Comscore Tracker

Resep Lemon Smoothie, Takjil Segar yang Bikin Semangat Berbuka

Mudah banget bikinnya, kok!

Siapa yang tidak menyukai smoothie? Minuman berbahan dasar buah-buahan ini terlalu menyegarkan untuk ditolak, terutama saat bulan Ramadan. Smoothie juga cocok sebagai pelepas dahaga setelah seharian menahan makan dan minum. Dijamin bikin energimu terkumpul kembali setelah lemas karena berpuasa.

Salah satu variasi smoothie yang wajib sekali dicoba adalah lemon smoothie. Perpaduan lemon, nanas, dan madu membuat smoothie ini terasa menyegarkan. Rasanya yang manis dengan sedikit asam akan membuat ketagihan meminumnya. Cara bikinnya pun tidaklah sulit.

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan 

Resep Lemon Smoothie, Takjil Segar yang Bikin Semangat Berbukailustrasi bahan smoothie (pexel.com/Timur Weber)

Bahan-bahan:

  • 3-4 buah lemon
  • 1 buah nanas
  • 1 sdm parutan kulit lemon
  • 2 sdm madu
  • 1/4 sdt ekstrak vanila
  • 1/4 sdt bubuk kayu manis
  • 150 gram krim kelapa
  • es batu secukupnya

2. Perbedaan krim kelapa dan santan 

Resep Lemon Smoothie, Takjil Segar yang Bikin Semangat Berbukailustrasi krim kelapa (pexels.com/Dana Tentis)

Krim kelapa digunakan untuk menambah tekstur smoothie agar terasa creamy. Masih banyak yang tidak tahu perbedaan antara krim kelapa dan santan. Keduanya memang berasal dari kelapa. Santan berasal dari parutan kelapa yang diperas untuk diambil airnya.

Berbeda dengan krim kelapa yang pembuatannya berasal dari parutan kelapa yang dididihkan bersamaan dengan susu hingga berbusa. Setelah itu, saring untuk menghasilkan santan dan didiamkan sehingga membentuk krim kelapa.

3. Kupas buah nanas

Resep Lemon Smoothie, Takjil Segar yang Bikin Semangat Berbukailustrasi memotong buah nanas (pexels.com/SHVTS Production)

Pilih nanas yang masih segar agar rasanya cenderung manis. Namun, jika terpaksa tidak ada, kamu dapat menambahkan sedikit gula nantinya. Langkah pertama, kupas nanas tersebut dan potong kotak agar memudahkan untuk menghaluskannya.

Berikutnya, parut kulit lemon sebelum memerasnya. Cukup ambil sekitar satu sendok, lalu peras dua sampai tiga jeruk lemon tersebut. Parutan kulit lemon berfungsi untuk menambahkan aroma lemon pada smoothie.

Baca Juga: 10 Smoothies yang Enak dan Sehat ala Tantri Namirah

4. Blender semua bahan 

Resep Lemon Smoothie, Takjil Segar yang Bikin Semangat Berbukailustrasi menggunakan blender (pexels.com/Mikhail Nilov)

Masukkan semua bahan, seperti buah nanas, perasan lemon, dan krim kelapa ke dalam blender. Tambahkan juga es batu, madu, ekstrak vanila, parutan kulit lemon, dan sedikit bubuk kayu manis.

Selanjutnya, blender semua bahan hingga tercampur rata dan terlihat smooth dan creamy. Tuang ke dalam gelas dan lemon smoothie siap untuk disajikan.

Lemon smoothie dapat bertahan selama dua hari di lemari es dengan keadaaan tersimpan tertutup di botol maupun container. Cara lain untuk mengawetkannya adalah membuatnya menjadi es batu atau popsicle sehingga dapat bertahan selama seminggu.

 5. Tips membuat lemon smoothie 

Resep Lemon Smoothie, Takjil Segar yang Bikin Semangat Berbukailustrasi lemon smoothie (dok. Eatingonadime.com)

Supaya lemon smoothie semakin menyehatkan, kamu dapat menambahkan suplemen, seperti bubuk colagen maupun protein karena tidak mengubah rasanya. Kamu juga boleh menambahkan variasi buah-buahan lain, seperti stroberi, rasberi, persik, hingga anggur.

Krim kelapa memang bukan bahan yang lumrah ditemui sehingga bebas untuk menggantinya dengan santan. Sayangnya, tekstur tidak akan se-creamy ketika menggunakan krim kelapa.

Gimana, sudah tergoda untuk membuat lemon smoothie sebagai takjil berbuka puasa nanti? Kalau iya, jangan lupa bagikan resep ini ke kenalanmu yang juga membutuhkan inspirasi takjil, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Smoothie Mangga yang Cocok Dinikmati saat Berbuka Puasa

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya