7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel Messi

Kota ini punya banyak bangunan sejarah yang epik  

Tim nasional sepak bola Argentina berhasil menjadi jawara dalam Piala Dunia 2022 Qatar. Segala hal yang berkaitan dengan La Albiceleste (julukan bagi timnas Argentina) pun menjadi pembicaraan warganet di berbagai media, terutama tentang sang kapten, Lionel Messi.

Keberadaan Messi memang tidak bisa dilepaskan dari timnas Argentina. Banyak hal menarik dari La Pulga (julukan Messi) yang menarik untuk dibahas, salah satunya tentang kota kelahirannya, Rosario.

Memiliki banyak bangunan bersejarah yang unik dan menarik, simak lima fakta tentang Kota Rosario di Argentina di bawah ini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi liburanmu selanjutnya.

1. Rosario adalah ibu kota Provinsi Santa Fe

7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel MessiPotret salah satu sudut kota Rosario, Argentina (instagram.com/rosarioturismo)

Kota Rosario merupakan ibu kota dari Santa Fe, salah satu provinsi di bagian tengah Argentina. Lokasinya berjarak sekitar 300 kilometer ke arah barat laut Buenos Aires, ibu kota Argentina, dan bisa ditempuh selama 3-4 perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat.

Sebagai kota terpadat ketiga di Negei Tango, Rosario pun tumbuh menjadi wilayah metropolitan yang sangat penting. Pada tahun 2020, penduduk kota ini diperkirakan berjumlah 1,7 juta jiwa.

2. Kota kelahiran tokoh-tokoh penting di Argentina

7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel MessiLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Selain Lionel Messi, Rosario telah melahirkan banyak bintang sepak bola dunia, di antaranya Ángel Di María, Maximiliano Rodríguez, César Delgado, Ezequiel Lavezzi, Mauro Icardi, Giovani Lo Celso, Leandro Fernández, Ezequiel Garay, Luciana Aymar, Juan Imhoff, Nicolás Vergallo, and Leonardo Senatore.

Tokoh terkenal lain yang lahir di kota ini adalah tokoh revolusi Ernesto Guevara atau yang lebih populer dengan nama Che Guevara. Di pusta kota terdapat patung perunggu Che Guevara setinggi 4 meter yang diresmikan pada 14 Juni 2008 untuk memperingati 80 tahun kelahirannya.

3. Tidak memiliki sosok pendiri

7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel MessiPotret salah satu sudut tempat di Rosario, Argentina (instagram.com/rosarioturismo)

Biasanya setiap kota didirikan seseorang atau sekelompok orang di masa lalu dan tak jarang dinamai sesuai dengan nama sang pendiri. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Rosario.

Bahkan, nama kota ini dinamai dengan nama sosok yang dianggap pelindung kota, yaitu Virgin of the Rosary atau Our Lady of the Rosary. Gambar Virgin of the Rosary ada di beberapa katedral dan setiap tanggal 7 Oktober ada pesta untuk menghormatinya. 

4. Memiliki peran penting dalam hal perekonomian Argentina

7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel MessiPotret Jembatan Rosario Victoria di Argentina (pixabay.com/alarconaudiovisual)

Rosario menjadi salah satu pusat industri dan distribusi yang penting bagi wilayah timur Argentina dengan keberadaan terminal kereta api utama dan kapal-kapal yang lalu-lalang di Sungai Paraná.

Barang-barang ekspor yang melintasi kota ini antara lain produk daging, jagung, gandum, tepung, jerami, biji rami, minyak nabati, gula, kayu, wol, hingga kulit.

Baca Juga: Mengenal 11 Makanan Lezat Khas Argentina yang Paling Menggugah Selera

5. Banyak bangunan dengan arsitektur neoklasik dan landmark menarik

7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel MessiPotret salah satu bangunan neoklasik di Rosario, Argentina (instagram.com/rosarioturismo)

Bagi para wisatawan, hal menarik dari Rosario yang wajib dijelajahi adalah deretan bangunan berarsitektur neoklasik, art nouveau dan art deco yang berusia ratusan tahun. Bangunan-bangunan tersebut pun tetap terawat dan difungsikan sebagai gereja, tempat tinggal, pertokoan, teater, institusi budaya, hingga museum.

6. Banyak tempat wisata dan landmark menarik

7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel MessiParque de la Independencia di Rosario, Argentina (rosario.tur.ar)

Rosario memiliki banyak landmark yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Parque de la Independencia atau Independence Park. Taman ini memiliki banyak area, antara lain Taman Prancis, Taman Sektor Inggris, Taman Sektor Spanyol, Taman Mawar, air mancur menarik, persewaan perahu, dan sebagainya.

Selain Parque de la Independencia, di Rosario juga terdapat The National Flag Memorial, Rosario's Municipal Astronomical Complex, Municipal Astronomical Observatory Prof. Victor Capolongo, Experimental Science Museum, Centro Popular de la Memoria, Teatro El Círculo, Dr. Julio Marc Provincial Historical Museum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Kuliner yang wajib dicicipi

7 Fakta Kota Rosario di Argentina, Tempat Kelahiran Lionel Messiilustrasi asado (instagram.com/parillasarg)

Selain banyak memiliki tempat menarik, kamu bisa menemukan banyak kuliner khas Argentina di Rosario yang dijual di kawasan pedagang kaki lima, kafe, hingga restoran. Ada empanada, asado, empanada, choripan, milanesa, provoleta, alfajores, matambre arrollado, yerba mate, dan lain-lain.

Itu dia tujuh fakta menarik tentang kota Rosario di Argentina yang perlu kamu ketahui. Jadi semakin penasaran untuk berkunjung ke sana, kan?

Baca Juga: 11 Wisata di Argentina yang Wajib Kamu Kunjungi, Luar Biasa Indah!

yummy-banner

Topik:

  • Fasrinisyah Suryaningtyas
  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya