Resep Truffle Oreo yang Nyoklat Banget, Cuma Pakai 5 Bahan!

Cocok buat camilan acara spesial

Truffle oreo merupakan dessert yang sempurna untuk para pencinta cokelat dan biskuit. Dengan bahan dasar sederhana, truffle mudah dibuat di rumah tanpa perlu keterampilan memasak yang rumit. Proses pembuatannya juga cukup cepat membuatnya, sehingga dapat dijadikan camilan mendadak atau hadiah spesial untuk keluarga maupun teman.

Salah satu kelebihan truffle oreo adalah kreasinya tak terbatas. Kamu dapat mengkreasikan truffle dengan berbagai macam topping atau pelapis cokelat sesuai selera dan preferensi. Dengan berbagai kemungkinan variasi, truffle oreo menjadi pilihan dessert yang sempurna untuk disajikan di berbagai acara.

Nah, untuk merasakan kelezatan truffle oreo yang gampang dibuat di rumah hanya menggunakan 5 bahan, kamu hanya perlu mengikuti resep berikut ini. Gampang banget!

Baca Juga: 8 Tahap Menyimpan Chocolate Truffle, Permen Cokelat yang Lembut

Bahan Truffle Oreo

Resep Truffle Oreo yang Nyoklat Banget, Cuma Pakai 5 Bahan!ilustrasi oreo (pexels.com/Shubham Khumar)
  1. 1 bungkus biskuit Oreo (sekitar 36 biskuit)
  2. 225 gram cream cheese, suhu ruangan
  3. 225 gram cokelat batang, dicairkan
  4. Cokelat putih atau cokelat susu untuk hiasan (opsional)
  5. Taburan sesuai selera seperti kacang almon, Oreo crumbs, atau sprinkle (opsional)

Cara Membuat

Resep Truffle Oreo yang Nyoklat Banget, Cuma Pakai 5 Bahan!ilustrasi membuat adonan (pexels.com/Ron Lach)
  1. Hancurkan biskuit Oreo hingga halus. Kamu bisa menggunakan food processor atau letakkan biskuit dalam sebuah plastik zipper dan hancurkan dengan rolling pin.
  2. Setelah biskuit Oreo halus, campurkan dengan cream cheese yang telah diambil dari kulkas. Gunakan mikser atau tangan untuk mencampur hingga adonan kental dan rata.
  3. Ambil sebagian kecil adonan dan bulatkan berbentuk bola-bola kecil. Letakkan bola-bola tersebut di atas loyang yang telah dialasi kertas baking.
  4. Setelah selesai membentuk semua truffle, masukkan loyang ke dalam freezer selama sekitar 1–20 menit atau hingga truffle sedikit mengeras.
  5. Setelah truffle mengeras, celupkan masing-masing ke dalam cokelat batang yang telah dicairkan. Pastikan seluruh permukaan truffle tertutup cokelat.
  6. Angkat truffle menggunakan garpu dan biarkan cokelat berlebih menetes sebelum kembali diletakkan di atas kertas baking.
  7. Setelah semua truffle dicelupkan ke dalam cokelat, hias sesuai selera dengan cokelat putih atau cokelat susu yang telah dicairkan. Bisa juga menambahkan hiasan seperti almon cincang, Oreo crumbs, atau sprinkle. 
  8. Sajikan truffle oreo untuk camilan sehari-hari.

Baca Juga: Resep Es Krim Oreo Keju, Pas Banget Dinikmati saat Cuaca Panas!

Tips Membuat Oreo Truffle yang Lezat

Resep Truffle Oreo yang Nyoklat Banget, Cuma Pakai 5 Bahan!Oreo truffle (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)
  1. Pastikan cream cheese berada pada suhu ruangan sebelum digunakan. Cream cheese yang terlalu dingin akan sulit untuk dicampur dengan biskuit Oreo dan dapat menghasilkan tekstur tidak merata.
  2. Saat membentuk truffle, pastikan tangan telah bersih dan kering. Ini akan membantu mencegah adonan menempel pada tangan dan memudahkan proses pembentukan bola-bola truffle.
  3. Gunakan cokelat batang yang berkualitas baik untuk melapisi truffle. Cokelat yang berkualitas akan memberikan rasa lebih baik dan tekstur lebih lembut pada truffle.
  4. Setelah membentuk truffle, segera letakkan dalam freezer untuk mengeras selama beberapa saat sebelum dicelupkan ke dalam cokelat. Ini akan membantu truffle tetap keras dan tidak mudah hancur saat dicelupkan ke dalam cokelat panas.
  5. Pastikan cokelat yang digunakan untuk melapisi truffle memiliki konsistensi tepat. Jika terlalu cair, cokelat akan sulit menempel pada truffle. Jika terlalu kental, cokelat mungkin tidak merata di seluruh permukaan truffle.
  6. Setelah selesai membuat truffle oreo, simpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es untuk menjaga kesegaran dan kelezatannya. Truffle oreo dapat bertahan hingga satu minggu jika disimpan dengan baik.

Truffle oreo merupakan dessert yang lezat dan mudah dibuat guan disajikan untuk berbagai acara spesial. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dalam resep ini, kamu dapat membuat camilan yang memuaskan lidah para penggemar Oreo dan cokelat.

Baca Juga: Resep Tiramisu Pisang, Dessert Legit yang Praktis Banget Bikinnya

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya