Comscore Tracker

Resep Membuat Hotcakes, Pancake ala McDonald's buat Sarapan

Proses memasaknya gak butuh waktu lama, kok

Pancake menjadi salah satu menu sarapan yang tersedia di berbagai gerai fast food. Salah satunya adalah McDonald's.

Di McDonald's, menu pancake saat sarapan dinamakan hotcakes. Menu ini paling cocok disantap untuk mengganjal perut di pagi hari. Lezat dan mengenyangkan membuat hotcakes tepat dijadikan pilihan sarapan, terutama jika kamu sedang malas makan nasi.

Sebenarnya, membuat hotackes ala McDonald's tidak terlalu berbeda dengan pancake biasa. Namun, ada beberapa bahan yang mungkin perlu ditambahkan.

Cara membuatnya hanya sekitar 15 menit, berikut resep hotcakes, pancake lezat ala McDonald's untuk menu sarapan di rumah. Empuk dan lembut banget, lho!

1. Bahan yang perlu disiapkan 

Resep Membuat Hotcakes, Pancake ala McDonald's buat Sarapanilustrasi bahan membuat pancake (pexels.com/Los Muertos Crew)

Bahan-bahan:

  • 2 mangkuk tepung terigu serbaguna
  • 2 sendok baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok gula pasir
  • 2 butir telur
  • 2 mangkuk susu
  • 1/4 mangkuk minyak
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanila

2. Aduk adonan hotcakes dengan whisk

Resep Membuat Hotcakes, Pancake ala McDonald's buat Sarapanilustrasi membuat adonan pancake (pexels.com/Ron Lach)

Siapkan wadah berukuran besar untuk membuat adonan hotcakes. Masukkan bahan-bahan kering, seperti tepung terigu, baking powder, dan gula pasir. Tambahkan satu sendok teh garam, lalu aduk tipis-tipis.

Setelah itu, pecahkan dua butir telur dan kocok menggunakan mikser hingga berwarna putih. Campurkan adonan telur ke dalam adonan kering. Masukkan juga susu dan ekstra vanila. Kemudian, baru aduk semua bahan-bahan hingga rata.

3. Panaskan sedikit minyak di teflon

Resep Membuat Hotcakes, Pancake ala McDonald's buat Sarapanilustrasi memanaskan teflon (pexels.com/Daria Obymaha)

Panaskan teflon di kompor menggunakan api kecil. Sebaiknya gunakan teflon antilengket agar memudahkan proses membalik hotcakes. Kemudian, oleskan minyak sayur secukupnya hingga menutupi permukaan teflon.

Setelah teflon cukup panas, tuang adonan hotcakes menggunakan takaran sendok sayur. Tunggu selama 3 menit atau sampai adonan setengah matang. Kemudian, balik hotcakes menggunakan spatula dan tunggu sekitar 2 menit agar matang merata. 

Baca Juga: 9 Tips Bikin Burger ala McDonald's Taste of Japan, Dijamin Puas!

4. Tambahkan topping di hotcakes

Resep Membuat Hotcakes, Pancake ala McDonald's buat Sarapanilustrasi menambahkan topping pancake (pexel.com/Desativado)

Ulangi cara membuat hotcakes tersebut hingga tidak ada lagi adonan yang tersisa. Hotcakes yang telah matang dapat dipindahkan ke atas piring. Sebenarnya, hotcakes atau pancake ala McDonald's ini dapat langsung disajikan untuk sarapan. Namun, agar lebih nikmat, tambahkan topping di atasnya.

Kamu bebas untuk menambahkan topping kesukaanmu sesuai selera. Namun, agar mirip dengan yang disajikan di McDonald's, tambahkan sirup maple dan mentega di atasnya, ya.

5. Tips membuat hotcakes yang empuk dan lembut

Resep Membuat Hotcakes, Pancake ala McDonald's buat Sarapanilustrasi pancake (pexels.com/Monstera)

Pancake buatan McDonald's tidak terlalu manis, sehingga sebaiknya tidak menambahkan gula terlalu banyak. Untuk susu sendiri, ada baiknya menggunakan buttermilk, susu berlemak tinggi. Namun, susu api biasa juga bisa, kok.

Namun, jika kamu alergi produk susu sapi, bahan ini dapat diganti dengan Sprite atau air berkarbonasi lainnya. Gunanya untuk membuat adonan hotcakes mengembang dan bertekstur lembut.

Hotcakes atau pancake ala McDonald’s dapat menjadi alternatif sarapan yang mudah. Membuatnya pun tidak membutuhkan waktu dan bahan terlalu banyak, terutama jika kamu ingin sarapan hotcakes, tetapi tidak sempat atau mager datang ke McDonald's. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Food Hacks McDonalds ala TikTok yang Unik Banget, Mau Niru?

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya