Resep Lumpiang Shanghai Khas Filipina, Halal Pakai Daging Sapi

Pakai daging sapi juga nikmat, kok

Lumpiang shanghai salah satu makanan ikonik dari Filipina yang terkenal gurih dan  renyah. Meskipun tradisionalnya menggunakan daging babi, lumpiang shanghai dapat diadaptasi menjadi versi halal. Caranya, ganti daging babi dengan daging sapi.

Membuat lumpiang shanghai halal di rumah sangatlah mudah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, kamu bisa menciptakan hidangan lezat ini untuk dinikmati bersama keluarga.

Dengan sedikit kreativitas dan penyesuaian, resep lumpiang shanghai dengan daging sapi ini ini rasanya tetap autentik dan nikmat. Buktikan sendiri dengan membuat di rumah, ya!

Baca Juga: 4 Bahan Dapur yang Bikin Daging Sapi Cepat Empuk, Ampuh! 

Bahan Lumpiang Shanghai Halal

Resep Lumpiang Shanghai Khas Filipina, Halal Pakai Daging Sapiilustrasi daging cincang (pexels.com/Angele J)
  1. 500 gram daging sapi cincang
  2. 1 buah wortel, parut halus
  3. 1 bawang bombay, cincang halus
  4. 3 siung bawang putih, cincang halus
  5. 2 batang daun bawang, iris tipis
  6. 1 butir telur
  7. 2 sendok makan kecap asin
  8. 1 sendok makan saus tiram
  9. 1 sendok teh garam
  10. 1/2 sendok teh lada hitam
  11. 1/2 sendok teh gula pasir
  12. kulit lumpia secukupnya
  13. minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Resep Lumpiang Shanghai Khas Filipina, Halal Pakai Daging Sapiilustrasi membuat isian lumpia (pexels.com/ShotHot)
  1. Cincang halus daging sapi, lalu parut wortel, cincang bawang bombai, dan bawang putih. Kemudian, iris tipis daun bawang.
  2. Dalam mangkuk besar, campurkan daging cincang, wortel parut, bawang bombai, bawang putih, dan daun bawang.
  3. Tambahkan telur, kecap asin, saus tiram, garam, lada hitam, dan gula pasir. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.
  4. Ambil satu lembar kulit lumpia, letakkan sekitar satu sendok makan adonan isian di tengah kulit.
  5. Lipat sisi kanan dan kiri kulit lumpia ke tengah, lalu gulung dari bagian bawah hingga membentuk seperti tabung.
  6. Rekatkan ujung kulit lumpia dengan sedikit air agar tidak terbuka saat digoreng. Lakukan hingga semua adonan isian habis.
  7. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Kemudian, goreng lumpia hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan lumpiang shanghai dengan saus cocolan, seperti saus asam manis atau saus sambal.

Baca Juga: Resep Lumpia Isi Carbonara, Renyah dan Creamy!

Tips Membuat Lumpiang Shanghai

Resep Lumpiang Shanghai Khas Filipina, Halal Pakai Daging Sapiilustrasi lumpiang shanghai (pexels.com/Natalie Bond)
  1. Pilih daging sapi yang segar untuk memastikan rasa lumpia tetap lezat. Selain daging sapi, bisa juga menggunakan daging ayam atau daging domba. Sayuran, seperti wortel dan daun bawang, juga sebaiknya dalam kondisi segar.
  2. Pastikan adonan isian tidak terlalu basah, karena akan membuat lumpia sulit digulung dan sobek. Jika terlalu basah, tambahkan sedikit tepung roti.
  3. Tambahan telur dalam isian membantu mengikat semua bahan sehingga isian lebih padat dan mudah digulung.
  4. Saat menggulung lumpia, pastikan gulungan rapat agar tidak terbuka saat digoreng. Rekatkan ujung kulit lumpia dengan air atau putih telur.
  5. Pastikan minyak dalam jumlah yang cukup sehingga lumpia terendam dan matang merata. Gunakan minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kelapa atau minyak sayur.
  6. Goreng lumpia dengan api sedang agar matang merata dan tidak cepat gosong di luar tetapi mentah di dalam. Periksa warna lumpia dan angkat ketika sudah berwarna kecokelatan.
  7. Setelah digoreng, tiriskan lumpia di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Ini akan membuat lumpia lebih renyah dan tidak berminyak.
  8. Lumpiang shanghai biasanya disajikan dengan saus asam manis. Kamu juga bisa bereksperimen dengan saus lain seperti saus kacang, saus sambal, atau saus keju untuk memberikan variasi rasa sesuai selera.
  9. Lumpiang shanghai paling enak disajikan dalam keadaan hangat dan renyah. Jika ingin menyimpannya, simpan dalam wadah kedap udara dan hangatkan kembali dalam oven sebelum disajikan. 

Dengan memperhatikan resep di atas, kamu dapat dengan mudah membuat lumpiang Shanghai halal yang sempurna. Lumpia versi Filipina ini dijamin renyah di luar dan lezat di dalam. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Lumpia Ayam Mercon, Cocok untuk Camilan Pedas yang Nikmat!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya