Comscore Tracker

Resep Cupcake Strawberry Lemonade, Rasanya Manis dan Segar

Perpaduan frosting dan cupcake gak pernah salah!

Cupcake strawberry lemonade menjadi salah satu dessert yang wajib dicoba, setidaknya sekali seumur hidup. Perpaduan manisnya stroberi dengan tar lemon membuat cupcake memiliki cita rasa yang tidak tertandingi. Cupcake ini juga cocok diberikan kepada orang tersayang. Warna merah mudanya yang cantik sangat menggugah selera.

Membuat cupcake strawberry lemonade sebenarnya sama seperti membuat cupcake pada umumnya. Walau bahan yang dibutuhkan lumayan banyak, tetapi semuanya akan terbayarkan dengan hasilnya yang memuaskan.

1. Bahan yang perlu disiapkan 

Resep Cupcake Strawberry Lemonade, Rasanya Manis dan Segarilustrasi bahan membuat cupcake (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Bahan cupcake:

  • 345 gram tepung terigu serbaguna
  • 3/4 mangkuk mentega tawar
  • 3 butir telur
  • 1 gelas susu
  • 1/3 gelas perasan lemon
  • 1 1/2 mangkuk gula
  • 2 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sdt parutan kulit lemon
  • 2 sdt ekstrak vanila
  • 2 sdt minyak sayur

Bahan frosting stroberi:

  • 340 gram buah stroberi
  • 1 1/4 mangkuk mentega tawar cair
  • 4 mangkuk gula bubuk
  • 2 sdm whipping cream

2. Kocok telur menggunakan mikser

Resep Cupcake Strawberry Lemonade, Rasanya Manis dan Segarilustrasi mengocok telur (pexels.com/Katerina Holmes)

Pecahkan telur, lalu kocok menggunakan mikser hingga mengembang dan berwarna putih. Tambahkan mentega, gula, dan parutan kulit jeruk. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Di wadah lain, masukkan tepung terigu, baking powder, esktrak vanila, dan garam, lalu aduk sebentar. Masukkan susu dan perasan lemon ke dalam adonan kering dan kembali aduk menggunakan mikser. Kemudian, campurkan kedua adonan bahan menjadi satu, lalu aduk menggunakan spatula sampai tercampur rata.

3. Buat frosting stroberi terlebih dahulu

Resep Cupcake Strawberry Lemonade, Rasanya Manis dan Segarilustrasi buah stroberi (pexels.com/Kristina Paukshtite)

Sebelum diblender, sebaiknya stroberi dibekukan terlebih dahulu selama kurang lebih 25-30 menit. Masukkan ke dalam blender dan hancurkan hingga halus. Kamu dapat menggunakan saringan untuk menghilangkan biji-biji yang tersisa.

Setelah itu, pindahkan adonan stroberi ke dalam panci saus dan panaskan menggunakan api medium. Aduk terus-menerus selama 15-20 menit hingga tekstur berubah menjadi agak kental seperti selai.

Selagi menunggu dingin, aduk mentega dan gula halus menggunakan mikser sampai creamy. Tambahkan selai stroberi yang sudah dingin tadi secara bertahap dan kocok hingga mengental.

Baca Juga: Resep Cupcake Labu Kuning yang Nikmat, Manisnya Nagih

4. Siapkan cetakan cupcake 

Resep Cupcake Strawberry Lemonade, Rasanya Manis dan Segarilustrasi cetakan cupcake (dok. Lilluna.com)

Tuangkan adonan ke dalam cetakan cupcake. Kamu bisa menggunakan pipping bag agar hasilnya tidak berantakan. Kemudian, panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celsius.

Selanjutnya, masukkan cupcake ke dalam oven dan panggang sekitar 15-20 menit atau sampai cupcake mengembang. Jika sudah, keluarkan cupcake secara hati-hati. Masukkan frosting stroberi ke dalam pipping bag dan potong ujungnya.

Setelah itu, semprotkan frosting stroberi di atas cupcake secara memutar hingga memenuhi semua sisi atasnya. Cupcake strawberry lemonade pun siap disajikan. Kamu dapat menambahkan hiasan, seperti sprinkle atau potongan buah stroberi.

5. Tips membuat cupcake strawberry lemonade

Resep Cupcake Strawberry Lemonade, Rasanya Manis dan Segarilustrasi cupcake stroberi lemonade (pexels.com/Jess Bailey Designs)

Supaya cupcake tidak kering saat dimakan, pastikan tepung yang digunakan tidak terlalu banyak atau sedikit. Gunakan timbangan untuk mengukur tepung karena yang dibutuhkan sebanyak 345 gram. Cara lain agar cupcake tidak serat adalah dengan mengaduk tepung terlebih dahulu menggunakan sendok.

Lebih baik untuk menggunakan perasan lemon asli daripada saripati lemon instan karena biasanya mengandung pemanis buatan. Sebelum diperas, parut kulit lemon terlebih dahulu untuk menambahkan cita rasa lemon yang kuat. Cupcake dapat bertahan selama 2 hari di suhu ruang dan 4 hari di lemari es.

Cupcake menjadi salah satu kudapan favorit banyak orang karena cara membuatnya yang mudah. Apalagi dengan banyaknya variasi, seperti cupcake strawberry lemonade di atas yang memadukan rasa manis dan asam. Yuk, segera buat kreasimu di rumah.

Baca Juga: Tidak Harus Buttercream, 5 Topping untuk Kreasi Jualan Cupcake Hits

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya