menit. Kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih. Perpaduan dari tepung kanji dan garam cukup ampuh dalam menghilangkan lendir dan bau tak sedap dari usus ayam. Nah, jika kamu merasa usus ayam belum cukup bersih, kamu bisa mengulangi cara ini sesuai kebutuhan.

2. Lumuri dengan cuka atau buah sitrus

Bebas Lendir & Bau Tak Sedap, Ini 6 Cara Tepat Membersihkan Usus Ayamunsplash.com/Bruna Branco

Sudah sejak lama buah sitrus dan cuka dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap dan lemak, baik pada perabotan maupun makanan. Nah, kamu juga bisa menggunakan buah sitrus maupun cuka untuk menghilangkan lendir dan bau tidak sedap pada usus ayam.

Caranya, rendam usus ayam dengan cuka atau buah sitrus, seperti jeruk nipis maupun lemon. Pastikan usus ayam terlumuri dengan cuka ataupun jeruk secara keseluruhan. Rendam selama 15 menit atau seperlunya, kemudian bilas dengan air mengalir hingga seluruh kotoran dan bau hilang seluruhnya.

3. Rendam dalam air kapur sirih

Bebas Lendir & Bau Tak Sedap, Ini 6 Cara Tepat Membersihkan Usus Ayamvitalityscience.com

Selain menggunakan bahan yang bersifat asam, kamu juga bisa memanfaatkan kapur sirih untuk membersihkan usus ayam.

Caranya, cuci bersih usus ayam yang hendak dimasak, setelah itu rendam dengan air berisi kapur sirih selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas usus ayam dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ayam untuk Sajian Spesial Lebaran, Bikin Goyang Lidah

4. Rebus dengan rempah-rempah beraroma kuat

Bebas Lendir & Bau Tak Sedap, Ini 6 Cara Tepat Membersihkan Usus Ayamtastykitchen.com

Jika setelah menggunakan cara sebelumnya kamu masih belum yakin bahwa usus tersebut sudah bersih sepenuhnya, kamu bisa merebus usus dengan menggunakan rempah-rempah.

Caranya, rebus usus ayam dan tambahkan rempah-rempah yang memiliki aroma kuat, seperti serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Cara ini mampu mematikan mikroorganisme berbahaya dan membersihkan sisa kotoran yang menempel pada usus. Selain itu, aroma kuat dari rempah-rempah ini juga akan menghilangkan aroma tidak sedap. Setelah itu, cuci bersih usus ayam dengan air sebelum diolah lebih lanjut.

5. Rebus dengan air kelapa

Bebas Lendir & Bau Tak Sedap, Ini 6 Cara Tepat Membersihkan Usus Ayamunsplash.com/Free To Use Sounds

Selain menggunakan rempah-rempah, kamu juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk membersihkan usus ayam. Selain membuat usus menjadi lebih bersih, merebus usus ayam dengan air kelapa juga akan membuat rasa usus ayam menjadi lebih gurih dan sedap. Tapi setelah direbus, jangan lupa buang air rebusan dan cuci usus dengan air mengalir untuk membersihkan sisa kotorannya, ya!

6. Rebus sebanyak dua kali

Bebas Lendir & Bau Tak Sedap, Ini 6 Cara Tepat Membersihkan Usus Ayamunsplash.com/Michal Balog

Jika kebetulan kamu tidak memiliki rempah-rempah maupun air kelapa untuk merebus usus ayam, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa membersihkan usus ayam dengan cara merebusnya menggunakan air biasa. Hanya saja, kamu perlu merebusnya sebanyak dua kali.

Tidak hanya dapat membersihkan kotoran, lendir, dan bau tak sedap secara keseluruhan. Merebus usus ayam sebanyak dua kali juga mampu menghilangkan bakteri berbahaya yang ada di usus ayam.

Walaupun sedikit memerlukan usaha dan waktu lebih lama, tapi cara di atas dijamin mampu membuat usus ayam menjadi bersih, bebas lendir, bau tak sedap, dan pastinya membuat olahan usus ayam menjadi lebih nikmat. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam, Gak Selalu Buruk Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya