Comscore Tracker

5 Resep Pasta Vegan untuk Kamu yang Sedang Diet!

Nikmat, sehat, dan pastinya bikin kenyang, loh!

Seringkali niat kita untuk mengurangi berat badan pupus di tengah jalan. Entah karena semangat olahraga yang tiba-tiba hilang, atau niat makan makanan sehat yang sangat sulit untuk direalisasikan.

Salah satu makanan yang sering menggoda kita saat diet adalah pasta. Pasta biasanya dimasak dengan cara direbus atau dipanggang. Lalu dicampur dengan berbagai macam saus sesuai selera. 

Jika teman-teman adalah penggemar berat pasta dan sedang menjalani program penurunan berat badan, yuk simak berbagai resep pasta vegetarian yang mengandung kalori jauh lebih sedikit dari pasta pada umumnya!

 

1. Pasta mentega, tomat, dan bawang

5 Resep Pasta Vegan untuk Kamu yang Sedang Diet!Photo by Chelsea Kyle, Food Styling by Olivia Mack Anderson

Untuk kamu para penggemar rasa asem dan gurih, pasta berbahan dasar mentega, tomat, dan bawang ini sangat cocok untuk dijadikan teman makan malam. Selain rasa nya yang segar, pasta ini juga mengandung kalori yang rendah. Mari simak resep pasta yang praktis namun lezat ini!

Bahan:

- 2 tomat matang

- 1 bawang bombay

- 5 sdm mentega/butter

- 1 1/4 sdm garam

Langkah-langkah:

- Kupas tomat segar, lalu cincang kasar.

- Potong kedua ujung bawang; kupas, lalu potong menjadi dua memanjang.

- Masukkan tomat, bawang, mentega, dan garam ke dalam panci di atas api sedang. Saat tomat mulai menggelembung, kecilkan api hingga mendidih perlahan tapi stabil. Masak, aduk setiap 10 hingga 15 menit, sampai tomat tidak lagi berair dan sausnya berkurang, sekitar 45 menit, tergantung pada ukuran dan bentuk panci. Saus dikatakan matang ketika mentega telah terpisah dari tomat dan tidak ada cairan yang tersisa.

2. Vegan Spaghetti Alfredo

5 Resep Pasta Vegan untuk Kamu yang Sedang Diet!Instagram

Siapa sih yang nggak tau dan suka saus alfredo? Pasta yang berbahan dasar susu dan krim ini sangat digemari oleh banyak orang di seluruh dunia karena rasa nya yang super gurih dan nagih! Namun, bahan dasar susu inilah yang menjadikan spaghetti alfredo menjadi musuh besar kamu yang sedang diet. Eits, jangan khawatir! Pasta alfredo juga memiliki versi vegan nya, loh. Yuk, kita simak!

Bahan:

- 1 cangkir kacang mete

- 1/2 susu gelas susu nabati (oat, almon, atau kedelai)

- 1/2 sdm bubuk bawang putih atau beberapa siung bawang putih segar

- 1 bungkus pasta

- 1 gelas air rebusan pasta

- 1 sdm minyak zaitun

- Garam dan lada secukupnya.

Langkah-langkah:

- Masak pasta sesuai petunjuk dan simpan minimal 1 gelas air pasta sebelum ditiriskan.
- Tambahkan semua bahan untuk saus secara bersamaan, lalu masukan 1 cangkir air pasta ke dalam food processor/blender dan aduk hingga sangat halus. Kamu juga bisa memanaskan saus alfredo jika ingin saus nya hangat.
- Campur pasta panas dan dengan saus yang sudah diblender, tambahkan basil segar jika ingin dan pasta siap disantap!

3. Pasta Primavera

5 Resep Pasta Vegan untuk Kamu yang Sedang Diet!Kristen Maxwell

Berbeda dengan pasta-pasta sebelumnya, pasta primavera tidak menggunakan banyak saus dan mengandung berbagai macam sayuran seperti brokoli, kacang polong, dan asparagus. Sehat kan? Untuk kamu pecinta pasta dan sayuran, menu ini sangatlah layak untuk dicoba! 

Bahan:

- 1 ikat brokoli

- 250gram asparagus

- 1/2 cangkir kacang polong beku

- 500gram pasta

- 4 sdm mentega tawar/minyak zaitun

- 3 siung bawang putih, cincang

- 3 buah tomat, buang bijinya dan potong dadu

- 1/4 cangkir kaldu ayam atau sayuran

- 1/2 cangkir vegan parmesan parut

- 1/2 vegan heavy cream

- 2 sdm perasan lemon

- Garam

Langkah-langkah:

- Siapkan panci besar berisi air mendidih, beri garam sampai rasanya seperti air laut. Masukan brokoli lalu rebus selama 1 menit. Isi mangkuk besar dengan air es. Tambahkan asparagus ke dalam panci dan didihkan sebentar lagi. Tambahkan kacang polong dan didihkan selama 30 detik lagi.

- Angkat semua sayuran dan celupkan ke dalam air es. Setelah dingin, tiriskan di saringan. Jika mau, kamu bisa merebus pasta di panci yang sama dengan tempat merebus sayuran, atau merebus dengan air baru.

- Siapkan penggorengan, panaskan mentega di atas api sedang. Saat mentega panas, tambahkan bawang putih, lalu tumis selama 1 menit. Tambahkan tomat yang telah dipotong dadu dan tumis selama 2 menit, aduk terus. Tuang kaldu ayam atau kaldu sayuran dan nyalakan api yang tinggi untuk membuatnya mendidih. Lalu tambahkan krim dan masukkan semua sayuran yang sudah direbus. Aduk hingga rata. Kecilkan api sampai campuran kaldu ayam-krim hanya mendidih kecil.

- Tambahkan air perasan jeruk lemon dan aduk hingga tercampur. Lalu tambahkan keju parmesan diatasnya. Jika tampak terlalu kental, (saus seharusnya cukup kental, tetapi tidak menggumpal) tambahkan kaldu ayam, krim, atau air lagi. Satukan dengan rebusan pasta lalu hidangkan.

4. Vegan Spaghetti Bolognese

5 Resep Pasta Vegan untuk Kamu yang Sedang Diet!Website

Spaghetti bolognese adalah salah satu pasta yang sangat sering kita jumpai. Berbahan dasar saus tomat dan daging cincang, pasta yang satu ini memiliki rasa asam dan gurih yang sangat memanjakan lidah. Namun, kamu yang vegetarian tentu harus mengganti daging cincang dengan bahan alternatif lain yang plant-based seperti oncom. Penasaran gimana cara membuat spaghetti bolognese berbahan dasar oncom? Yuk, disimak!

Bahan-bahan:

- 300gr pasta

- 1 sdm minyak zaitun

- 1 bawang bombay, cincang halus

- 2 batang seledri, cincang halus

- 1 papan oncom merah

- 1 wortel besar, potong dadu

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- 6 buah tomat merah

- 2 sdt oregano kering

- 5 buah jamur champignon, iris tipis

- 1 buah terong, potong dadu

- 200ml saus tomat

- 3 sdm pasta tomat

- 1 sdt garam

- 1 sdt lada

- 1 sdt kaldu sayuran organik

Langkah-langkah:

- Iris kulit tomat, lalu rebus. Buang kulitnya, dan blender hingga halus.

- Panaskan minyak dalam wajan besar di atas api sedang. Tambahkan bawang, seledri, jamur dan wortel, masak perlahan selama 10 menit, aduk secara teratur, sampai lunak. Tambahkan oncom yang sudah dipotong, tenak agar oncom hancur.

- Masukan pasta tomat, aduk selama 1 menit, lalu tambahkan jamur, terong, tomat cincang, saus tomat, kaldu sayuran, dan 200ml air, masak beberapa saat. Masukan garam dan lada, lalu diaduk rata.

- Didihkan lalu kecilkan api hingga mendidih perlahan. Tutup panci dengan longgar dan masak selama 40-50 menit sampai saus mengental dengan konsistensi yang kamu inginkan. Aduk sesering mungkin dan tambahkan sedikit air jika saus mulai menempel di dasar panci.

- Siapkan pasta yang sudah direbus diatas piring, siram dengan saus bolognese oncom, tambahkan kemangi di atasnya. Vegan spaghetti bolognese siap disajikan.

5. Vegan Pesto Pasta

5 Resep Pasta Vegan untuk Kamu yang Sedang Diet!Website

Dari warna nya saja, bisa dilihat kalau pasta yang satu ini benar-benar sehat! Pasta yang satu ini berbahan dasar saus yang dibuat dari sayur-sayuran hijau seperti arugula, bayam, paterseli, atau kemangi. Pasta ini sangat digemari oleh banyak vegetarian karena proses pembuatannya pun tidaklah sulit. Jika kamu ingin makan makanan sehat yang Instagramable, pasta pesto inilah jawabannya!

Bahan:

- 40gr kemangi segar

- 40gr arugula segar

- 120ml air

-125gr tepung almon

- 3 sdm kacang pinus (bisa menggunakan kacang almon atau kenari)

- 80ml minyak zaitun

- 2 siung bawang putih

- 1 sdt merica

- 2 sdt garam

- 4 sdt air jeruk lemon

Langkah-langkah:

- Masak pasta sesuai petunjuk kemasan. Simpan sekitar 1/2 cangkir air pasta untuk mengencerkan pesto jika diperlukan. Setelah pasta matang, tiriskan dan masukkan ke dalam mangkuk saji besar.

- Campur kemangi, arugula, jus lemon, air, dan minyak zaitun ke dalam blender dan haluskan selama 5-10 detik.

- Tambahkan bawang putih, garam, merica, dan tepung almond ke dalam blender dan blender sampai benar-benar tercampur.

- Tuangkan pesto di atas pasta yang sudah dimasak dan aduk. Tambahkan air pasta sesuai kebutuhan kamu. Pesto pasta siap disantap!

Nah, berikut adalah 5 resep pasta vegan yang lezat dan mudah untuk dimasak di rumah. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengikuti salah satu resep diatas?

Baca Juga: 7 Makanan Lezat Tinggi Zat Besi yang Wajib Ada dalam Menu Diet Vegan

Salsabila Putri Photo Writer Salsabila Putri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya