Comscore Tracker

Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagal

Cari tahu sebabnya di sini

Pada momen perayaan Lebaran, kue kering menjadi kudapan yang pasti ada di atas meja. Salah satu jenis kue kering yang menjadi favorit banyak orang adalah nastar. Teksturnya yang renyah dan lembut serta paduan rasanya yang manis dan gurih membuat kue ini jadi primadona kala Lebaran tiba.

Kendati demikian, harga yang dipatok untuk satu toples nastar berukuran sedang tidak bisa dibilang murah. Maka dari itu, banyak sekali orang, khususnya ibu-ibu yang mengakalinya dengan membuat kue nastar sendiri. Tapi sayangnya, banyak sekali kasus di mana kue nastar homemade yang dibuat berbekal resep dari internet tidaklah memuaskan.

Karakter nastar yang retak dan mudah pecah, tingkat kematangan yang tidak merata, hingga cita rasa yang kurang pas di lidah menjadi kendala yang banyak dialami orang-orang yang mencoba membuat nastar homemade. Tapi kenapa ya kira-kira nastar buatanmu zonk terus? Simak dulu nih beberapa kesalahan yang kerap dilakukan hingga membuat nastar tidak berhasil.

1. Memakai selai nanas yang dijual di supermarket

Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagaljernejkitchen.com

Dalam membuat kue nastar, nanas merupakan highlight dalam kue ini sehingga kamu perlu memperhatikan kualitas selai nanas yang dipakai. Untuk itu, sebaiknya kamu membuat sendiri selai nanas yang hendak kamu pakai agar kamu bisa mendapatkan selai dengan konsistensi yang baik serta rasa nanas yang alami.

Sebaiknya hindari membeli selai nanas siap pakai yang banyak dijual di supermarket karena kebanyakan selai nanas yang dijual tidak memiliki kualitas yang baik seperti terlalu encer, serat nanas kurang terasa, serta komposisi rasa asam dan manis yang kurang pas.

2. Menggunakan mentega dengan kualitas rendah

Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagalmsn.com

Untuk menghasilkan kue nastar yang berkualitas pastinya kamu butuh bahan yang berkualitas pula. Terlebih jika kamu berniat menjual nastar yang hendak kamu buat. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan mentega dengan kualitas baik.

Mentega yang baik lebih bisa membuat nastar buatanmu terasa sedap dan juga menghasilkan aroma yang menggugah selera. Selain itu, gunakan mentega dan margarin dengan perbandingan 1:2 untuk menghasilkan kue nastar yang renyah dan juga lumer di mulut.

3. Menggunakan gula pasir yang kasar

Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagalhacked.com

Gula kasar lebih sulit untuk dilarutkan dalam adonan kue, hal ini tentunya akan mempengaruhi tekstur serta cita rasa kue yang dihasilkan. Akan jauh lebih baik kalau kamu menggunakan gula halus, karena gula halus lebih cepat larut dan bisa menghasilkan rasa manis yang merata. Kalau kebetulan di dapurmu sedang tidak ada gula halus. Kamu bisa menghaluskan gula pasir dengan blender terlebih dahulu.

Baca Juga: 11 Kue Nastar Berbentuk Unik yang Bisa Jadi Suguhan Spesial, Maknyus!

4. Terlalu lama menguleni adonan

Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagaltwosisterscrafting.com

Karena ingin memastikan bahwa adonan sudah benar-benar kalis dan tercampur rata, banyak sekali orang yang dengan sengaja menguleni adonan dalam kurun waktu yang cukup lama. Padahal faktanya hal ini justru bisa menyebabkan adonan menjadi keras karena tanpa sadar suhu panas dari tangan dapat membuat mentega menjadi leleh. Jadi sebaiknya cukup uleni adonan hingga kalis untuk mendapatkan tekstur kue yang pas.

5. Perbandingan selai dan adonan yang tidak sesuai

Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagalnyonyacooking.com

Memasukkan selai nanas terlalu banyak, dapat menyebabkan kue nastar buatanmu terasa lengket dan terlalu manis. Jadi, perhatikan takaran adonan dengan selai nanas yang kamu pakai. Pastikan bahwa kamu memasukkan selai dengan jumlah yang lebih kecil daripada adonan kue.

6. Memanggang dengan suhu yang terlalu tinggi

Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagalrealhomes.com

Pada umumnya, kue kering haruslah dipanggang pada suhu 150-170 derajat celcius untuk menghasilkan tingkat kematangan yang sempurna sampai ke bagian dalam dan tekstur yang renyah. Menaikkan suhu oven gak akan membuat nastar buatanmu cepat matang, justru hal ini akan membuat kue nastar mudah gosong di bagian luar dan mentah di bagian dalam, retak, dan mudah hancur.

Gimana? Udah tahu kan kesalahan apa aja yang bikin kue nastar kurang baik?  Dengan menghindari berbagai kesalahan di atas, kamu pun bisa membuat kue nastar yang lezat dan istimewa bukan hanya untuk konsumsi pribadi tapi juga untuk dijual.

Baca Juga: 7 Isian Unik Kue Nastar yang Bisa Dicoba Biar Gak Gitu-gitu Aja!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You