Comscore Tracker

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Saat Mengolah Daging Kurban

Hilangkan bau amis daging kurban dengan tips ini!

Besok hari raya Idul Adha digelar. Biasanya di hari tersebut kamu akan mendapatkan banyak daging kurban. Mulai dari pembagian dari masjid maupun dari tempat bekerja. 

Namun sebelum daging diolah menjadi masakan, biasanya kamu tidak suka dengan bau amis dari daging tersebut. Biar daging yang diolah tidak berbau amis, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut.

1. Membuang lemak pada daging

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Saat Mengolah Daging KurbanIlustrasi daging (unsplash.com/Victoria Shes)

Salah satu cara menghilangkan bau amis dari daging yang cukup efektif ialah menyingkirkan kandungan lemak pada daging. Sebab, kebanyakan bau amis yang dihasilkan ini biasanya berasal dari kandungan lemaknya.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkannya terlebih dahulu ke dalam lemari es. Setelah daging membeku, kamu bisa dengan mudah memisahkan lemaknya.

2. Berikan perasan lemon

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Saat Mengolah Daging KurbanIlustrasi jeruk lemon (pexels.com/Lukas)

Air perasan lemon dapat menghilangan bau amis pada daging. Kamu bisa memarinasi daging menggunakan air perasan lemon. Caranya dengan melumuri permukaan daging  dengan air perasan lemon dan diamkan selama 45-60 menit.

Baca Juga: 9 Manfaat Kesehatan Daging Sapi, Siap-siap Santap saat Iduladha

3. Taburi garam

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Saat Mengolah Daging KurbanIlustrasi daging (unsplash.com/Louis Mornaud)

Garam dapat menghilangkan bau amis pada daging. Dengan menaburi garam pada daging bisa menetralisir bau amis yang tak sedap. Cukup taburi garam secara merata ke seluruh bagian daging, lalu diamkan selama 60 menit dan bersihkan daging dari garam menggunakan air.

4. Tambahkan parutan nanas

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Saat Mengolah Daging KurbanIlustrasi nanas (pexels.com/Any Lane)

Buah nanas mempunyai rasa segar dan mampu menghilangkan bau tak sedap. Sehingga buah nanas bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada daging.

Caranya cukup mudah. Pilih nanas yang masih muda, kemudian parut buah ini dan taburkan parutan nanas ke seluruh bagian daging. Lalu diamkan selama 30 - 60 menit. 

Selain dapat menghilangkan bau amis pada daging, nanas juga bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Hal tersebut karena nanas mengandung bromelain, enzim protease yang sering digunakan sebagai pengempuk daging. Bromelain tersebut mampu mengurai serat-serat pada daging.

5. Lumuri dengan bawang putih

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Saat Mengolah Daging KurbanIlustrasi bawang putih (pexels.com/Artem Beliaikin)

Bawang putih juga ampuh sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada daging. Selain itu bawang putih juga dapat menjadi bumbu pada masakan daging dan memberi rasa yang nikmat.

Cukup lumuri daging dengan bawang putih yang telah dihaluskan sebelum memasaknya. Atau kamu juga dapat memasukkan cincangan bawang putih ke dalam masakan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau amis pada daging kurban. Setelahnya, kamu bisa mengolah menjadi berbagai macam masakan favoritmu.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Rendang Agar Daging Sapi Lebih Empuk dan Lezat

Fachri Rozi Afandi Photo Writer Fachri Rozi Afandi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya