Nasi Warna-warni Bikin Idul Fitri Makin Ceria

Kalau disatukan jadi nasi pelangi, nih.

Nasi putih menjadi menu wajib orang Indonesia. Banyak yang beranggapan bila belum mengkonsumsi nasi, artinya belum makan. Di hari perayaan Idul Fitri, nasi tak berwarna putih polos. Biasanya kebanyakan orang menjadikannya nasi kuning. Ada yang berupa tumpeng, ada yang berbentuk biasa. Sejumlah lauk pauk disertakan untuk melengkapi kelezatan nasi kuning. 

Ternyata, tak hanya warna kuning saja, nasi juga bisa diberi warna lain sesuai selera. Warna-warninya menambah keceriaan Idul Fitri-mu bersama keluarga. 
 

1. Nasi merah.

Nasi Warna-warni Bikin Idul Fitri Makin Ceriaimgrum.org

Nasi ini bukan dari beras merah lho, melainkan dari campuran buah naga. Yup, selain untuk dimakan dan dibuat jus, ternyata buah naga banyak manfaatnya, salah satunya menjadi warna nasi merah. Caranya gampang! Kamu iris kecil-kecil, lalu hancurkan buah naga dengan bawang dan cabe di wajan, campurkan nasi putih. Jadi deh!
 

2. Nasi kuning.

Nasi Warna-warni Bikin Idul Fitri Makin Ceriasahabatnestle.co.id

Kalo ini pasti udah banyak yang tau kan ya? Pewarna nasi kuning berasal dari kunyit. Cara membuatnya pun mudah. Kamu cukup mengukus campuran beras, perasan air kunyit, bawang putih parut, daun salam, sereh, lengkuas dan garam secukupnya. Nasi kuning siap disajikan bersama perkedel dan serundeng!

3. Nasi biru.

Nasi Warna-warni Bikin Idul Fitri Makin Ceriaphotobucket.com

Nasi ini merupakan makanan khas yang biasanya ditemui di daerah pantai timur Malaysia. Namanya nasi kerabu, terbuat dari bunga telang. Cara membuatnya tak rumit. Ambil beberapa bunga telang, cuci, kemudian rendam dalam air. Ketika air rendaman berubah warna menjadi biru, ambil dan masukkan ke dalam beras yang akan dimasak.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Pertama Bikin Kue Lebaran

4. Nasi hijau.

Nasi Warna-warni Bikin Idul Fitri Makin Ceriadream.co.id

Warna hijau pada nasi hijau ini didapat dari daun pandan. Cara masaknya sama seperti nasi kuning. Hanya saja perasan air kunyitnya diganti dengan air pandan. Kamu bisa menambahkan berbagai lauk pauk sesuai selera. Ditambah sambal terasi pun makin terasa mankyus!

5. Nasi ungu.

Nasi Warna-warni Bikin Idul Fitri Makin Ceriasummareconbekasi.com

Nasi ini memakai warna ungu dari ubi. Cara masaknya agak berbeda dari lainnya. Pertama, kupas kulit ubi dan rebus. Lalu, potong kecil-kecil dan haluskan dengan blender. Jika sudah halus, tambahkan dengan air santan. Aduk hingga tercampur rata. Rebus kembali sebentar. Terakhir, campurkan dengan beras yang akan dimasak.

Baca juga: 11 Video Resep Kue Kering Enak yang Wajib Kamu Coba Buat

Yuka Photo Writer Yuka

always smile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya