Comscore Tracker

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!

Bikin betah nongkrong di angkringan, nih

Angkringan saat ini menjadi tren yang menjamur di berbagai sudut kota di Indonesia. Buka mulai sore hingga menjelang pagi, angkringan menyediakan beragam menu makanan dan minuman yang bikin betah nongkrong semalaman.

Sate-satean ala angkringan memang selalu jadi primadona. Namun, masih ada banyak jenis menu lainnya yang gak boleh kamu lewatkan. Ada apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Nasi kucing

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!Ilustrasi nasi kucing (instagram.com/sout)

Nasi kucing atau sego kucing bukanlah nasi yang dimakan kucing, melainkan nasi yang porsinya kecil dan dibungkus daun pisang atau kertas nasi. Dalam seporsi nasi kucing biasanya ada nasi putih, sambal teri, orek tempe, potongan telur dadar, bihun goreng, dan sebagainya.

2. Nasi bakar

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!Ilustrasi nasi bakar (yummy.co.id/Wina Kartika)

Selain nasi kucing, di beberapa angkringan juga biasanya ada nasi bakar. Makanan ini terdiri dari nasi putih dengan aneka lauk dan dibungkus daun pisang.

Lauknya ada tumis cumi hitam, tumis ayam pedas, ayam kemangi, teri pedas, oseng tongkol, tumis jamur, dan sebagainya. Saat hendak disajikan, nasi ini dibakar terlebih dahulu.

3. Mi atau bihun goreng

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!bihun goreng (instagram.com/ratusultanofficial)

Kalau kamu sedang tidak ingin makan berat, kamu bisa memesan mi atau bihun goreng. Kedua makanan tersebut biasanya dibungkus dengan daun atau kertas nasi. Porsinya kecil, tetapi bisa membuat kenyang kalau dipadu dengan camilan lainnya. 

4. Gorengan

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!Ilustrasi tempe mendoan (instagram.com/liliswahyuwardanii)

Gorengan angkringan juga wajib kamu cicipi. Biasanya ada tempe mendoan, tahu goreng, tahu isi, pisang goreng, singkong goreng, bakwan, lumpia, risol, dan sebagainya. Lebih nikmat lagi kalau kamu makan dengan sambal cocolan atau cabai rawit.

Baca Juga: 15 Resep Sate Kambing, Bumbu dan Cara Membuatnya yang Mudah

5. Baceman

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!ilustrasi tahu dan tempe bacem (instagram.com/mince_bactio08)

Bacem atau baceman yang rasanya manis ini juga kerap jadi buruan pengunjung angkringan. Ada tempe bacem, tahu bacem, hingga ayam bacem. Menu ini cocok jadi lauk pendamping nasi kucing, lho.

6. Minuman tradisional

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!Ilustrasi wedang uwuh (instagram.com/sweetkitchen_23)

Minuman tradisional yang disajikan dalam keadaan hangat juga tak luput dari incaran pengunjung angkringan. Apalagi angkringan buka pada malam hari dan suhunya agak dingin, sehingga cocok kalau minum minuman hangat.

Kamu bisa memesan wedang uwuh, wedang jahe, wedang secang, wedang susu jahe, jahe hangat, bandrek, teh kampul, STMJ (susu telur madu jahe), dan sebagainya.

7. Jadah bakar

Selain Sate-satean, Ini 7 Menu yang Wajib Kamu Coba di Angkringan!Ilustrasi jadah bakar (instagram.com/njajan.tulungagung)

Tidak semua angkringan ada menu jadah bakar. Kalau kebetulan angkringan yang kamu kunjungi menyediakannya, kamu pun wajib mencicipinya.

Jadah bakar rasanya gurih dengan aroma bakaran yang sedap. Apalagi disantap sebagai pendamping minuman tradisional, makin nikmat.

Itu dia beberapa jenis menu angkringan yang wajib kamu cicipi selain sate-satean. Enak semuanya, kan? Pantesan kamu betah lama-lama 'nangkring' di angkringan.

Baca Juga: 10 Ragam Sate Kambing Khas Indonesia, Berbeda tapi Sama Enaknya!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya