Comscore Tracker

Resep Kipo Khas Kota Gede Yogyakarta yang Lezat dan Legendaris

Yuk bikin sendiri

Yogyakarta termasuk provinsi yang memiliki kuliner daerah yang beragam. Nah, salah satu kuliner yang cukup terkenal dan masih eksis hingga sekarang adalah kipo. Kipo merupakan jajanan berbentuk lonjong kecil dan berwarna hijau yang bisa ditemukan di Kota Gede dan beberapa daerah lain di Yogyakarta.

Ternyata nama kipo ini memiliki arti yang unik lho, kipo merupakan singkatan dari kata berbahasa Jawa 'iki opo' yang dalam bahasa Indonesia artinya 'ini apa?' Karena banyak orang yang menanyakan 'iki opo?' ketika melihat kuliner imut yang satu ini, lantas jajanan ini diputuskan untuk diberi nama 'kipo' yang merupakan akronim dari 'iki opo'

Perpaduan rasa manis dan gurih, serta aroma yang harum menjadi ciri khas serta daya tarik kipo. Buat kamu yang ingin mencobanya, tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta, sebab kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep dan langkah-langkah pembuatannya.

1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu

Resep Kipo Khas Kota Gede Yogyakarta yang Lezat dan Legendarisfood-hacks.wonderhowto.com

Bahan kulit:

  • Tepung ketan 250 mL
  • Santan kelapa 150 mL, masak
  • Air daun pandan 25 mL

Bahan isi:

  • Kelapa muda 150 gram, parut
  • Gula merah 100 mL, sisir sampai halus
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air putih 50 mL
  • Garam secukupnya

2. Cara pembuatan kulit kipo

Resep Kipo Khas Kota Gede Yogyakarta yang Lezat dan Legendariselephantasticvegan.com

Siapkan wadah, masukkan tepung ketan, dan tambahkan santan kelapa sedikit-sedikit sambil terus aduk. Lakukan sampai air kelapa habis. Setelah itu, masukkan air yang berwarna hijau dari daun pandan. Kemudian uleni hingga adonan menjadi hijau seluruhnya dan tercampur rata. Sisihkan.

Baca Juga: 7 Jajanan Tradisional yang Biasa Dijadikan Snack Box, Enak Semua!

3. Cara membuat isian kipo

Resep Kipo Khas Kota Gede Yogyakarta yang Lezat dan Legendarisfriedchillies.com

Siapkan panci bersih, masukkan gula merah yang sudah disisir sebelumnya, daun pandan, dan air. Kemudian masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk supaya gula merah larut seluruhnya.

Setelah itu, tambahkan parutan kelapa muda dan garam, aduk-aduk hingga bahan-bahan tercampur rata seluruhnya, kemudian angkat dan biarkan adonan menjadi dingin.

4. Beri isian pada adonan kipo

Resep Kipo Khas Kota Gede Yogyakarta yang Lezat dan Legendarisinstagram.com/rofiqsilver

Ambil sedikit adonan kipo, pipihkan kemudian beri isian secukupnya, setelah itu rekatkan dan bentuk menjadi lonjong pipih. Lakukan sampai semua adonan habis. Usahakan agar semua adonan memiliki besar yang sama rata.

5. Masak kipo

Resep Kipo Khas Kota Gede Yogyakarta yang Lezat dan Legendarisinstagram.com/birotapemsetdadiy

Siapkan wajan kemudian alasi dengan menggunakan daun pisang. Taruh adonan kipo di atasnya, tata hingga rapi, kemudian masak hingga kue kipo matang sempurna. Setelah matang, kue kipo siap disajikan.

Itu tadi langkah-langkah membuat kue kipo khas Yogyakarta yang melegenda. Gampang banget kan? Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Masak Enak di Bawah Rp100 Ribu, Ayam Saus Lemon ala Rumahan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya