Comscore Tracker

Resep Cheesecake Brownies Bite yang Lumer di Mulut, Bikin Nagih!

Gampang banget buatnya, lho!

Apa jadinya jika brownies dikombinasikan dengan cheesecake? Perpaduan keduanya menghasilkan kue dengan rasa yang luar biasa. Apalagi jika bentuknya one bite sehingga memakannya pun sangat praktis karena tidak perlu untuk repot memotong-motong.

Brownies yang lembut dengan isian cheesecake yang gurih menjadi salah satu dessert yang wajib dicoba. Nah, untuk kamu yang penasaran untuk membuat cheesecake brownies bite, berikut ini resep yang harus kamu perhatikan langkah-langkahnya.

1. Bahan yang dibutuhkan 

Resep Cheesecake Brownies Bite yang Lumer di Mulut, Bikin Nagih!ilustrasi bahan adonan (pexels.com/Los Muertos Crew)

Untuk membuat brownies dengan isian cheesecake yang lumer di mulut, berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan.
Bahan brownies:

  • 3/4 mangkuk tepung terigu serbaguna
  • 1/2 mangkuk bubuk kakao
  • 1/2 sendok teh bubuk kopi
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 butir telur
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 mangkuk choco chip
  • 3/4 mangkuk sirup maple (opsional) 

Bahan isian:

  • 1/2 mangkuk cheese cream
  • 3/4 mangkuk greek yogurt
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/4 sendok teh ekstrak vanila

2. Buat adonan brownies 

Resep Cheesecake Brownies Bite yang Lumer di Mulut, Bikin Nagih!ilustrasi menuang tepung (pexels.com/SHVETS Production)

Langkah pertama, siapkan wadah berukuran medium. Masukkan tepung terigu serbaguna, bubuk kakao, dan bubuk kopi. Tambahkan juga garam dan baking powder. Kemudian aduk hingga semua bahan adonan kering tercampur rata.

Baru kemudian pecahkan ketiga butir telur dan masukkan ke dalam adonan. Tambahkan juga sirup maple dan choco chip atau cokelat batang yang telah dilelehkan. Aduk kembali menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur menjadi satu.

Baca Juga: Resep Nastar Stroberi, Variasi Kue Kering yang Gak Ngebosenin

3. Tuang adonan ke dalam cetakan 

Resep Cheesecake Brownies Bite yang Lumer di Mulut, Bikin Nagih!ilustrasi cetakan muffin (pexels.com/Castorly Stock)

Selanjutnya siapkan cetakan muffin atau cupcake yang berukuran mini. Tuang adonan ke dalamnya. Jangan sampai melebihi 3/4 dari cetakannya agar memberi ruang agar brownies dapat mengembang dengan sempurna.

Kemudian panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Letakkan cetakan muffin yang berisi adonan brownies tersebut ke dalam loyang. Baru masukkan ke dalam oven dan tunggu sekitar 15 menit sampai brownies matang. Keluarkan secara hati-hati dan diamkan di suhu ruang.

4. Buat isian cheesecake 

Resep Cheesecake Brownies Bite yang Lumer di Mulut, Bikin Nagih!ilustrasi mengaduk krim (pexels.com/Katerina Holmes)

Selagi menunggu brownies, siapkan isian cheesecake. Caranya dengan mencampurkan semua bahan seperti cheese cream, greek yogurt, bubuk kayu manis, dan ekstrak vanila. Aduk semua bahan-bahan tersebut menggunakan mikser hingga tercampur menjadi satu.

Namun, agar mendapatkan hasil isian yang creamy dan lembut, sebaiknya diamkan dahulu cheese cream yang akan digunakan. Letakkan di suhu ruang sekitar 1 jam kemudian panaskan di microwave sekitar 15 sampai 20 detik. Cheese cream pun akan bertekstur lembut dan memudahkan untuk mencampurkannya dengan bahan lain.

5. Isikan cheesecake ke dalam brownies 

Resep Cheesecake Brownies Bite yang Lumer di Mulut, Bikin Nagih!ilustrasi brownies (pexels.com/Roman Odintsov)

Terakhir, gunakan sendok kecil untuk mengisi brownies dengan cheesecake. Lubangi terlebih dahulu brownies dengan sendok satu per satu. Kemudian isikan cheesecake di dalamnya secara hati-hati. Jangan sampai isiannya meluber agar tampak rapi.

Kamu juga bisa menggunakan piping bag untuk memudahkan mengisi brownies dengan cheesecake. Setelah itu, hias dengan sprinkle atau choco chip sesuai selera. Cheesecake brownies bite pun siap dinikmati bersama keluarga.

Nah, ternyata gampang banget bukan membuat cheesecake brownies bite yang lumer di mulut. Jangan lupa menyimpannya di lemari es ya karena dessert ini hanya bertahan sekitar sehari di suhu ruang.

Baca Juga: 5 Kue Enak sebagai Ide Hampers Natal untuk Orang Tersayang!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya