Comscore Tracker

Resep Es Krim Durian Lembut dan Segar, Dijamin Bikin Nagih!

Yuk, bikin sendiri

Buah durian dikenal akan aromanya yang kuat, yang menurut beberapa orang dinilai harum dan menyenangkan, sementara beberapa lainnya menganggapnya sangat tidak enak. Bahkan, buah berduri ini dilarang di beberapa negara lantaran baunya yang dinilai menganggu.

Tapi, jika durian diolah menjadi es krim, sudah tentu tidak ada yang bisa menolaknya. Durian memiliki daging yang tebal dengan rasa manis. Sehingga, selain dimakan langsung, durian juga cocok dibuat es krim. Seperti apa caranya? Yuk, langsung cek resepnya di bawah ini.

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Es Krim Durian Lembut dan Segar, Dijamin Bikin Nagih!unsplash.com/Danijela Prijovic

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat es krim durian adalah:

  • 1/2 cangkir daging durian lembut
  • 1 cangkir susu murni
  • 5 butir kuning telur
  • 1/2 cangkir gula halus
  • 1 cangkir heavy cream
  • 1 sdt esens vanila

2. Buat adonan krim

Resep Es Krim Durian Lembut dan Segar, Dijamin Bikin Nagih!unsplash.com/Monika Grabkowska

Ke dalam mangkuk kecil, masukkan kuning telur dan gula halus. Kocok hingga terbentuk konsistensi kuning halus. Sisihkan.

Campurkan heavy cream, susu murni, dan esens vanila dalam wajan saus, panaskan sampai asap mulai keluar dari cairan. Matikan api.

Masukkan 1/4 cangkir krim panas ke dalam telur dan kocok hingga warnanya menjadi kuning mulus hingga rata. Langkah ini bertujuan untuk menaikkan temperatur telur, sehingga telur tidak sepenuhnya matang dalam krim panas. Selanjutnya, tuang telur panas ke dalam wajan berisi krim panas.

Baca Juga: Punya Bau yang Sangat Khas, Ini 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan 

3. Panaskan krim

Resep Es Krim Durian Lembut dan Segar, Dijamin Bikin Nagih!unsplash.com/Tania Melnyczuk

Nyalakan kembali api dan panaskan krim hingga mencapai suhu 76 derajat Celcius. Cara untuk mengetahui apakah krim sudah matang adalah dengan menyendok sedikit krim dengan bagian belakang sendok dan memasukkan jarimu ke dalam krim.

Krim yang sudah matang memiliki bekas yang tebal dan halus yang tidak pecah. Setelah krim benar-benar matang, matikan api.

4. Campur krim dengan daging durian

Resep Es Krim Durian Lembut dan Segar, Dijamin Bikin Nagih!unsplash.com/Jim Teo

Siapkan mangkuk besar. Tuang krim ke dalam mangkuk besar melalui saringan dengan jaring halus. Cara ini berguna untuk menghilangkan telur atau susu yang padat di dalam krim.

Setelah itu, tambahkan daging durian yang telah dilembutkan sedikit demi sedikit. Aduk hingga daging durian tercampur rata dengan krim.

5. Bekukan dan es krim durian siap disajikan

Resep Es Krim Durian Lembut dan Segar, Dijamin Bikin Nagih!unsplash.com/American Heritage Chocolate

Dinginkan krim hingga mencapai suhu kamar. Setelah itu, taruh di dalam lemari es hingga benar-benar dingin, yaitu selama sekitar 20-30 menit.

Selanjutnya, tuang krim ke dalam mesin pembuat es krim dan aduk selama 15-20 menit. Masukkan es krim ke dalam wadah lalu bekukan di dalam freezer semalaman.

Jika diolah menjadi es krim, sudah tentu rasanya jadi makin lezat. Bahkan, kamu yang sebelumnya tidak suka durian bisa langsung doyan dan susah berhenti makan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Memilih dan Membelah Durian, biar Gak Tertipu Pedagang Nakal Lagi

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya